Memahami Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri yang Wajib Kamu Tahu

Memahami Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri yang Wajib Kamu Tahu

Memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri adalah langkah awal untuk mengembangkan kepribadian diri sendiri atau melakukan self development. Hal ini sangat penting karena berkaitan erat dengan kepribadian dan pengambilan keputusan pada situasi tertentu.

Misalnya saja, kamu sudah mengetahui sisi positif dan negatif dalam diri kamu sendiri, maka dapat memanfaatkan potensi yang ada dan mengatasi tantangan yang mungkin membuat jalanmu sedikit terhambat.

Namun bagaimana cara melihat atau menganalisis kelebihan dan kekurangan diri sendiri? Pada artikel ini kami akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan umum yang dapat ditemukan pada diri sendiri, serta pentingnya menghadapinya dengan sikap yang positif.

Apa Itu Kelebihan Diri?

Cara Memahami Kelebihan Dan Kekurangan Diri Sendiri
Dengan Membaca Buku Self Improvement Juga Dapat Meningkatkan Potensi Kamu

Kelebihan diri adalah kemampuan yang paling tampak atau menonjol dari diri seseorang dalam melakukan, mengatasi, dan mengatur sesuatu.

Biasanya kelebihan ini diperoleh melalui kebiasaan, kerja keras, usaha, dan sebagian orang menganggapnya sebuah anugerah atau hadiah. Makanya, setiap orang yang begitu mengetahui kelebihannya akan digunakan sebaik mungkin untuk memecahkan suatu masalah, menghasilkan output yang baik, dan sebagainya.

Oleh karena itu, mengenali diri sendiri sangat penting bagi setiap manusia, terutama untuk kamu yang ingin melamar kerja karena biasanya HRD akan menanyakan apa kemampuan yang kamu miliki dan apa yang membedakannya dengan kandidat lain. 

Lalu bagaimana cara mengukur atau memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri? Kamu bisa simak di bawah ini!

Aspek-Aspek Kelebihan Diri Seseorang

Ada beberapa kriteria dalam memahami kelebihan dalam diri seseorang yang bisa dilihat melalui beberapa aspek berikut.

1. Kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan untuk berpikir di luar batas-batas konvensional (berpikir out of the box atau tidak biasa) dan menghasilkan ide-ide inovatif yang menjadi sumber daya berharga dalam berbagai bidang kehidupan.  Sebut saja dalam pekerjaan dan hobi. Aspek ini kemungkinan dimiliki oleh millenial dan gen-Z jika melihat perkembangan industri kreatif seperti sekarang.

2. Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif atau kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik adalah aset yang sangat berharga dalam membangun interaksi sosial maupun profesional. Jika kamu memiliki kelebihan ini, maka dapat dengan mudah menyampaikan gagasan, mempengaruhi pemikiran orang lain, dan membangun hubungan yang kuat.

3. Keingintahuan yang tinggi

Keingintahuan yang tinggi juga termasuk aspek penting dalam mengukur kelebihan diri seseorang. Umumnya orang yang memiliki keingintahuan yang besar cenderung terbuka terhadap untuk mempelajari hal-hal baru dan punya tekad yang kuat untuk terus tumbuh dan berkembang.

4. Critical Thinking

Critical Thinking atau Berpikir Kritis adalah kemampuan seseorang dalam menganalisis, mengevalusasi, dan membuktikan sebuah penemuan yang sebelumnya membuat dirinya atau orang lain skeptis menjadi sebuah penilaian berdasarkan fakta. Orang-orang yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi tidak mudah diadu domba, termakan berita hoax, dan selalu mengutamakan riset terlebih dahulu.

5. Problem Solving

Problem Solving atau Pemecahan Masalah adalah kemampuan untuk memecahkan suatu masalah yang didasari oleh pengetahuan, musyawarah, dan tidak menggunakan ego pribadi. Dalam sebuah perusahaan, pemilik problem solving terbaik dianggap aset berharga karena tidak semua orang memilikinya.

Kalau kamu masih ragu dengan diri sendiri, coba eksplor dan kenali diri kamu lebih dalam untuk mengetahui apakah ada salah satu kelebihan dari lima aspek di atas.

Namun selain memahami kelebihan, kamu juga harus mengetahui bahwa setiap manusia memiliki kekurangan. Bahkan orang yang kamu anggap sempurna di tempat kerja, di rumah, di tempat bermain, atau di mana pun pasti memiliki kekurangan diri yang sangat atau bahkan tidak begitu tampak.

Arti Kekurangan Diri

Memahami Kekurangan Diri Sendiri Dengan Mudah
Coba Cari Tahu Lebih Dalam Apa Kekurangan Kamu

Kekurangan diri sendiri dapat diartikan sebagai sebuah kelemahan yang dimiliki seseorang yang lahir akibat berbagai faktor. Mulai dari lingkungan, cara mendidik orangtua, segala hal yang didengar dan dilihat, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya kekurangan bukan untuk dihilangkan/dihindari/diabaikan. Namun justru jika jeli melihatnya sebagai sebuah peluang, kamu dapat mengubahnya menjadi kekuatan. Kalau pun tidak, kamu bisa menerima kekuranganmu dengan bijak dan tidak menjadikannya sebagai alat untuk mewajarkan tindakan buruk yang kamu lakukan pada orang lain.

Aspek-Aspek Kekurangan Diri Seseorang

1. Prokrastinasi

Prokrastinasi adalah kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan. Hal ini dapat menghambat produktivitas dan menciptakan stres yang seharusnya tidak perlu. Sebab, dengan menunda pekerjaan maka akan menghambat target waktu pengerjaan, sehingga tidak efektif dan efisien. Jika kamu memiliki kelemahan ini, langkah awal untuk mengatasinya adalah dengan membiasakan diri membuat skala prioritas dan disiplinkan diri secara paksa.

2. Kurangnya Berorganisasi

Kurangnya Beorganisasi bisa jadi merugikan karena akan membuatmu kesulitan dalam memberikan sudut pandang atau penilaian terhadap peristiwa tertentu, kurang bisa memecahkan masalah dengan cepat, kurang bisa bergaul dengan orang sekitar, dan minimnya pengalaman. Ingat, memberanikan diri untuk ikut borganisasi dapat membantumu mengatasi kelemahan ini.

3. Keraguan

Keragu-raguan dalam berbagai hal akan menyulitkanmu dalam mengambil suatu keputusan maupun berpikir cepat, sehingga dapat kehilangan kesempatan yang berharga. Apalagi keraguan berlebih dapat menghambat kemajuan dan menghentikan potensi kamu yang sebenarnya. Sebaliknya, mengembangkan kepercayaan diri dan menggali kemampuan dalam pengambilan keputusan adalah langkah penting untuk mengatasinya.

Pentingnya Menghadapi Kelebihan dan Kekurangan Diri

Bagaimana cara memaksimalkan kelebihan diri sendiri dan mengelola kekurangan diri?

  • Lakukan Self Improvement yakni dengan mengenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri, sehingga kamu dapat mengembangkan potensi terbaik dan mencapai tujuan pribadi dengan lebih efektif. Bagaimana caranya? Kenali hal-hal yang membuatmu merasa ahli dalam melakukannya dan perhatikan kelemahan yang seringkali menimbulkan kerugian bagi diri kamu sendiri.
  • Meningkatkan Hubungan dengan orang lain dengan cara memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri juga membantu kamu untuk mengembangkan interaksi secara personal, membangun koneksi dan jaringan, serta menumbuhkan wawasan yang tidak kamu dapatkan di internet atau pun buku.

Jika kamu tertarik untuk meningkatkan rasa percaya diri dan memaksimalkan potensimu secara pribadi terutama dalam hubungan kerja, cobalah untuk mengikuti kelas atau kursus menguasai seni berkomunikasi agar skill komunikasimu menjadi lebih baik.

Tingkatkan keahlian komunikasi kamu dengan mengikuti Kelas Online Menguasai Seni Berkomunikasi secara gratis di Future Skills.