Keterampilan yang Dibutuhkan Generasi Z, Future Ready!

Keterampilan yang Dibutuhkan Generasi Z, Future Ready!

Generasi Z adalah generasi yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Mereka merupakan penerus dari generasi milenial dan akan menjadi salah satu kunci keberhasilan di masa depan.

Oleh sebab itu, agar bisa bersaing di era yang semakin digital seperti sekarang, Generasi Z harus memiliki keterampilan yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja masa depan.

Lantas, apa saja keterampilan yang dibutuhkan generasi Z di masa depan agar bisa bersaing di dunia kerja? Simak penjabarannya di bawah ini!

Kenapa Skill Sangat Penting bagi Generasi Z?

Sudah menjadi fakta bahwa dunia kerja saat ini telah memasuki era digitalisasi yang makin dinamis. Industri-industri yang sebelumnya tidak begitu bertumpu pada teknologi, sekarang sudah mulai menggunakannya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Misalnya saja penggunaan mesin robot untuk melayani pelanggan, penggunaan teknologi AI untuk menggantikan pekerja digital, dan sebagainya. 

Melihat fenomena tersebut menandakan jika generasi Z harus menyiapkan diri menghadapi tantangan-tantangan yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Bagaimana caranya? Generasi Z harus memiliki skill yang dapat memenuhi tuntutan dunia kerja yang serba canggih dan sesuai dengan minatnya. Termasuk mempelajari berbagai skill yang kemungkinan digunakan di masa depan.

Jika Generasi Z tidak memiliki keterampilan sesuai dengan tuntutan perusahaan, sudah pasti akan tertinggal dari  generasi lain yang sudah siap menghadapi tantangan-tantangan di era digital.

Oleh karena itu, Generasi Z harus memahami pentingnya keterampilan-keterampilan tersebut dan terus meningkatkannya agar siap menghadapi dunia kerja yang lebih dinamis dan inovatif. 

Daftar Keterampilan yang Dibutuhkan Generasi Z

1. Keterampilan Digital

Keterampilan digital adalah kemampuan yang diperlukan untuk mengakses, mengolah, dan menyebarkan informasi melalui media digital.

Ada pun contoh keterampilan digital yang penting untuk Generasi Z:

  • Menggunakan perangkat lunak kantor seperti Microsoft Office atau Google Suite.
  • Memahami teknologi cloud dan cara menyimpan data di cloud.
  • Menggunakan social media secara efektif, seperti memahami cara menggunakannya sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis atau menjalin serta mempertahankan hubungan dengan audiens.
  • Menggunakan teknologi AI untuk meningkatkan produktivitas kerja. Misalnya memanfaatkan website AI untuk membuat desain poster, banner iklan, dan sebagainya.
  • Mengoperasikan aplikasi editing untuk keperluan branding, seperti CapCut, VN, dan lain-lain

Keterampilan digital dapat dipelajari secara autodidak, tetapi untuk mendapatkan banyak insight serta trik-trik tersembunyi lainnya, sebaiknya mengikuti kelas/kursus/pelatihan online. 

Misalnya, kamu ingin mahir dalam mengoperasikan Microsoft Excel, maka bisa mendaftar kursus Excel online bersertifikat.

2. Keterampilan Kolaborasi

Keterampilan kolaborasi adalah kemampuan untuk bekerja sama atau menjalin team work dengan orang lain secara efektif. Di era digital seperti sekarang ini, kemampuan bekerja sama dengan tim termasuk soft skill yang sangat penting di dunia kerja karena menyangkut tujuan yang hendak dicapai oleh perusahaan. 

Contoh keterampilan kolaborasi yang penting untuk Generasi Z:

  • Bekerja sama dengan tim yang terdiri dari berbagai latar belakang, seperti berbeda jenis kelamin, ras, atau usia.
  • Menggunakan platform kolaborasi seperti Slack atau Asana untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan tim secara efektif.
  • Mampu menyesuaikan cara bekerja sesuai dengan kebutuhan tim dan menghargai keberagaman di dalam tim
  • Menghargai pendapat sesama anggota tim dan memperhatikan apa yang mereka diskusikan sehingga terbentuk komunikasi yang efektif
  • Menanggalkan ego atau kepentingan pribadi agar bisa mencapai tujuan bersama dalam satu tim
  • Mendukung sesama anggota tim agar bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab demi kepentingan bersama

3. Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi adalah kemampuan atau keahlian untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tertulis. Skill komunikasi yang baik akan selalu dibutuhkan di setiap pekerjaan. 

Misalnya komunikasi antar sesama rekan kerja, komunikasi antara bawahan dan atasan, antara pekerja dengan klien, dan sebagainya.

Contoh keterampilan komunikasi yang penting untuk Generasi Z sebagai berikut:

  • Mampu berkomunikasi dengan efektif secara lisan, seperti dengan cara menjaga eye contact, menggunakan intonasi yang tepat, dan menghindari pembicaraan/kata-kata rumit yang tidak diketahui oleh audiens.
  • Mampu berkomunikasi dengan efektif secara tertulis, seperti dengan cara menulis email yang jelas, padat, tidak ada typo, atau membuat presentasi yang menarik bagi audiens
  • Mampu berkomunikasi dengan orang yang berbeda budaya, seperti dengan cara memahami perbedaan-perbedaan dalam cara berkomunikasi, dan menyesuaikan cara berkomunikasi dengan audiens
  • Menjadi pendengar yang baik dan menempatkan empati sebagai salah satu cara untuk menghargai serta memvalidasi orang lain agar terbentuk komunikasi yang erat dan sejajar
  • Tidak memotong pembicaraan orang lain sebelum dipersilakan untuk menjawab atau berbicara guna menghargai satu sama lain

Pada dasarnya keterampilan komunikasi dapat kamu pelajari lewat berbagai aktivitas sehari-hari seperti mendengarkan curhatan teman, mengutarakan pendapat di depan orang tua/dosen/guru, dan lainnya, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan orang lain di media sosial.

Namun bagi kamu yang ingin menguasai komunikasi secara efektif dan memiliki public speaking yang bagus, kami rekomendasikan untuk mengikuti Kelas Pelatihan Seni Berkomunikasi secara online. 

4. Keterampilan Adaptasi

Keterampilan adaptasi adalah kemampuan untuk mengubah cara bekerja atau berpikir sesuai dengan situasi maupun lingkungan yang baru. Di era yang semakin cepat berubah seperti sekarang, kemampuan adaptasi akan menjadi skill yang sangat dihargai.

Makin cepat seseorang beradaptasi, makin mudah pula baginya untuk menghadapi tantangan yang terjadi di depan mata serta memecahkan masalah dalam jangka waktu yang lebih cepat. 

Apa saja contoh keterampilan adaptasi yang perlu dipelajari oleh Generasi Z?

  • Belajar dengan cepat, seperti dengan cara membaca tutorial atau mengikuti kelas online
  • Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru. Misalnya memahami aturan-aturan baru, mengikuti budaya kerja ke arah yang positif, atau berbaur dengan cara kerja tim yang baru
  • Mampu menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi atau berbagai tren terbaru di industri yang sedang dijalani

Tahukah kamu? Salah satu manfaat memiliki keterampilan adaptasi yang baik adalah mampu meminimalisir terjadinya gesekan atau masalah yang terjadi di dunia kerja.

5. Keterampilan Kreatif

Keterampilan kreatif adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru atau solusi-solusi inovatif untuk menyelesaikan masalah serta mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kemampuan seperti ini akan sangat dihargai di dunia kerja masa depan, mengingat industri kreatif sedang berkembang dan menuju pada perubahan yang cukup dinamis.

Apalagi makin ke sini, manusia cenderung bosan dengan hal-hal yang sifatnya selalu sama, sehingga dibutuhkan ide-ide yang fresh dari Generasi Z untuk menciptakan sesuatu yang baru. 

Berikut contoh skill kreatif yang penting untuk Generasi Z:

  • Mampu mengembangkan ide-ide baru dengan cara melakukan brainstorming atau menggunakan teknik-teknik lain seperti SCAMPER
  • Mampu menyelesaikan masalah dengan cara berpikir out of the box atau dengan cara yang tidak biasa
  • Mampu menghadirkan solusi-solusi inovatif untuk masalah yang dihadapi, seperti dengan cara menggunakan teknologi baru atau memecahkan masalah yang besar menjadi kecil

Kesimpulan

Keterampilan digital, kolaborasi, komunikasi, adaptasi, dan kreatif merupakan skill yang diperlukan Generasi Z untuk bersaing di dunia kerja, terutama di masa yang akan datang. Jadi, Generasi Z harus memahami pentingnya keterampilan di atas dan terus meningkatkannya agar siap menghadapi tantangan-tantangan di era digital yang kian canggih.

Salah satu caranya adalah dengan mengikuti kelas-kelas yang dibuka oleh Future Skills. Di sini, Generasi Z akan mendapatkan pelatihan yang difokuskan pada keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan untuk siap bersaing di dunia kerja masa depan.

Tingkatkan skill komunikasi kamu dengan mengikuti Kelas Online Menguasai Seni Berkomunikasi secara Gratis di Future Skills sekarang!