5 Skills yang Harus Dimiliki oleh Data Analyst

5 Skills yang Harus Dimiliki oleh Data Analyst

Menurut survei dari World Economic Forum, data analyst menduduki tingkat pertama sebagai profesi yang akan semakin bersinar di tahun 2025. Untuk itu seorang data analyst harus mampu meningkatkan skill-nya supaya bisa bersaing dan bertahan di dunia kerja.

Dikutip dari technopedia.com, Data Analyst adalah seorang profesional yang mengambil, mengatur, dan menganalisis data dari berbagai sumber untuk membantu organisasi/perusahaan mencapai tujuan bisnisnya.

Secara umum tugas dari seorang data analyst yaitu menganalisa data, menemukan insight bisnis, membuat visualisasi data dan menginterpretasikan data. Para pekerja ini memainkan peran penting dalam bisnis, karena mereka harus menganalisis sejumlah besar data untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik.

Namun untuk mendapatkan hasil analisis yang menarik tentu harus memiliki kemampuan yang baik dalam membaca dan mengolah data, serta tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan yang dapat memberikan dampak buruk terhadap perusahaan.

Daftar Skills yang Harus Dimiliki oleh Data Analyst

Berikut 5 skill yang harus dimiliki seorang data analyst agar bisa menganalisa data secara tepat dan akurat.

1. Menguasai Bahasa Pemrograman (SQL, Python, dan Oracle)

Programming Adalah Hard Skill Yang Dibutuhkan Oleh Data Analyst
Pemrograman Adalah Hard Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Data Analyst

Hal pertama yang harus kamu kuasai adalah bahasa pemrograman, terutama yang paling populer, yaitu SQL, Phyton, dan R.

SQL berfungsi sebagai database yang menyimpan data untuk kemudian diolah menjadi informasi, SQL biasanya digunakan oleh seorang data analyst untuk proses analisis data yang lebih cepat dan bisa menampung lebih banyak data dibandingkan Excel.

Bahasa Python berfungsi untuk membuat sebuah website, software development, matematika, scripting data science, big data, data mining, bahkan sampai machine learning.

Bahasa R adalah bahasa pemrograman sekaligus perangkat lunak untuk keperluan komputasi statistik dan grafik.

2. Data Analyst Harus Bisa MS. Excel

Ms. Excel merupakan hal paling fundamental yang harus dikuasai oleh seorang data analyst. Sebab, dengan menguasai tools ini kamu bisa mengolah data secara sederhana dengan menggunakan rumus-rumus yang ada.

Excel juga sering menjadi kunci awal bagi para data analyst sebelum melanjutkan ke tingkat yang lebih kompleks seperti SQL, Python, atau lainnya. Maka dari itu, yuk belajar cara menguasai Ms. Excel sampai jago mulai dari sekarang!

3. Statistik dan Matematika

Statistik Adalah Skill Yang Dibutuhkan Data Analyst
Data Analyst Perlu Menguasai Statistika Dan Matematika

Sebagai seorang yang kerjanya berhubungan data berbentuk angka, tentu kamu perlu menguasai statistik dan matematika yang baik agar bisa memvisualisasikan data tersebut ke dalam bentuk tabel, grafik, atau yang lainnya.

Selain itu, mempelajari statistika dan matematika juga sangat penting bagi data analyst karena:

  • Statistika dan matematika merupakan pondasi teoritis untuk analisis data;
  • Untuk membantu perusahaan mengambil keputusan berdasarkan data;
  • Sebagai bentuk pemodelan data dan prediksi;
  • Meningkatkan efisiensi dan otomatisasi terkait algoritma dan komputasi;
  • Mengeksplorasi data secara mendalam dan menemukan solusi terhadap masalah-masalah kompleks yang ditemukan.

4. Visualisasi Data

Setelah data dianalisis dengan baik, maka tahapan selanjutnya seorang data analyst harus bisa memvisualisasikan dan membagikan data tersebut kepada orang lain.

Tujuannya adalah agar user memahami maksud dari data yang telah kamu analisa, maka data tersebut harus dibuat data visualization. Biasanya tool yang digunakan untuk membuat data visualization adalah tableau.

5.  Kemampuan Presentasi

Soft Skill Presentasi Harus Dimiliki Oleh Data Analyst
Presentasi Adalah Soft Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Data Analyst

Tidak hanya kemampuan statistik dan bahasa pemrograman saja yang harus dikuasai, tetapi seorang data analyst harus bisa mempresentasikan data kepada perusahaan atau client berupa data yang dapat disimpulkan. Jika tidak memiliki kemampuan presentasi yang baik maka akan membuat orang lain kesusahan dalam memahami dan mencerna data yang dipaparkan.

Itulah 5 skill yang harus dimiliki seorang data analyst. Skill yang telah dipaparkan di atas akan sangat membantu kamu menjadi seorang data analyst yang handal dan membantu bersaing dengan para data analyst lainnya, untuk itu silahkan dipelajari dengan baik dan terus meng-upgrade diri tanpa henti.

Kuasai skill yang dibutuhkan oleh Data Analyst dengan mengikuti Kelas Online Memahami Penggunaan Microsoft Excel untuk Mengelola Pendataan secara Gratis di Future Skills.