5 Rekomendasi Kursus Online Belajar Machine Learning

5 Rekomendasi Kursus Online Belajar Machine Learning

Machine learning adalah cabang dari AI (Artificial Intelligence) yang fokus pada pembelajaran serta pengembangan algoritma dan model analisis yang bertujuan agar komputer dapat menjalankan perintah tanpa perlu diprogram secara eksplisit (bersifat otomatis).

Nah, otomatisasi, kecerdasan buatan (AI), dan teknologi data di era seperti sekarang dinilai memainkan peran yang sangat penting. Sebab, sebagian besar perusahaan memanfaatkan data untuk meningkatkan efisiensi, memahami pasar, dan membuat keputusan yang tepat terkait dengan masa depan bisnisnya.

Tak heran jika dengan menguasai machine learning akan membuat seseorang jadi lebih siap menghadapi perubahan yang dinamis ini.

Tertarik ikut kursus online belajar machine learning? Kamu dapat mengikuti beberapa kelas atau pelatihan di bawah ini!

Rekomendasi Kursus Online Belajar Machine Learning Bersertifikat [Gratis dan Berbayar]

1. Memahami Dasar-Dasar Pembelajaran Mesin by Future Skills [Gratis]

Pelatihan Machine Learning Jarak Jauh
5 Rekomendasi Kursus Online Belajar Machine Learning 5

Belajar machine learning bisa kamu lakukan dengan mengikuti kursus bertajuk ‘Memahami Dasar-Dasar Pembelajaran Mesin’ yang fokus untuk memberikan edukasi mengenai dasar-dasar pembelajaran mesin, klasifikasi pembelajaran mesin dan jaringan saraf tiruan, aplikasi dan praktik pembelajaran mesin, hingga masa depan perkembangan pembelajaran mesin. 

Kursus pertama ini sangat disarankan bagi pemula yang baru saja ingin belajar dan hendak mengenali machine learning dari nol dengan bahasa yang mudah dipahami.

Dipandu oleh ahlinya langsung yang benar-benar menguasai bidang machine learning, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti:

  • Dokumen atau materi pembelajaran yang dapat diakses selamanya
  • Waktu kursus terbilang sangat fleksibel karena dapat kamu sesuaikan sendiri
  • Kursus berlangsung kurang lebih 2 jam
  • Peserta akan mengikuti post test di akhir sesi pembelajaran untuk mengukur seberapa jauh dirinya menyerap informasi yang sudah diperoleh
  • Peserta juga akan mendapatkan sertifikat kursus yang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya
  • Kursus ini GRATIS (FREE) bagi seluruh peserta

Jadi, kapan lagi bisa ikut kursus online belajar machine learning dengan gratis di tengah-tengah banyaknya bootcamp atau kelas yang mematok harga mahal?

2. Belajar Machine Learning oleh Dicoding Indonesia

Keuntungan Belajar Machine Learning
5 Rekomendasi Kursus Online Belajar Machine Learning 6

Selain di Future Skills, kamu juga dapat mengikuti kursus online belajar machine learning di Dicoding Indonesia untuk mengenal dasar-dasar cabang ilmu yang satu ini. Khususnya bagi pemula yang ingin menjadi seorang Machine Learning Engineer di masa depan.

Lewat kursus ‘Belajar Machine Learning’, kamu akan diarahkan untuk mempelajari dasar pengembangan machine learning dan langkah-langkah dalam menciptakan model machine learning guna memproses data.

Namun untuk mengikuti kursus yang satu ini, setiap peserta perlu memiliki peralatan yang mendukung, seperti laptop dengan prosesor minimal Intel Dual Core (Rekomendasi Core i3 ke atas) dan nantinya menggunakan tools Google Colaboratory. Sementara waktu untuk mengikuti kurus machine learning ini lebih lama yakni 30 jam dengan rekomendasi belajar 10 jam setiap minggunya.

Apa keuntungan mengikuti kelas ‘Belajar Machine Learning’ dari Dicoding Indonesia?

  • Peserta akan mendapatkan sertifikat standar usai mengikuti pelatihan
  • Terdapat code review yang akan dikerjakan oleh peserta
  • Ada forum diskusi yang dapat dimanfaat oleh peserta untuk saling sharing ilmu atau pengalaman
  • Peserta mendapatkan materi atau modul untuk belajar
  • Adanya tugas submission yang berguna untuk melatih kemampuan atau sampai mana pengetahuan peserta terhadap machine learning

Mengusai ilmu machine learning bisa jadi akan menguntungkan untukmu karena skill yang satu ini sangat berdampak di masa depan. Selain itu, belum banyak orang yang terjun di bidang ini.

3. Machine Learning for Beginner by Bisa AI

Belajar Ai Secara Virtual

Masih seputar kursus belajar dasar-dasar machine learning, nah Bisa AI juga membuka kesempatan bagi peserta pemula yang mau memperdalam dasar-dasar machine learning, decision tree, naive bayes, K-nearest neighbour, dan evaluasi model.

Mengingat ilmu ini sangat penting dalam dunia AI dan Data Scientist, maka kamu bisa mendaftar mulai dari sekarang. Namun perlu diketahui bahwa penting untuk menyiapkan peralatan yang mendukung seperti laptop atau PC yang terinstall python 3 dan jupyter netbook. Selain itu juga menggunakan tools dukungan seperti Google Colaboratory yang nantinya akan dihubungkan dengan email. 

Setiap peserta yang bergabung dengan kelas dari Bisa AI ini nantinya akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti:

  • Modul pembelajaran yang dapat diakses selamanya
  • Harga kursus Free atau GRATIS
  • Pembelajaran dengan model tes langsung melalui kuis yang bisa dikerjakan oleh siswa pada modul yang telah disediakan untuk mengukur kemampuan personal
  • Peserta pun mampu untuk memahami konsep dasar machine learning, modeling dan prediksi, serta memahami serta mengimplementasikan konsep evaluasi model

4. Machine Learning dalam Bahasa yang Sederhana oleh Sekolah Siber

Belajar Machine Learning
5 Rekomendasi Kursus Online Belajar Machine Learning 7

Kursus online belajar machine learning selanjutnya yakni ‘Machine Learning dalam Bahasa yang Sederhana’ yang dibuka oleh Sekolah Siber. Dalam materi ini, kamu bisa mempelajari banyak hal mengenai machine learning, terutama tahapan atau workflow yang terdiri dari data collecting, data analysis, data processing, build model, train model, dan sebagainya.

Kamu yang mengikuti kelas ini pun akan memperoleh sejumlah keuntungan, seperti:

  • Makin paham dasar-dasar machine Learning, bagaimana machine learning bekerja, dan meningkatkan skill di bidang AI
  • Setiap peserta akan mendapatkan sertifikat kursus yang dapat digunakan sebaik-baiknya
  • Kelas GRATIS (FREE) 
  • Materi kursus 100% berbahasa Indonesia yang mudah dipahami oleh seluruh peserta
  • Materi tertulis dapat diunduh oleh peserta agar dapat dipakai untuk belajar secara offline

Cukup menggiurkan, bukan? Nah, untuk mengikuti kelas dari Sekolah Siber khusus pembelajaran machine learning, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan seperti komputer (Windows, Mac, atau Linux) dan buku catatan. 

5. Mahir Machine Learning oleh Codepolitan

Jika kelas-kelas sebelumnya lebih dominan diperuntukkan bagi para pemula atau beginner, maka kursus online belajar maching learning dari Codepolitan juga ditujukan pada para peserta yang mau menguasai bidang ini hingga mahir.

Mengusung topik ‘Mahir Machine Learning’, kamu bisa mempelajari bidang machine learning dari dasar sampai benar-benar menguasainya. Jadi, bukan hanya sekadar teori tetapi juga praktik.

Kelas ini tentunya sangat cocok bagi para programmer yang ingin memulai karirnya di bidang machine learning, tertarik dengan seluk-beluk analisis data, dan melakukan dasar-dasar pemrograman.

Apa yang akan kamu dapatkan dari kelas ini?

  • Setiap peserta akan mendapatkan 50 modul pembelajaran yang dapat dipahami dengan mudah
  • Durasi kursus berlangsung selama 5 jam
  • Terdapat forum diskusi tanya jawab sehingga membangkitkan active listening skill kamu
  • Kamu juga akan mendapatkan sertifikat digital
  • Biaya pendaftaran atau beli kelas 499 ribu yang dapat diakses selamanya
  • Biaya sewa kelas 149 ribu dengan durasi akses kelas hanya 1 bulan

Yak, itulah lima kursus belajar machine learning terbaik di Indonesia yang baisa kamu ikuti mulai dari sekarang. Untuk memulainya belum terlambat kok, apalagi jika kamu memiliki minat yang tinggi terhadap pemrograman, AI, dan sejenisnya.

Tertarik untuk belajar machine learning secara gratis? Ikuti Kelas Online Memahami Dasar-Dasar Pembelajaran Mesin di Future Skills sekarang!