9 Manfaat Magang Bagi Perusahaan

9 Manfaat Magang Bagi Perusahaan

Manfaat magang bagi perusahaan umumnya adalah untuk mencari pekerja yang berkualitas, mendapatkan ide atau gagasan baru dari para anak muda, hingga memberikan branding positif yang berkaitan dengan keberlanjutan karir untuk calon karyawan.

Namun tentunya bagi setiap perusahaan yang membuka program magang harus memperhatikan beberapa aspek penting agar tidak menguntungkan satu pihak dan merugikan peserta magang.

Dengan begitu, program magang akan berdampak baik bagi kedua belah pihak, yakni perusahaan maupun seluruh peserta magang yang nantinya bakal jadi karyawan di industri yang mereka tuju.

Bagi setiap perusahaan yang membuka kesempatan magang akan mendapatkan sejumlah manfaat seperti di bawah ini!

Apa itu Magang?

Magang (Internship program) adalah proses mengimplementasikan teori atau praktik langsung yang dilakukan oleh seseorang untuk mendalami suatu keahlian, tugas, peran, dan sejenisnya berdasarkan ketentuan yang telah disepakati bersama.

Umumnya magang dilakukan oleh mahasiswa saat menempuh pendidikan di akhir semester guna memenuhi persyaratan lulus. Namun sekarang program magang juga tersedia bagi siswa SMK yang mengambil jurusan tertentu.

Sementara pendaftaran magang biasanya dilakukan melalui lembaga resmi kampus/kemitraan/pengajuan mandiri ke suatu perusahaan yang memang membuka program tersebut.

Mengapa perusahaan berkenan membuka program magang? Tujuannya adalah untuk membantu mengembangkan talenta-talenta muda di sektor yang mereka inginkan sesuai dengan keahlian atau jurusan yang diambil selama menempuh pendidikan.

Manfaat Magang bagi Perusahaan

Apa manfaat magang bagi suatu perusahaan?

1. Memberikan Pengalaman bagi Para Mahasiswa

Bagi perusahaan yang membuka program magang pastinya memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman secara terbuka bagi para siswa atau mahasiswa yang hendak memasuki dunia kerja. Prinsip ini umumnya didasari oleh kesadaran dan keterbukaan terhadap cepatnya pergantian metode serta gaya kerja di masa mendatang, yang tentu akan dialami oleh generasi baru.

Jadi, ketika peserta magang mendapat banyak pengalaman, secara tidak langsung perusahaan telah mempersiapkan tenaga kerja di masa depan, mengenalkan industri kerja yang ternyata sangat jauh dari bayangan para mahasiswa, serta mengurangi risiko rekrutmen.

2. Membantu Mengembangkan Keahlian Peserta Magang

Mengembangkan keahlian para mahasiswa bisa jadi manfaat magang bagi perusahaan serta peserta itu sendiri. Namun yang perlu diketahui adalah sebagian besar perusahaan selalu mencari tenaga kerja yang inovatif, kreatif, dan memiliki skill mumpuni pada suatu bidang tertentu.

Makanya, lewat program magang diharapkan dapat merekrut bibit-bibit baru yang unggul dan memberikan kontribusi yang nyata bagi perusahaan. Apalagi saat ini banyak soft skill yang harus dikuasai di dunia kerja.

3. Mencari Ide atau Gagasan yang Fresh

Anak muda biasanya selalu penuh dengan ide dan gagasan yang fresh. Nah, hal seperti inilah yang terkadang tidak didapatkan dari generasi boomer atau pekerja berusia 40 tahun ke atas. Oleh karena itu, magang bisa jadi menguntungkan bagi perusahaan atau industri yang bergerak di bidang kreatif untuk mendapatkan gagasan yang baru serta inovatif.

4. Mencari Kandidat sesuai Kualifikasi Perusahaan

Pada dasarnya keberadaan peserta magang sangat menguntungkan bagi perusahaan, terutama perusahaan dengan Good Corporate Governance (GCG) yang baik. Sebab, dari program magang mereka bisa memilih atau mencari kandidat karyawan yang sekiranya cocok dengan budaya serta alur kerja perusahaan.

Bagaimana caranya? Tentu saja melihat dari kebiasaan, pola kerja, performa selama di kantor, dan keterlibatan atau kontribusi peserta magang pada perusahaan selama kurang lebih satu bulan lamanya.

Hal yang sama juga menguntungkan bagi peserta magang, karena mereka yang terpilih memiliki kesempatan akan dihubungi oleh perusahaan usai lulus.

5. Sebagai Branding bagi Perusahaan

Tahukah kamu? Perusahaan yang dikenal memberikan pengalaman magang bermutu dan berkualitas tinggi sehingga peserta magang merasa mendapatkan banyak pengalaman kerja, maka akan dianggap sebagai “employer of choice,” atau singkatnya tempat kerja yang diidamkan oleh para calon karyawan.

Selain itu, program magang yang berkelanjutan juga akan menarik beberapa platform/lembaga/institusi untuk bekerja sama dalam menghasilkan tenaga kerja berkualitas di masa yang akan datang.

6. Meningkatkan Kinerja dan Performa Perusahaan

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa manfaat magang bagi perusahaan tidak hanya sebatas branding, akan tetapi juga berkaitan erat dengan kinerja serta performa perusahaan.

Dengan adanya peserta magang, tentunya mereka akan membantu meringankan pekerjaan divisi atau bagian tertentu. Pekerjaan bisa selesai lebih cepat atau banyak target yang tercapai.

7. Menjalin Kemitraan dengan Lembaga atau Institusi di Indonesia

Manfaat magang bagi perusahaan yang terlihat nyata saat ini adalah adanya upaya untuk membangun kemitraan dengan kampus dan industri secara nyata. Ya, para mahasiswa atau siswa yang hendak mengajukan kegiatan magang akan diarahkan ke perusahaan yang menjadi mitra sebagai opsi utama atau justru perusahaan lah yang membutuhkan mereka melalui lembaga kemitraan tersebut.

Keduanya pun dianggap sama-sama menguntungkan dan memberikan benefit satu sama lain, sehingga peluang kerja sama kian terbuka lebar.

8. Menghemat Beban Pengeluaran Perusahaan

Perusahaan umumnya juga membayar peserta magang layaknya para pekerja biasa. Hanya saja nominal atau jumlah yang mereka terima tentu berbeda, karena beban kerja yang diemban juga tidak sama.

Namun tetap saja kegiatan seperti ini akan menguntungkan perusahaan, karena kinerja dan performanya berpeluang mengalami peningkatan. Sementara itu, beban pengeluaran perusahaan menjadi lebih hemat karena tidak perlu merekrut karyawan baru dengan gaji yang mungkin dua kali lipat lebih besar.

9. Mengukur Produktivitas Peserta Magang sebagai Evaluasi Rekrutmen

Salah satu risiko yang dihindari oleh perusahaan adalah kesalahan dalam rekrutmen, yakni adanya human error saat proses seleksi. Untuk menekan risiko tersebut, perusahaan akan menggunakan beberapa parameter dalam menentukan suatu metode atau kebijakan.

Nah, satu dari sekian cara adalah mengukur produktivitas peserta magang, baik dari caranya menggunakan hard skill maupun soft skill mereka.

Aspek Magang yang Harus Diperhatikan Perusahaan

Program magang sejatinya tidak boleh dibuka secara sembarangan, karena setiap perusahaan wajib memperhatikan berbagai aspek sebagai berikut:

  • Proses rekrutmen dan lamaran atau pendaftaran harus menggunakan alur yang tepat, mudah, dan kredibel;
  • Tentukan durasi magang (umumnya 1-2 bulan);
  • Adanya fasilitas yang disediakan seperti makan siang/transportasi/seragam, dll;
  • Job desc yang diberikan pada peserta magang harus jelas dan on the track;
  • Memberikan bimbingan dan pelatihan pada awal masa magang untuk peserta sehingga mengetahui tugasnya;
  • Keamanan kerja bagi peserta magang tanpa terkecuali;
  • Evaluasi kerja pada setiap peserta magang (apakah sesuai dengan job desc dan menjadi penilaian tersendiri bagi peserta di mata dosen pembimbing lapangan);
  • Pembuatan laporan magang untuk mendukung syarat kelulusan mahasiswa yang magang;
  • Kemudahan dalam mengakses laporan kerja untuk bahan lampiran laporan magang.

Aspek dan poin penting di atas tentu juga bisa terlaksana apabila perusahaan secara resmi bermitra dengan sebuah lembaga/platform/sekolah pelatihan/kursus online yang dinilai mampu melaksanakan kewajiban mereka untuk memantau proses magang para mahasiswa atau siswanya.

Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi perusahaan untuk bergabung kemitraan dengan platform khusus yang membantu mengembangkan talenta muda-mudi zaman sekarang. Salah satunya adalah dengan menjadi mitra Future Skills.

Manfaat Bergabung menjadi Mitra Magang di Future Skills

Setiap perusahaan dapat membuat proses rekrutmen lebih efisien dan menghemat pengeluaran dengan cara menyaring kandidat melalui mitra magangnya. Sebut saja seperti sekolah pelatihan/platform belajar/kursus online, dan sebagainya.

Nah, salah satu platform belajar yang recommended bagi perusahaan untuk mendapatkan akses talenta yang berkualitas dan punya kompetensi bagus adalah Future Skills.

Mengapa harus bergabung dengan mitra magang di Future Skills?

  • Future Skills mengusung komitmen untuk memberikan edukasi berkualitas dan berbasis digital bagi talenta muda Indonesia agar mampu beradaptasi dengan pengetahuan serta mengaplikasikan keterampilannya secara produktif
  • Tersedianya fasilitas bagi kolaborator untuk melakukan stakeholder engagement, sehingga komunikasi dan interaksi di antara seluruh pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam program magang berjalan dengan baik
  • Tersedianya talent pool yang siap magang dan bekerja di kolaborator yang sudah melalui proses seleksi dan tentunya keterampilan mereka relevan dengan kualifikasi yang dibutuhkan
  • Tersedianya aneka media bagi kolaborator untuk melakukan branding, seperti: Website dan blog, event webinar, presentasi, rekomendasi mitra, dan sebagainya
  • Proses bergabung kemitraan yang mudah dan cepat, yakni hanya melalui lima langkah saja dan bisa dilakukan secara online
  • Berkesempatan meningkatkan kerja sama yang lebih luas dengan mitra lainnya yang juga turut bergabung dengan Future Skills

Melihat banyaknya benefit dan manfaat yang akan dirasakan oleh seluruh mitra yang sudah bergabung, tunggu apa lagi? Segera yuk, daftarkan diri dan gabung mitra dengan Future Skills untuk menghasilkan generasi unggul & bertalenta di masa depan, sehingga tercipta generasi emas di Indonesia.

Temukan peluang kerja sama yang menguntungkan dengan bergabung menjadi mitra di Futureskill.