5 Pekerjaan di Masa Depan yang Menjanjikan

5 Pekerjaan di Masa Depan yang Menjanjikan

Perkembangan teknologi bisa dibilang cukup cepat hingga mempengaruhi jalannya suatu pekerjaan di masa seperti sekarang. Contoh paling nyata adalah saat pandemi COVID-19 melanda Indonesia, tak lama berselang hampir sebagian jenis pekerjaan dilakukan secara daring atau melalui berbagai platform digital.

Future of Work Kapersky menemukan fakta banyak karyawan yang ingin beralih pekerjaan dalam 12 bulan sejak Pandemi COVID-19 muncul. Perubahan tersebut juga membuat banyak potensi pekerjaan yang memanfaatkan teknologi digital semakin berkembang dan menjanjikan di masa depan. Salah satunya yakni penggunaan AI untuk mendukung berbagai kegiatan, baik sekolah hingga bidang perkantoran.

Untuk menyesuaikan perubahan tersebut, future people harus bisa berpikir visioner sembari mengembangkan hardskill dan softskill di masa depan.

Apalagi tahun 2025-2030 diprediksi akan muncul 5 jenis pekerjaan berdasarkan laporan  Future of Jobs Survey 2020 oleh World Economic Forum

5 Jenis Pekerjaan di Masa Depan yang Menjanjikan

1. Data Analyst dan Data Scientist

Data Scientist
Kuota Data Analyst Sekarang Bertambah Banyak

Bekerja sebagai data analyst membutuhkan skill untuk mengatur atau mengolah data, karena adanya pekerjaan ini bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas dan keuntungan sebuah tim/perusahaan.

Apa saja skill yang harus dimiliki oleh data analyst dan data scientist?

  • Memiliki pemahaman yang kuat mengenai statistika dan matematika untuk menganalisis data dan mengambil sebuah keputusan di dalam perusahaan.
  • Mahir menggunakan alat analisis data seperti Mirosoft Excel, Power BI, Google Data Studio, dan sebagainya.
  • Mampu mengelola database untuk mengakses, memanipulasi, dan menganalisis data yang sudah dihimpun atau disimpan dalam database relasional.
  • Setidaknya memiliki pengetahuan dasar tentang machine learning bagi data scientist.
  • Mempunyai kemampuan atau skill untuk mengolah, membersihkan, dan mempersiapkan data agar dapat dianalisis lebih lanjut.

2. Artificial Intelligence (AI) and Machine Learning Specialist

Machine Learning Specialist
Seberapa Banyak Kamu Berpengalaman Di Bidang Ai?

Penguasaan teknologi digital saat ini diperlukan agar masyarakat dapat menikmati dan menggunakan internet, aplikasi, platform ataupun teknologi digital lainnya dengan nyaman. Di mana pun serta kapan pun mereka berada.

Nah, AI dan Machine Learning Specialist bekerja melakukan pekerjaan seputar hal tersebut. Pekerjaan ini terbilang masih baru bahkan di tahun 2024 pun belum banyak perusahaan yang menawarkan posisi tersebut.

Namun jika kamu berminat untuk menjadi seorang AI and Machine Learning Specialist, maka harus memiliki paling tidak kemampuan di bawah ini:

  • Bisa melakukan pemrograman seperti Python, R, Java, C++, dan sebagainya.
  • Mengerti algoritma dan frame work machine learning.
  • Memiliki pengetahuan seputar Big Data Technologies.
  • Bisa memahami teknik dan alat NLP untuk analisis teks dan pengembangan chatbot.
  • Dapat menggunakan teknik computer vision untuk menganalisis gambar maupun video.

3. Big Data Specialist

Pekerjaan Jadi Big Data Specialist
Menjadi Seorang Spesialis Di Bidang Ini Butuh Banyak Belajar

Big data specialist diperlukan organisasi atau perusahaan dalam menyimpan dan mengorganisir data untuk diulas, dianalisis, dan menjadi laporan. Penguasaan tools dalam mengolah data sangat diperlukan untuk pekerjaan ini. Dari segi skill, seorang Big Data Specialist juga tidak berbeda jauh dengan AI and Machine Learning Specialist, akan tetapi ada beberapa kemampuan spesifik yang harus dikuasai oleh orang-orang yang bekerja di bidang ini.

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah menguasai pengelolaan dan pemrosesan data yang meliputi:

  • Hadoop Ecosystem yakni pemahaman tentang seluk-beluk HDFS, MapReduce, YARN, Hive, Pig, dan HBase
  • Apache Spark atau juga kemampuan menggunakan Spark dalam memproses data yang cepat dan paralel
  • NoSQL Databases yaitu pengetahuan yang berisi tentang database NoSQL seperti MongoDB, Cassandra, dan HBase untuk menyimpan data yang tidak terstruktur

Selain itu, seorang BIG Data Specialist juga diharapkan memiliki kemampuan lain seperti Querying and Scripting, dan data warehousing.

4. Digital Marketing and Strategy Specialist

Tugas Digital Marketing
Digital Marketing Sangat Dibutuhkan Di Berbagai Industri Saat Ini

Pekerjaan di digital marketing ini berhubungan dengan bagaimana sebuah perusahaan atau organisasi dapat meningkatkan cakupan pasar dan dikenal lebih luas. Terutama dalam mengimplementasikan sebuah strategi pemasaran, pemahaman terhadap selera masyarakat saat ini dan penggunaan platform digital seperti internet, website, media sosial, dan sebagainya.

Nah, di era sekarang, tantangan dan pekerjaan seorang digital marketing sudah mulai digemari oleh banyak orang, bahkan mereka juga mampu merambah dunia Social Media Specialist. Jika kamu berminat untuk bekerja di bidang ini, pastikan untuk mengikuti pelatihan atau kursus untuk mempelajari dasar-dasar pemasaran digital.

5. Process Automation Specialist

Pekerjaan Di Masa Depan Yang Menjanjikan
Process Automation Specialist Masih Agak Asing Di Indonesia

Menjadi seorang ahli Process Automation membutuhkan pengalaman dalam mendesain dan mengembangkan software guna mendukung sebuah pekerjaan agar dapat dilakukan secara berulang ulang, otomatis, dan tidak perlu dilakukan secara manual.

Apa itu Process Automation Specialist? Yakni seorang profesional yang bertanggung jawab untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengelola solusi otomatisasi proses bisnis (Business Process Automation/BPA) dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Tujuan utama bidang ini adalah untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan konsistensi serta akurasi proses bisnis melalui penggunaan teknologi yang terotomatisasi.

Daftar pekerjaan tersebut menunjukkan pentingnya skill dalam berinteraksi atau pun menjalin relasi, bahkan mencari pekerjaan di negara yang sudah maju teknologinya. Meskipun penguasaan teknologi dibutuhkan, soft skill seperti pemecahan masalah, komunikasi, kerja sama tim masih sangat diperlukan.

Tingkatkan skill komunikasi kamu dengan mengikuti Kelas Online Menguasai Seni Berkomunikasi secara Gratis di Future Skills sekarang!