Sebagai makhluk sosial, kita sebagai manusia mau tidak mau harus berkomunikasi dengan orang lain. Namun, persoalan komunikasi ini, ternyata bukanlah hal yang mudah untuk semua orang.
Ada beberapa tipe orang yang mengalami kesulitan untuk bisa berkomunikasi dengan baik dan efektif dengan orang lain. Padahal komunikasi efektif adalah salah satu skill penting yang harus dikuasai, terlebih kalau kamu tertarik untuk menjadi seorang entrepreneur.
Lalu, bagaimana sih agar kita bisa meningkatkan kemampuan komunikasi kita agar lebih baik dan efektif? Berikut beberapa tips meningkatkan kemampuan komunikasi yang bisa kamu coba!
Sebelum kamu belajar untuk menyampaikan pesan, kamu harus terlebih dahulu meningkatkan kemampuan kamu dalam memperhatikan, mendengarkan, dan menerima pesan dari lawan bicara kamu.
Melansir Be The Change, Mark Richards seorang HR Manager di UK Best Essays mengatakan kalau komunikasi efektif itu membutuhkan pendengaran yang tulus. Hal ini mencakup 5 aspek penting, di antaranya:
Melansir laman Success.com, dikatakan kalau seseorang bisa juga dinilai dari kosakata yang ia gunakan. Jadi, pilihlah kata-kata yang ingin kamu gunakan dengan bijak.
Dalam memilih kata-kata yang baik, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, hindari menggunakan kata-kata yang bisa membuat orang lain berpikir buruk tentang kamu. Seperti kata-kata yang ambigu, kata umpatan, cercaan, cacian, dll.
Gunakanlah kata-kata yang bernilai positif, optimistik, dan pastinya yang mudah dimengerti. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kata-kata yang berwarna dan kaya makna.
Selain memilih kata-kata, menentukan nada bicara juga penting. Melansir Insider, nada bicara bisa memberikan petunjuk tentang beberapa hal, mulai dari tempat kamu dilahirkan hingga perasaan kamu saat ini. Dalam menentukan nada bicara, kamu bisa lakukan beberapa ham ini:
Setelah memastikan nada bicara kamu baik, selanjutnya adalah memastikan pelafalan kamu juga jelas. Pelafalan adalah salah satu kunci yang sering diabaikan untuk komunikasi yang efektif. Sangat penting untuk mengucapkan kata-kata dengan jelas sehingga orang memahami pesan yang kamu sampaikan.
Emosi, jika dikendalikan, bisa menjadi komunikator yang kuat dan sangat efektif. Contohnya, menunjukkan kemarahan dapat memberikan kesan kalau kamu sangat serius terhadap sesuatu (selama kamu tidak sering marah-marah ya).
Lalu, menangis juga bisa menunjukkan sisi diri kamu yang tidak hanya menginginkan kesuksesan, tapi juga memiliki sisi yang lembut.
Tertawa dalam sebuah percakapan juga bisa menunjukkan sisi kamu yang menyenangkan dan tidak menganggap diri kamu terlalu kaku. Maka dari itu mulailah untuk manajemen emosi dengan baik agar kamu bisa menggunakan ini sebagai kunci komunikasi yang efektif.
Kosakata, nada bicara, pelafalan, dan emosi adalah aspek-aspek penting dalam komunikasi verbal. Dalam melakukan komunikasi yang efektif, kamu juga tidak boleh melupakan aspek nonverbal.
Di antaranya adalah ekspresi wajah, gerak tubuh, kontak mata, postur, dan bahkan pernapasan. Kamu harus belajar menemukan semua tanda nonverbal ini dan menggunakannya dengan benar untuk menyampaikan pesan seakurat mungkin.
Berikut beberapa aspek yang harus mulai kamu perhatikan agar bisa melakukan komunikasi efektif dengan orang lain:
Nah itu dia, 5 tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuan komunikasi yang efektif. Ikuti kelas menguasai seni berkomunikasi untuk meningkatkan skill komunikasi kamu
Sumber referensi :