7 Soft Skills Penting di Dunia Kerja Agar Karirmu Sukses!

7 Soft Skills Penting di Dunia Kerja Agar Karirmu Sukses!

Jangan hanya fokus pada hard skills, kamu juga harus kuasai beberapa soft skills penting di dunia kerja biar karirmu sukses di masa depan!

Banyak yang berpikir kalau sukses harus memiliki latar pendidikan yang bagus. Tapi apakah kamu tahu, jika ada beberapa soft skills yang harus dikuasai di dunia kerja agar dapat mengantarkan pada kesuksesan? 

Soft skills ini bersifat tidak wajib, akan tetapi jika kamu bisa menguasainya, tentu akan membantu kamu hampir di semua bidang pekerjaan apa pun. Ingin tahu skill penting apa saja agar diterima kerja di perusahaan tempat kamu melamar? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

Soft Skills Penting Di Dunia Kerja yang Harus Kamu Kuasai

Berikut soft skills penting yang harus dimiliki oleh pelamar kerja:

1. Skill Komunikasi

Pentingnya Soft Skill Di Dunia Kerja

Pelajari Caramu Berkomunikasi Mulai Dari Sekarang, Yuk!

Komunikasi termasuk skill penting yang harus dimiliki oleh setiap pelamar kerja yang ingin sukses. Sebab nantinya di dunia kerja kamu pasti akan selalu berhubungan dengan rekan kerja, atasan, atau bahkan klien penting. Jadi penting untuk memiliki keahlian dalam berkomunikasi. 

Nah, ada dua bentuk komunikasi yaitu verbal (bicara secara langsung, telepon, atau Zoom) dan nonverbal (melalui pesan teks, seperti email dan SMS).

Tanpa memiliki skill komunikasi yang baik, pesan yang ingin kamu sampaikan tidak akan dicerna dengan baik oleh lawan bicara. Maka dari itu, cobalah untuk melatih caramu berbicara dan berkomunikasi menggunakan metode yang paling efektif. 

2. Critical Thinking 

Skill penting berikutnya yang wajib kamu pelajari adalah critical thinking atau pemikiran kritis. Kemampuan yang satu ini sangat penting untuk membantumu memecahkan masalah dan memperbaiki sebuah kesalahan dengan cara yang kreatif.

Bahkan, dengan critical thinking yang kamu miliki dapat digunakan untuk membaca maupun menilai situasi dengan cepat dan memecahkan masalah yang semula rumit menjadi lebih sederhana, sehingga ditemukanlah solusi yang diinginkan. 

3. Decision Making

Jika kamu memiliki critical thinking yang baik, besar kemungkinan kamu juga bisa menguasai skill mengambil keputusan secara tepat dan bijak. 

Mengapa perlu memiliki soft skill ini di dalam dunia kerja? Sebab kamu akan selalu berhadapan dengan berbagai macam masalah dan situasi yang rumit, sehingga menuntutmu untuk membuat keputusan dengan cepat, reliable, juga dapat dipertanggungjawabkan. 

Jika tidak bisa berpikir kritis dan menilai situasi, kamu akan kesulitan membuat keputusan bijak yang akan merugikan tim dan perusahaan kamu. 

Sebaliknya, jika kamu bisa kritis, tegas, dan membuat keputusan dengan risiko buruk paling kecil, maka kamu akan mendapat penilaian lebih dari perusahaan dan tentunya akan membantu perkembangan karirmu di masa depan.

4. Soft Skills Leadership

Leadership Adalah Soft Skill Penting Yang Harus Dikuasai Di Dunia Kerja

Butuh Usaha Keras Untuk Menjadi Leader Yang Baik Untuk Seluruh Anggota Tim

Leadership adalah soft skills penting di dunia kerja yang perlu kamu kuasai. Sebab, kamu akan belajar banyak hal ketika menjadi leader, seperti:

  • Demokratis atau memahami berbagai sudut pandang dari seluruh anggota tim
  • Mengatur kapan tugas harus didelegasikan dan dikerjakan sesuai jadwal masing-masing anggota
  • Memberikan arahan serta motivasi yang dapat membangun kinerja serta performa tim
  • Bersikap adil, jujur, dan tegas pada seluruh anggota
  • Bertanggung jawab langsung terhadap perusahaan atas tugas yang dikerjakan, dll

Singkatnya dengan memiliki skill ini, kamu dapat memotivasi, mengatur, dan memanajemen tugas dengan baik.

5. Skill Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah teknik untuk mengatur waktu secara efektif untuk membantu kamu dalam mengelola tugas, pekerjaan, dan persoalan pribadi berdasarkan prinsip prioritas.

Salah satu metode manajemen waktu yang paling populer adalah Eisenhower Matrix dengan skema:

Eisenhower Matrix
Urgent  Not Urgent
Important Pekerjaan Utama: 

Tugas harian yang harus dikerjakan hari ini.

Penting dan terjadwal:

Projek yang sedang berlangsung, mencari karyawan baru.

Not Important Delegasikan jika bisa:

Email prioritas rendah, pertemuan kantor.

Lakukan atau tidak sama sekali:

Scroll media sosial, menonton Netflix, menyortir email sampah.

skill ini sangat dibutuhkan di dunia digital leadership karena melibatkan perencanaan dan keputusan yang bijaksana. Jika kamu tetap fokus dan mengetahui prioritas tugas yang harus dilakukan, maka kamu bisa menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu dan meminimalisir kegiatan yang tidak penting.

6. Kerja Sama Tim

Kerja Sama Tim Dan Manajemen Waktu Adalah Soft Skills Penting Di Dunia Kerja

Kerja Sama Tim Yang Baik Akan Menghasilkan Output Yang Baik Pula

Kerja sama tim sangat berguna di hampir sebagian besar industri pekerjaan dan kehidupan sehari-hari (seperti pasangan suami-istri).

Dalam dunia kerja pun, skill yang satu ini akan membantu kamu dan tim bekerja lebih kompak secara efektif dan efisien. Jika hanya satu atau sebagian orang saja yang bekerja, tentunya akan memperlambat pekerjaan di hampir seluruh proyek.

Sebaliknya, jika kamu bisa mengontrol dan mengatur tim secara keseluruhan dan membagi pekerjaan berdasarkan keahlian tim masing-masing, proyek tersebut akan selesai lebih cepat dan kamu beserta tim bisa mengerjakan proyek lainnya yang sedang berjalan.

7. Skill Riset dan Analisis

Terakhir, soft skill penting yang wajib kamu kuasai adalah kemampuan untuk meneliti informasi dan menganalisis data. Perlu kamu ketahui bahwa dengan menguasai kemampuan ini, kamu akan lebih proaktif dan bisa menganalisis serta mencari solusi di setiap masalah yang sedang dihadapi, terutama ketika berada di kantor.

Sebagai contoh, saat ini kamu bekerja sebagai content creator di bisnis digital marketing. Kamu diminta untuk membuat strategi media sosial selama satu bulan. Untuk membuat konten yang menarik dan informatif, tentunya kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Bisa dari mengamati kompetitor, mengikuti tren, atau konten yang viral, dan masih banyak lainnya.

Setelah satu bulan berjalan, kamu akan diminta untuk menganalisis konten mana yang paling diminati oleh audiens dan yang tidak. 

Kalau ternyata hanya ada 10 dari 30 konten yang kamu buat sukses, maka kamu harus menganalisis faktor apa yang membuat konten tersebut tidak diminati? Apakah dari gaya bahasa, desain, studi kasus, atau memang topik tersebut sudah tidak relevan di audiens.

Soft Skills Apa Saja yang Sudah Kamu Kuasai?

Menguasai soft skills di atas sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia kerja karena akan membantu kamu mendapat tawaran yang lebih baik, promosi jabatan, dan gaji yang lebih tinggi. 

Maka dari itu, cobalah untuk mulai belajar meningkatkan beberapa soft skills di atas. Salah satu caranya dengan mengikuti kelas online yang disediakan secara gratis oleh Future Skills.

Tingkatkan skill komunikasi kamu dengan mengikuti Kelas Online Menguasai Seni Berkomunikasi secara gratis di Future Skills. Tunggu apa lagi? Daftar sekarang dan rasakan manfaatnya!