10 Skill di Masa depan yang Harus Kamu Pelajari agar Bisa Sukses!

10 Skill di Masa depan yang Harus Kamu Pelajari agar Bisa Sukses!

Saat ini kamu bisa mengakses segala hal dengan sangat mudah dan cepat. Namun, banyak tantangan tersendiri dalam menjalani kehidupan di era perkembangan teknologi seperti sekarang. Manusia dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan zaman agar tidak kalah bersaing dengan yang lainnya.

Terutama di bidang karir, banyak hal baru yang harus dipelajari untuk menambah skill dan kemampuan agar tidak tertinggal. Skill dan kemampuan ini juga bisa menjadi amunisi di masa depan, sehingga mempelajarinya pun sangatlah penting.

Apa saja skill yang harus dipelajari oleh seseorang? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Ini Dia 10 Skill yang Harus Dipelajari Saat Ini

1. Berpikir Kreatif

Skill Di Dunia Kerja
Berpikir Kreatif Dan Inovatif Bisa Jadi Nilai Plus Tersendiri Bagi Seseorang

Salah satu pekerjaan yang tidak akan bisa digantikan oleh mesin/robot adalah kreativitas. Dalam dunia kerja, kemampuan berpikir kreatif dan inovatif sangatlah dibutuhkan.

Apalagi di tengah persaingan teknologi saat ini, perusahaan saling berlomba-lomba untuk menunjukan keunikan dari brand yang mereka ciptakan melalui konten-konten kreatif. Oleh karena itu, skill berpikir kreatif harus diasah dengan baik sebagai batu loncatan meraih kesuksesan di masa depan.

2. Problem Solving

Dalam kehidupan, masalah akan datang silih berganti, tak terkecuali dalam dunia kerja. Kemampuan menyelesaikan masalah dengan cepat, tepat, dan bijaksana adalah skill sangat berguna dalam ruang lingkup apapun. Sebab, dengan adanya penyelesaian masalah yang baik, maka secara langsung membantu perusahaan dalam megambil keputusan di saat ini maupun di waktu yang akan datang.

3. Public Speaking 

Soft Skill Yang Harus Dipelajari Pelamar Kerja
Latihlah Kemampuanmu Dalam Berbicara Dan Berkomunikasi

Keahlian berbicara atau memiliki public speaking yang bagus dan jelas di depan umum sangat diperlukan saat ini.

Sebab, menjelaskan sesuatu dengan cara yang baik, mudah dimengerti, dan komunikatif dapat mempengaruhi seseorang bahkan kelompok tertentu. Soft skill ini sangat diperlukan di dunia kerja bahkan dalam hubungan antar manusia sehari-hari. 

Ya, kemampuan menjelaskan, mempengaruhi, dan percaya diri adalah modal awal untuk mencapai kesuksesan.

4. Memiliki Jaringan yang Luas

Dalam membangun karir, jaringan salah satu hal penting untuk dibangun. Dengan networking yang luas, maka peluang mengambil suatu kesempatan untuk melangkah lebih maju semakin terbuka lebar.

Banyak cara untuk membangun networking, seperti mengikuti komunitas, organisasi, bootcamp, grup pelatihan online, dan lain-lain.

5. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Skill Leadership Seseorang
Sudahkah Melatih Jiwa Kepemimpinan Kamu?

Salah satu skill di masa depan yang harus dikuasai agar sukses menjalankan bisnis atau perusahaan adalah leadership atau kepemimpinan. Jiwa kepemimpinan harus dibangun dengan baik atau dilatih mulai dari sekarang agar mampu memimpin diri sendiri dan orang lain.

Selain menjadi pemimpin, seorang yang memiliki jiwa leadership juga harus siap untuk dipimpin, memiliki pemikiran yang terbuka, bersedia mendengarkan kritik juga saran dari anggota, dan berani mengambil risiko.

Perlu kamu ketahui bahwa soft skill seperti ini sangat diperlukan dalam dunia digital leadership karena tidak semua orang mampu melakukannya. Apalagi leadership di era digital dianggap memiliki tantangan tersendiri, sehingga harus mampu memberikan arahan yang tepat bagi anggota maupun tim di era teknologi yang kian ketat persaingannya.

6. Bisa Bekerja Secara Individu dan Tim

Seseorang yang sedang membangun karir harus bisa bekerja secara individu maupun bekerja secara tim. Sebab, saat ini sudah bukan lagi hanya persoalan kompetisi, tetapi juga kolaborasi atau partnership

Dengan kolaborasi yang baik, tentunya akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa tanpa ada kesalahpahaman dan persaingan yang tidak perlu. Dampaknya pun sangat positif bagi individu atau perusahaan karena bermanfaat untuk sama-sama melebarkan karir di masa depan.

7. Selalu Mengikuti Perkembangan Teknologi

Di zaman yang serba canggih ini, sedikit saja mengabaikan informasi seputar teknologi, akan berakibat cukup fatal dalam membangun karir di masa depan, terutama di Indonesia. Misalnya, tidak cakap dalam mengoperasikan komputer atau menggunakan mesin pencarian internet. 

Perkembangan teknologi yang sangat cepat memang memaksa dan menuntut semua orang untuk terus mengikutinya. Apalagi saat ini hampir sebagian besar industri menggunakan internet untuk menjalankan bisnis mereka. Jadi, yuk mulai pelajari teknologi mulai dari sekarang!

8. Mampu Bersosialisasi dan Mandiri

Selanjutnya, skill yang harus dipelajari agar bisa sukses di masa depan yaitu mudah berbaur dengan masyarakat luas, karena hakikatnya manusia adalah makhluk sosial, sehingga bersosialisasi menjadi hal penting untuk membangun komunikasi dan jaringan.

Meski demikian, kemampuan hidup mandiri juga diperlukan agar tidak bergantung pada orang lain. Jadi, kedua skill ini harus bisa dikuasai dengan baik.

9. Berpikir Kritis dan Analitis

Kemajuan teknologi membawa perubahan besar terhadap informasi, yang rupanya juga mempengaruhi cara berpikir manusia dalam melakukan sesuatu. Meskipun informasi bisa didapatkan dengan mudah, akan tetapi, semua yang kamu baca di dunia maya belum tentu benar dan masih banyak yang menyalahgunakannya untuk kepentingan tertentu. 

Sebab itulah skill berpikir kritis dan analitis ini sangat penting untuk diasah agar bisa menyaring informasi yang beredar. Kamu pun juga lebih berhati-hati dalam mempercayai berita di dunia online

10. Kemampuan Mengelola Waktu

Skill Melatih Waktu Dengan Baik
Kelola Waktu Dengan Baik Untuk Masa Depan Yang Lebih Cerah

Dalam dunia kerja, seseorang yang memiliki time management sangatlah dibutuhkan dan berharga bagi perusahaan. Nah, untuk mengasah skill ini, kamu bisa memulainya dari diri sendiri dan tentunya dari hal-hal terkecil. Misalnya datang ke kantor tepat waktu, membuat timeline pekerjaan, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan lain-lain.

Demikianlah sepuluh skill di masa depan yang harus kamu pelajari agar bisa sukses. Selain itu, skill lain yang dibutuhkan dalam dunia kerja dan masyarakat adalah konsistensi. Sebab, tanpa konsistensi, semua hal yang kamu pelajari tidak akan memberikan hasil yang optimal. 

Tingkatkan skill komunikasi dan public speaking dari sekarang dengan mengikuti Kelas Online Menguasai Seni Berkomunikasi secara gratis di Future Skills.