Pintu Ketiga Peradaban Indonesia

Pintu Ketiga Peradaban Indonesia

“Pintu Ketiga Peradaban Indonesia” merupakan e-book yang berisi kumpulan pemikiran, perjalanan, kisah, dan perjuangan orang-orang hebat. Ungkapan ‘Pintu Ketiga’ mengacu pada alternatif dan solusi di luar mainstream pendidikan yang telah berlaku dan penggunaan istilah ‘Peradaban Indonesia’ merujuk pada seluruh proses dalam membangun tatanan yang maju dan beradab di Indonesia. Sosok hebat dalam e-book ini adalah para mitra dan peserta yang menjadi pemeran utama dalam perjalanan Future Skills by Pijar Foundation selama ini. 

Perjalanan Future Skills by Pijar Foundation dimulai dari permasalahan lebih dari 350.000 lulusan perguruan tinggi yang menganggur (Kemenristekdikti, 2020) dan hanya sekitar 22% lulusan perguruan tinggi di Indonesia memiliki keterampilan relevan dengan kebutuhan industri (McKinsey Global Institute). Future Skills by Pijar Foundation hadir sebagai jembatan yang menghubungkan kelompok yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan (masyarakat) dan kelompok yang memiliki sumber daya dalam memberikan pengetahuan dan keterampilan (mitra kolaborator: industri, NGO, lembaga pemerintah, dan lain sebagainya). Selama lebih dari empat tahun, Future Skills telah berupaya untuk menghadirkan pendidikan gratis yang berkualitas bagi seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Melalui kurikulum yang dirancang untuk menyiapkan talent ready sesuai kebutuhan industri, Future Skills telah membantu 70.113 talenta yang tersebar di seluruh Indonesia.

Fakta menarik lainnya, terdapat 61,3% talenta perempuan yang bergabung dengan Future Skills. Hal ini menunjukkan Future Skills berhasil menciptakan ekosistem inklusif bagi perempuan untuk berkembang dan mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Dalam e-book ini, kamu akan menemukan cerita sosok-sosok perempuan hebat yang bertumbuh bersama Future Skills. Cerita-cerita tersebut kami unggah dalam buku Pintu Ketiga Peradaban Indonesia.

Selain mengembangkan lebih dari 70 ribu talenta, Future Skills berhasil mengadakan 1.392 kelas dengan 758 mentor yang bekerja sama dengan lebih dari 100 mitra dan organisasi di industri Indonesia. Beberapa contoh program yang sudah diadakan oleh Future Skills dengan para mitra yaitu ASN Berpijar, Microsoft Berpijar, DBS Berpijar, Executive Business School, dan Kadin for Naker. Bersama dengan para mitra dan universitas di Indonesia, Future Skills  berharap bisa membantu pemerintah untuk menghadirkan pendidikan inklusif dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lanjut perjalanan dan kisah Future Skills by Pijar Foundation kamu bisa mengunduh e-book  “Pintu Ketiga Peradaban Indonesia” melalui link berikut ini.