4,3 Juta ASN Siap Hadapi Tantangan Era Digital

4,3 Juta ASN Siap Hadapi Tantangan Era Digital

Aparatur Sipil Negara (ASN)

Era digital membawa banyak keuntungan serta tantangan terutama di dunia kerja. Seluruh lapisan masyarakat Indonesia memerlukan skills yang relevan dengan perkembangan teknologi agar tidak tertinggal atau bahkan perannya digantikan oleh teknologi, termasuk para Aparatur Sipil Negara (ASN). Saat ini Indonesia memiliki kurang lebih 4,3 juta ASN yang perlu meningkatkan kompetensinya. Tujuan utama dari peningkatan kompetensi ASN adalah untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan memuaskan bagi masyarakat di Indonesia. Oleh karena itu, Pijar Foundation, Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) dan Microsoft Indonesia berkolaborasi untuk menyediakan pembelajaran berbasis online bagi para ASN yang kemudian disebut sebagai ASN Berpijar.

ASN Berpijar

Pada tanggal 2 Februari 2024, ASN Berpijar resmi diluncurkan oleh LAN RI sebagai salah satu fitur dari aplikasi SIPKA LAN (Sistem Informasi Pengembangan Kompetensi Aparatur). ASN Berpijar menjadi wadah bagi para ASN untuk menambah dan mengembangkan skills penting dalam pekerjaan sehari-hari terutama yang berhubungan dengan digital skills. Hingga saat ini, terdapat 35 topik pembelajaran di ASN Berpijar dan akan bertambah secara rutin. Selain melalui aplikasi, topik-topik tersebut dapat diakses melalui asn.futureskills.id

Baca Juga

Baterai LFP vs Nikel, Manakah yang Lebih Baik?

Pelatihan ASN Berpijar, Meningkatkan Future Skills Aparatur Sipil Negara di Era Digital

ASN dapat meningkatkan performa kerja dengan topik pembelajaran yang meningkatkan kapabilitas digital. Topik materi pembelajaran tersebut turut diperkaya oleh konten-konten dari Microsoft Indonesia. Salah satu contohnya adalah terdapat materi mengenai Office 365 yang akan membantu ASN mempelajari keahlian digital serta mampu membangun portofolio yang bisa menunjang karir. Setelah ASN menyelesaikan pembelajaran, nantinya topik tersebut dapat dikonversikan menjadi Jam Pembelajaran (JP) dan akan mendapatkan sertifikat penyelesaian guna menambah kredensial para ASN. Ke depannya, topik-topik pembelajaran akan dikembangkan menjadi kelas sinkron dan asinkron untuk memenuhi kebutuhan ASN.  

Lewat fitur ASN Berpijar, para ASN diharapkan mampu meningkatkan keterampilan agar dapat melayani masyarakat dengan lebih efektif dan efisien. Pijar Foundation, sebagai mitra pengembangan kompetensi ASN, akan terus mendukung kemajuan keterampilan dan pertumbuhan ASN agar mampu memberikan pelayanan yang terbaik. Komitmen ini mencerminkan tekad untuk turut berkontribusi dalam membangun ASN yang berkualitas dan profesional.

 

Referensi

  1. https://mediaindonesia.com/teknologi/648755/lan-ri-luncurkan-fitur-asn-berpijar-dorong-pengembangan-keterampilan-digital-asn
  2. https://www.liputan6.com/news/read/5049885/lan-ri-luncurkan-puluhan-konten-pembelajaran-digital-untuk-asn