Soft Skills Penting di Dunia Kerja Agar Karirmu Sukses!

Soft Skills Penting di Dunia Kerja Agar Karirmu Sukses!

Jangan fokus pada hard skills, kamu juga harus kuasai 7 soft skills penting di dunia kerja ini biar karirmu sukses di masa depan!

Banyak yang berpikir untuk menjadi seseorang yang sukses harus memiliki latar pendidikan yang bagus. Tapi apakah kamu tahu, jika ada beberapa soft skills yang harus dikuasai di dunia kerja yang bisa mempengaruhi seseorang menjadi sukses.

Soft skills ini bersifat tidak wajib, tapi jika kamu bisa menguasainya, skill ini akan membantu kamu hampir di semua bidang pekerjaan apapun. Ingin tahu skill penting apa saja untuk menjadi orang sukses? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

7 Soft Skills yang Harus Dikuasai Di Dunia Kerja

1. Skill Komunikasi

Komunikasi masuk bagian skill penting yang harus dimiliki orang sukses. Faktanya, di dalam dunia kerja kamu pasti akan selalu berhubungan dengan rekan kerja, atasan, atau bahkan klien penting.

Bentuk komunikasi ini bisa berupa verbal (bicara secara langsung, telepon, atau Zoom) dan non-verbal (melalui pesan teks, seperti email dan SMS).

Tanpa memiliki skill komunikasi yang baik, pesan yang ingin kamu sampaikan tidak akan dicerna dengan baik oleh lawan bicara. Maka dari itu, cobalah untuk melatih skill komunikasi dengan cara yang paling efektif sebisa kalian.

2.Critical Thinking 

Skill penting untuk orang sukses yang wajib kalian pelajari selanjutnya adalah critical thinking atau pemikiran krisis. Skill ini sangat penting untuk membantumu memecahkan masalah dan memperbaiki sebuah kesalahan dengan cara yang kreatif.

Bahkan, dengan memiliki skill ini, kamu bisa menilai situasi dengan cepat dan memecahkan masalah dengan lebih cepat dan masuk akal.

3.Decision Making

Jika kamu memiliki skill critical thinking, besar kemungkinan kamu juga bisa menguasai skill mengambil keputusan.

Di dalam bisnis, kamu akan selalu berhadapan dengan berbagai macam masalah dan menuntut kamu untuk membuat keputusan dengan cepat.

Jika kamu tidak bisa berpikir kritis dan menilai situasi, kamu akan kesulitan membuat keputusan yang bijak yang akan merugikan tim dan perusahaan kamu. 

Sebaliknya, jika kamu bisa kritis, tegas, dan bisa membuat keputusan dengan dampak buruk yang kecil, kamu akan mendapat penilaian lebih dari perusahaan dan tentunya akan membantu perkembangan karirmu di masa depan.

4. Soft Skills Leadership

Leadership adalah soft skills penting di dunia kerja yang wajib kamu kuasai. Dengan memiliki skill ini, kamu bisa memotivasi, mengatur, dan mendelegasikan tugas dengan baik.

5. Skill Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah teknik untuk mengatur waktu secara efektif. Skill ini akan membantu kamu mengatur tugas pekerjaan dan pribadi berdasarkan prioritas.

Salah satu metode manajemen waktu yang paling populer adalah Eisenhower Matrix. 

Eisenhower Matrix
Urgent Not Urgent
Important Pekerjaan Utama: 

Tugas harian yang harus dikerjakan hari ini.

Penting dan terjadwal:

Projek yang sedang berlangsung, mencari karyawan baru.

Not Important Delegasikan jika bisa:

Email prioritas rendah, pertemuan kantor.

Lakukan atau tidak sama sekali:

Scroll media sosial, menonton Netflix, menyortir email sampah.

skill ini melibatkan perencanaan dan skill keputusan yang bijak sana. Jika kamu bisa fokus dan tahu prioritas tugas apa saja yang harus kalian lakukan, kalian bisa menyelesaikan pekerjaan tetap waktu dan meminimalisir kegiatan yang tidak penting.

6. Kerjasama Tim

Skill ini sangat berguna di hampir sebagian besar industri pekerjaan dan kehidupan sehari-hari (seperti pasangan suami-istri).

Untuk pekerjaan, skill ini akan membantu kamu dan tim bekerja lebih baik secara efektif. Jika hanya satu atau sebagian orang saja yang berjuang, hal ini akan memperlambat pekerjaan di hampir seluruh proyek.

Sebaliknya, jika kamu bisa mengontrol dan mengatur tim secara keseluruhan dan membagi pekerjaan berdasarkan keahlian tim masing-masing, proyek tersebut akan selesai lebih cepat dan kamu beserta tim bisa mengerjakan proyek yang sedang berjalan lainnya.

7. Skill Riset dan Analisis

Terakhir, skill penting yang wajib kalian kuasai adalah kemampuan untuk meneliti informasi dan menganalisis data. Dengan memiliki skill ini, kamu akan lebih proaktif dan bisa menganalisis dan mencari solusi di setiap masalah yang kamu atau perusahaan hadapi saat ini.

Sebagai contoh, saat ini kamu bekerja sebagai content creator bisnis digital marketing. Kamu diminta untuk membuat strategi media sosial selama satu bulan.

Untuk membuat konten yang menarik dan informatif, kalian harus melakukan riset terlebih dahulu. Bisa dari mengamati kompetitor, mengikuti thread atau konten yang viral, dan masih banyak lainnya.

Setelah satu bulan berjalan, kamu akan diminta untuk menganalisis konten mana yang paling diminati oleh audiens dan mana yang tidak. 

Jika ternyata hanya ada 10 dari 30 konten yang kamu buat sukses, maka kamu harus menganalisa faktor apa yang membuat konten tersebut tidak diminati? Apakah dari gaya bahasa, desain, studi kasus, atau memang topik tersebut sudah tidak relevan di audiens.

Soft Skills Apa Saja Yang Sudah Kamu Kuasai?

Menguasai soft skills sangat penting untuk kehidupan sehari-hari dan pekerjaan yang akan membantu kamu mendapat tawaran pekerjaan, posisi tinggi, dan gaji yang lebih tinggi. 

Cobalah untuk kuasai satu dari tujuh daftar skill di atas selama satu bulan, lalu praktekkan skill tersebut di sekolah dan kehidupan sehari-hari. Semoga setelah membaca artikel Soft Skills Penting Dunia Kerja ini, kalian mendapat pencerahan untuk perkembangan karir di masa depan.

 

Referensi:

https://www.lifehack.org/287419/10-universal-skills-successful-people-should-master

https://www.colorado.edu/today/2019/04/17/10-essential-skills-youll-need-career-success

https://squareup.com/us/en/townsquare/7-time-management-skills-practiced-by-successful-people

https://www.theladders.com/career-advice/8-essential-skills-for-career-success

https://www.entrepreneur.com/living/time-management-hacks-that-very-successful-people-practice/327098