4 Kursus Design Thinking Online Bersertifikat [Gratis dan Berbayar]

4 Kursus Design Thinking Online Bersertifikat [Gratis dan Berbayar]

Design thinking sangat diperlukan dalam dunia kerja karena memiliki soft skill yang satu ini dapat membantu seseorang menghadapi tantangan yang kompleks. Kamu yang ingin mempelajarinya pun dapat mengikuti beberapa kursus design thinking online bersertifikat.

Apa tujuan mengikuti kursus design thinking? Guna menumbuhkan kesadaran pola berpikir, melatih cara berpikir kreatif, inovatif, dan fleksibel, serta mampu memecahkan masalah di setiap situasi.

Seperti yang kamu ketahui saat ini bahwa banyak soft skill di dunia kerja yang sangat di butuhkan di berbagai bidang. Makanya sebagai seorang pekerja pemula atau pun pemimpin perusahaan perlu untuk mempelajari secara khusus design thinking untuk mencapai tujuan perusahaan dan meningkatkan kapasitas diri sendiri.

Berikut beberapa rekomendasi kursus design thinking di Indonesia dan dapat kamu ikuti hingga sampai saat ini!

Rekomendasi Kursus Design Thinking Online Bersertifikat

1. Kelas Pemikiran Desain 101 oleh Future Skills [Gratis]

Kursus Online Design Thinking Gratis
4 Kursus Design Thinking Online Bersertifikat [Gratis Dan Berbayar] 2

Kursus design thinking online bersertifikat pertama yang dapat kamu ikuti adalah ‘Pemikiran Desain 101’ dari Future Skills. Kelas ini sangat direkomendasikan bagi para peserta yang ingin mempelajari suatu metode pola pikir untuk menumbuhkan empati pada setiap masalah yang dihadapi oleh manusia.

Seperti yang diketahui bersama bahwa hampir semua orang bisa mendengarkan tetapi tidak semuanya dapat memahami. Benar kan? Oleh karena itu, kursus ini akan fokus membantu setiap peserta untuk mengenal tahapan design thinking yang nantinya akan sangat berguna di dunia kerja sekali pun. Misalnya memahami kebutuhan klien, sehingga saat eksekusinya kamu dapat menghadapi setiap tantangan yang muncul.

Mengapa ikut kursus Pemikiran Desain 101 di Future Skills?

  • Kamu akan dibimbing memahami proses tahapan-tahapan design thinking secara lengkap;
  • Kursus berlangsung dalam waktu 1 jam 30 menit;
  • Kamu juga akan mendapatkan materi berupa dokumen, pdf, dan dapat mengakses akun selamanya di Future Skills;
  • Setiap peserta berkesempatan mengikuti ujian sertifikat untuk mengukur kemampuannya;
  • Peserta akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan sebaik mungkin;
  • Dibimbing oleh mentor yang ahli dan berpengalaman di bidangnya;
  • Kursus gratis dan terbuka untuk umum.

Dengan makin berkembangnya zaman dan banyaknya pesaing di dunia kerja, masihkah kamu ragu untuk mengambil kelas ini?

2. Kuasai Design Thinking Untuk Pengembangan Ide Inovasi Produk by Udemy

Kursus design thinking online bersertifikat selanjutnya yang dapat kamu ikuti yakni ‘Kuasai Design Thinking untuk Pengembangan Ide Inovasi Produk’ yang diselenggarakan melalui platform Udemy.

Topik pembahasan dalam kursus ini mencakup berbagai topik, mulai dari memahami proses pemikiran desain, manfaatnya dalam kehidupan terutama di dunia kerja, tata cara penerapannya, hingga proses dalam membentuk ide sehingga bermanfaat di berbagai situasi.

Nah, bagi kamu yang ingin memahami elemen design thinking untuk bisnis, kursus ini bisa dicoba karena:

  • Kursus ini bertujuan memahami masalah user dan memberikan solusi terbaik;
  • Biaya pendaftaran kelas Rp129.000 tiap peserta;
  • Kursus berjalan selama 3 jam;
  • Peserta mendapatkan akses selamanya, mengikuti post test, dan sertifikat;
  • Kursus diperuntukkan bagi mahasiswa, umum, dan profesional;
  • Intruktur atau trainer adalah Ivandhia Nangin.

Seperti namanya, kursus design thinking yang fokus pada pengembangan ide inovasi produk akan membantu kamu dalam menciptakan output yang lebih baik, memiliki nilai lebih, serta membantu memecahkan masalah yang berkaitan dengan produksi serta kompetitor.

3. Belajar Design Thinking untuk Pemula oleh Kelas Work

Sebagai pemula yang baru saja mempelajari active listening skills, kamu dapat mendalaminya lagi dengan lanjut belajar mengenai pemikiran desain dengan mengikuti kelas ‘Belajar Design Thinking’ yang diselenggarakan oleh Kelas Work.

Di kelas ini setiap peserta akan mempelajari definisi, pilar, proses, pembuatan ide, dan dasar-dasar desain thinking serta peranannya dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin kamu masih bingung “Apa pentingnya soft skill yang satu ini?” Padahal dalam kehidupan berorganisasi, sosial, bisnis, hingga dunia kerja sangat dibutuhkan, terutama ketika menemui masalah yang kompleks serta sulit dipecahkan.

Seperti yang tertulis dalam websitenya, tujuan kelas ‘Belajar Design Thinking’ adalah untuk membantu peserta dalam menganalisis dan memecahkan masalah sehingga tercipta solusi terbaik.

Setiap individu yang memiliki design thinking mumpuni jauh lebih mudah mendapatkan tawaran kerja, promosi, naik jabatan, dan keuntungan lainnya. Makanya penting mulai dari sekarang bagi kamu untuk mulai concern dengan pemikiran desain.

Apa keuntungan bagi pemula yang mengikuti kelas ini?

  • Pokok pembahasan mudah dipahami oleh peserta pemula;
  • Setiap peserta dapat mengikuti post test di akhir kursus untuk mengikur kemampuannya;
  • Biaya pendaftaran Rp99.000 ribu per peserta (Harga dapat berubah sewaktu-waktu);
  • Kursus berlangsung selama 3 jam yang terdiri dari 8 chapter;
  • Dibimbing oleh Ivandhia Nangin, seorang Visual Designer dari Brainbox Academy;
  • Setiap peserta mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan sebaik mungkin.

4. Pelatihan Design Thinking oleh Borobudur Training

Berbeda dengan kelas atau pelatihan sebelumya, kursus atau training pelatihan design thinking yang diadakan oleh Borobudur Training ini sifatnya lebih khusus karena peserta harus menghubungi nomor resmi pihak penyelenggara terlebih dahulu, barulah kelas dapat dimulai melalui media seperti Zoom.

Para peserta yang mengikuti pelatihan ini akan mendapatkan banyak materi seperti mengenal proses berpikir, mempelajari inovasi, melakukan proyek inovasi, mengaktifkan design thinking secara nyata, dan sebagainya.

Metodenya pun dilakukan melalui live streaming atau menggunakan layanan Zoom yang berlangsung selama 1 hari dengan total pembelajaran 10 jam (5 jam per hari).

Lantas apa yang akan diperoleh peserta dalam kelas ini?

  • Materi yang dilakukan secara terstruktur agar peserta dapat mendalami materi hingga akar pembahasan. Misalnya saja melalui beberapa tahap seperti pemaparan, diskusi, tanya jawab, dan latihan;
  • Peserta mendapatkan modul training berbentuk soft copy dan sertifikat yang akan dikirim berbentuk fisik;
  • Biaya pelatihan Rp3.800.000 per peserta.

Kelas ini cocok bagi tenaga profesional dan para peserta yang bekerja di posisi tinggi seperti manajer, leader, dan sejenisnya tetapi masih kesulitan dalam memecahkan berbagai masalah akibat tingginya tuntutan dunia kerja. 

Tertarik untuk belajar design thinking secara gratis? Ikuti Kelas Online Pemikiran Desain 101 di Future Skills!