Program Kampus Merdeka yang Bermanfaat untuk Mahasiswa

Program Kampus Merdeka yang Bermanfaat untuk Mahasiswa

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran terbuka di Indonesia hingga Februari 2024 tercatat mencapai 7,2 juta orang. Dari angka tersebut, pengangguran dari kalangan Gen Z menyumbang angka 50,29% atau sekitar 3,6 juta orang.

Tingginya jumlah pengangguran tentu akan berdampak pada besarnya persaingan dan daya juang para pencari kerja, terutama bagi mereka yang baru saja lulus menempuh pendidikan formal (fresh graduate). Akibatnya, rekruter harus lebih benar-benar selektif memilih calon karyawannya. Mereka yang memiliki soft skill dan hard skill terbaiklah yang pasti memiliki peluang lebih besar untuk lolos tes serta wawancara kerja.

Lantas, bagaimana agar tidak kalah saing dengan mereka? Salah satunya adalah dengan mengikuti program Kampus Merdeka.

Apa itu Program Kampus Merdeka?

Kampus Merdeka adalah program belajar yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek dengan memberikan fasilitas serta hak kepada para mahasiswa di Indonesia untuk mengambil mata kuliah selama 1 semester di luar program studi mereka dan mengikuti kegiatan di luar kuliah selama 2 semester.

Perguruan tinggi yang terdaftar atau tergabung dalam program Kampus Merdeka dibebaskan untuk menyediakan kegiatan yang relevan dan sesuai kebutuhan atau pun minat mahasiswanya.

Adanya program Kampus Merdeka bertujuan untuk membantu mahasiswa menggali bakat, minat, dan kemampuan mereka pada bidang tertentu sehingga memiliki skill atau value yang berguna di masa depan. Terutama di dunia kerja. 

Dalam program ini, para mahasiswa dapat memilih berbagai jenis program kampus sesuai dengan minat atau bakatnya. Misalnya saja Kursus Online Pelatihan Komunikasi yang terdaftar di dalam program Magang Bersertifikat.

Jenis Program Kampus Merdeka untuk Mahasiswa

Berikut jenis program Kampus Merdeka yang dapat kamu pilih dan ikuti:

1. Magang Bersertifikat atau Magang & Studi Independen Bersertifikat (MSIB)

Magang bersertifikat atau MSIB adalah program yang diperuntukkan bagi mahasiswa untuk mempersiapkan karir dan memperluas kesempatan belajar mereka dengan jaminan konversi SKS yang secara resmi diakui atau disetujui pihak kampus.

2. Studi Independen

Studi Independen adalah program yang dirancang untuk mewadahi dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar mampu mengembangkan, mengasah, meningkatkan kemampuan, pengetahuan, serta soft skill di dunia industri lewat praktik atau terlibat langsung dalam sebuah proyek serta permasalahan di lapangan.

3. Kampus Mengajar

Apa itu Kampus Mengajar? Yakni program buatan MBKM dan Kemendikbudristek untuk para mahasiswa yang ingin belajar di luar program studi dengan menjadi mitra guru yang berperan aktif mengembangkan strategi pembelajaran kreatif, inovatif, dan menyenangkan di tingkat pendidikan dasar serta menengah.

4. Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)

Kamu pasti sudah pernah mendengar program ini, terutama di platform X, bukan? Ya, IISMA adalah program beasiswa Kampus Merdeka yang mewadahi para mahasiswa Indonesia agar bisa mengikuti program mobilitas selama satu semester di Universitas atau pun industri terkemuka di luar negeri.

5. Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Seperti namanya, Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah program belajar satu semester bagi para mahasiswa untuk mengikuti dan mendapatkan pengalaman belajar di salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.

Selain memperbanyak pengalaman, budaya, dan relasi, program ini juga bertujuan untuk memperkuat persatuan dan keberagaman sebagai warna negara yang menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika.

6. Membangun Desa (KKN Tematik)

Sama halnya dengan program KKN di berbagai kampus negeri di Indonesia, program ini bertujuan untuk membantu mahasiswa mendapatkan pengalaman hidup lewat berbagai program kerja membangun desa dan hidup berdampingan di tengah masyarakat secara langsung.

7. Proyek Kemanusiaan

Proyek Kemanusiaan adalah program yang dirancang untuk memberikan kesempatan luas bagi para mahasiswa agar mampu mengembangkan kegiataan yang berkaitan langsung dengan isu-isu serta masalah kemanusiaan secara mandiri.

Tujuan dari Proyek Kemanusiaan ini yaitu untuk melatih tingkat kepekaan dan jiwa sosial mahasiswa agar mampu menganalisis, memahami, dan memberikan solusi yang tepat dalam memecahkan suatu masalah.

8. Riset atau Penelitian

Riset dan penelitian merupakan kegiatan pembelajaran yang dibuka luas bagi mahasiswa untuk meningkatkan peran, partisipasi, dan kapasitas mereka mengenai sesuatu.

9. Wirausaha

Wirausaha Kampus Merdeka adalah program yang belajar yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari sekaligus mengembangkan diri agar bisa menjadi calon wirausahawan yang tangguh dan sukses melalui aktivitas di luar kegiatan perkuliahan.

Program ini diusung oleh Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia untuk anak-anak muda yang ingin terjun ke dunia bisnis dan mencari pembekalan ilmu serta daya saing di dunia kerja.

Dengan mengikuti program-program Kampus Merdeka di atas, kamu akan mendapatkan pengalaman yang tentunya berdampak besar bagi perkembangan dan kesiapan karir kamu. Sebab, program di luar studi ini akan memberikan berbagai pengetahuan, insight, dan ide-ide yang dapat kamu terapkan saat bekerja/membangun relasi/mendirikan brand/menjaga personal branding.

Keunggulan Program Kampus Merdeka yang Ada di Future Skills

Future Skills bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbudristek) dalam menyelenggarakan Program Kampus Merdeka, berupa Program Perkuliahan Online. Program ini dibuka setiap semester dan dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia.

Ada beberapa keunggulan jika kamu daftar di Program perkuliahan online di Future Skills:

  • Mendapatkan banyak pengetahuan, pengalaman, dan relasi sehingga dapat menerapkannya secara langsung di dunia nyata, terutama di dunia kerja;
  • Ada beragam topik perkuliahan online yang bisa diikuti oleh mahasiswa secara gratis, dan tentunya tema pembahasan sangat relevan terhadap perkembangan industri saat ini;
  • Lewat program perkuliahan online, mahasiswa dapat mengembangkan soft skill dan hard skill yang relevan dengan dunia kerja;
  • Meningkatkan daya saing, sehingga lebih siap terjun di dunia kerja secara nasional maupun global;
  • Memperkaya perspektif dan sudut pandang mahasiswa, sehingga secara tidak langsung juga membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta problem solving yang nantinya sangat diperlukan di dunia kerja;
  • Mendapatkan mentor yang tepat, sehingga para mahasiswa bisa diarahkan menuju jenjang karir yang lebih tepat atau relevan.

Banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan di atas, tentunya akan sangat beruntung jika kamu bisa mengikuti berbagai program Kampus Merdeka dan perkuliahan online di Future Skills untuk mengembangkan serta mempertajam skill kamu.

Pendaftaran Program Perkuliahan Online di Future Skills

Kabar baik untuk kamu yang ingin mengikuti program perkuliahan online di Future Skills. Sebab, program perkuliahan online untuk periode ini sudah dibuka mulai dari 1 Agustus 2024.

Ada beragam topik menarik yang bisa kamu ikuti secara gratis di program perkuliahan online periode ini. Beberapa perkuliahan online yang sedang dibuka sebut saja Public Speaking, Leadership Development Program, ‘Kelas Penulisan Kreatif: Basic Creative Writing and Storytelling, dan masih banyak lagi perkuliahan menarik lainnya yang akan membantu kamu dalam menjejaki karir masa depan.

Tertarik untuk mengikuti program perkuliahan online secara gratis di Future Skills? Yuk, daftar sekarang sebelum terlambat!

Artikel Terkait