5 Tipe Kepemimpinan yang Efektif dalam Dunia Bisnis

5 Tipe Kepemimpinan yang Efektif dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis, kepemimpinan memainkan peran penting dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi. Tidak ada satu pun pendekatan kepemimpinan yang cocok untuk semua situasi, karena setiap individu memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda-beda.

Misalnya saja untuk perusahaan perseorangan dengan beberapa karyawan saja, kamu bisa menerapkan tipe kepemimpinan otoriter, sehingga segala keputusan tidak melibatkan para bawahan dan menentukan strategi seorang diri.

Walaupun begitu, masih ada beberapa jenis tipe kepemimpinan lain yang harus kamu ketahui agar penerapannya dapat dilakukan sesuai dengan budaya dan situasi tempat kamu bekerja. Apa sajakah itu?

Tipe-Tipe Kepemimpinan yang Efektif di Dunia Bisnis

1. Kepemimpinan Otoriter

Gaya Kepemimpinan Di Dunia Kerja
Terlalu Otoriter Juga Terkadang Kurang Baik Untuk Iklim Perusahaan

Kepemimpinan otoriter juga dikenal sebagai kepemimpinan autokratis, yakni melibatkan pengambilan keputusan tunggal oleh pemimpin tanpa banyak melibatkan anggota tim. Jadi, pemimpin yang otoriter akan mengambil kendali penuh dan memberikan arahan yang jelas kepada bawahan.

Selain itu, gaya komunikasi kepemimpinan otoriter cenderung menggunakan bersifat top-down, yakni informasi dan instruksi langsung dari pimpinan ke anggota atau bawahan.

Nah, kekurangan dari gaya kepemimpinan yang satu ini adalah feedback atau opini dari bawahan bahkan anggota tim seringkali dianggap tidak penting, sehingga diabaikan begitu saja. Ditambah lagi ketergantungan dari anggota atau bawahan kepada pimpinan sangat tinggi akibat pengambilan keputusan yang terpusat.

Meskipun begitu, gayakepemimpinan ini tidak 100% buruk karena terbilang efektif dalam situasi-situasi yang membutuhkan keputusan cepat, seperti dalam kondisi krisis atau saat ada ketidakpastian yang tinggi.

2. Kepemimpinan Demokratis

Apa Itu Tipe Kepemimpinan Demokratis
Bersikap Demokratis Di Situasi Tertentu Sangatlah Diperlukan

Kebalikan dari gaya otoriter, kepemimpinan demokratis melibatkan partisipasi aktif anggota tim dalam pengambilan keputusan. Singkatnya, pemimpin yang berjiwa demokratis akan cenderung mendorong kerjasama, mendengarkan masukan dari tim, dan memfasilitasi dialog terbuka, dan bahkan membutuhkan masukan dari anggota tim.

Kepemimpinan demokratis seringkali juga dikenal sebagai kepemimpinan partisipatif karena keputusan yang diambil berdasarkan suara terbanyak atau orang-orang yang terlibat di dalamnya. Walaupun tampak bagus, gaya kepemimpinan yang satu ini juga memiliki kekurangan.

Sebut saja kelemahan kepemimpinan demokratis adalah tingginya risiko konflik perbedaan pendapat, proses pengambilan keputusan membutuhkan waktu yang lebih lama, dan tanggung jawab kurang jelas.

Perlu kamu ketahui bahwa gaya kepemimpinan ini sering kali memberikan kepuasan kerja yang tinggi dan membangun hubungan yang kuat antara pemimpin dan anggota tim. Makanya sangat cocok untuk situasi yang membutuhkan kreativitas, pemecahan masalah bersama, dan keputusan yang melibatkan berbagai perspektif.

3. Kepemimpinan Transformasional

Tipe Kepemimpinan Adalah
Kepemimpinan Transformasional Banyak Mengajarkan Nilai Positif

Kepemimpinan transformasional berfokus pada memotivasi dan menginspirasi anggota tim untuk mencapai potensi maksimal mereka. Pemimpin dalam gaya ini mampu mengkomunikasikan visi yang jelas, memberikan motivasi yang kuat, dan mendorong inovasi yang berkelanjutan atau jangka panjang.

Mereka menciptakan lingkungan yang memungkinkan perkembangan personal dan profesional anggota tim. Kepemimpinan transformasional efektif dalam menghadapi perubahan dan mencapai tujuan jangka panjang.

Sayangnya kepemimpinan ini juga memiliki beberapa kelemahan, seperti:

  • Ketika pemimpin meninggalkan organisasi atau kelompok, maka akan menurunkan motivasi anggota tim
  • Pemimpin harus secara berkala memastikan keseimbangan antara tuntutan kerja dan kesejahteraan anggota tim
  • Para anggota mudah merasakan burnout karena tingginya keterlibatan dalam sebuah organisasi atau perusahaan
  • Untuk mengimplementasikan perubahan besar, diperlukan waktu yang tidak sebentar

4. Kepemimpinan Situasional

Tipe Kepemimpinan Ada Berapa
Apakah Kamu Pernah Mendengar Tipe Kepemimpinan Situasional?

Kepemimpinan situasional mengakui bahwa tidak ada pendekatan kepemimpinan tunggal yang tepat untuk setiap situasi. Jadi, pemimpin yang situasional tentunya mampu menyesuaikan gaya kepemimpinan mereka berdasarkan kebutuhan dan kemampuan anggota tim serta situasi yang dihadapi.

Makanya seorang pemimpin tipe seperti ini dapat menjadi pelatih (coach), fasilitator, atau pengarah tergantung pada situasi yang ada. Mereka juga lebih fleksibel dan memiliki responsibilitas yang tinggi terhadap keputusan yang diambil.

Seperti beberapa tipe kepemimpinan sebelumnya, kepemimpinan situasional memiliki kelemahan yang perlu diperhatikan. Mulai dari kompleksitas yang tinggi saat mengimplementasikan keputusan, konsistensi yang dianggap kurang karena bersifat situasional sehingga para anggota seringkali bingung, dan pemimpin yang kurang berpengalaman berpeluang memberikan dampak buruk bagi organisasi atau perusahaan.

5. Kepemimpinan Pelayanan

Ada Berapa Tipe Kepemimpinan
Masih Jarang Didengar, Tetapi Beberapa Perusahaan Di Luar Negeri Menggunakan Gaya Kepemimpinan Seperti Ini

Kepemimpinan pelayanan berfokus pada pelayanan terhadap anggota tim dan organisasi secara keseluruhan. Jadi benar-benar mengutamakan kepentingan dan kebutuhan anggota tim, serta bertujuan untuk membantu mereka mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.

Hampir mirip dengan gaya kepemimpinan transformasional, akan tetapi perbedaannya adalah jenis kepentingannya. Karena gaya kepemimpinan pelayanan menempatkan kebutuhan anggota di atas kebutuhan mereka sendiri.

Banyak nilai yang dibangun dalam gaya kepemimpinan ini. Termasuk caranya berempati, membangun kesadaran diri, dan menjadi pendengar yang baik, dan sebagainya.

Jika kamu tertarik untuk mendalami dunia kepemimpinan dalam konteks bisnis dan mempelajari berbagai tipe kepemimpinan yang efektif, coba latih dulu caramu berkomunikasi dengan mengikuti kelas Online Pelatihan Komunikasi. Serap ilmu sebanyak-banyaknya dan jadilah pemimpin yang bijak.

Tingkatkan skill komunikasi kamu dengan mengikuti Kelas Online Menguasai Seni Berkomunikasi secara Gratis di Future Skills sekarang!