Bekerja di bank adalah pilihan yang menjanjikan bagi banyak profesional karena mampu mendatangkan beragam keuntungan, mulai dari gaji, relasi, dan jenjang karir yang terbilang cukup luas, sehingga berpengaruh di masa depan.
Walaupun terlihat memberikan banyak benefit bagi para pekerjanya, akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa untuk bisa bekerja di sektor perbankan memerlukan usaha lebih, karena tes masuk yang cukup sulit dan jumlah pesaing sangatlah banyak.
Jika dulu para pelamar kerja di bank berasal dari jurusan Ekonomi dan Bisnis, sekarang makin beragam. Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari berbagai skill seperti yang kami sebutkan di bawah ini!
Kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan apabila kamu bekerja di bank, apalagi setiap hari harus bersinggungan dengan nasabah, baik di tempat maupun by phone. Dengan kata lain, memiliki komunikasi yang baik akan sangat berpengaruh terhadap performa, khususnya pelayanan di bank karena:
Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempelajari kiat-kiat meningkatkan skill komunikasi yang efektif supaya dapat bekerja secara profesional di bank.
Bank membutuhkan staf atau karyawan profesional yang mampu melakukan analisis data dan mengambil keputusan yang tepat dan skill ini sangat mempengaruhi keberhasilan operasional, manajemen risiko, dan layanan kepada nasabah.
Lebih tepatnya kemampuan analitis memiliki beberapa fungsi seperti:
Bagi yang bekerja di bank internasional, kemampuan berbahasa asing sangat penting. Misalnya saja kamu bekerja di bank OCBC, DBS, UOB, dan sebagainya maka harus mampu menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris.
Hal ini dikarenakan bank asing melakukan kegiatan internasional seperti pelaporan keuangan, koordinasi, event, hingga konferensi ke pusat, sehingga tidak bisa hanya mengandalkan bahasa Indonesia.
Selain bahasa Indonesia, beberapa bank asing juga akan mengutamakan karyawan yang mampu berbahasa Mandarin atau China karena berkaitan erat dengan pelayanan nasabah yang juga berasal dari luar negeri. Ditambah lagi para WNA yang belum lama tinggal di Indonesia umumnya menggunakan bahasa asing, jadi memiliki skill yang satu ini akan menjadi nilai tambah untuk kamu.
Industri perbankan sangat bergantung pada teknologi informasi, sehingga kemampuan bekerja dengan komputer dan perangkat lunak bank sangat penting. Misalnya untuk mengoperasikan Microsoft Excel, Word, Power Point, dan beberapa software bawaan yang digunakan bank untuk melayani para nasabah.
Walaupun bank memberikan masa training atau pelatihan, akan tetapi penting sekali bagi karyawan menguasai basic (Ilmu dasar penggunaan komputer),terutama kecepatan tangan dalam mengetik serta mengoperasikan software tertentu.
Makin cepat menguasai fitur dan fungsi software atau aplikasi perbankan, makin optimal pula pelayanan yang diberikan bank kepada nasabahnya.
Bank membutuhkan karyawan yang mampu bekerja sama dengan tim dan membantu rekan kerja untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini sesuai dengan visi dan misi bank yang selalu memegang teguh untuk mencapai tujuan, baik jangka pendek maupun panjang dengan maksud memberikan keuntungan serta dedikasi yang berintegritas di masa depan.
Jika seorang karyawan tidak mampu bekerja sama dalam tim dan hanya bertindak sesuai egonya sendiri, mustahil tujuan dapat tercapai dan justru menjadi masalah baru bagi perusahaan. Apalagi hampir seluruh divisi atau posisi di bank berkaitan satu sama lain. Contohnya bagian customer service berkaitan erat dengan bagian teller yang sama-sama mengurus kebutuhan nasabah.
Mau bekerja di bank? Pastikan kamu memiliki soft skill dapat bekerja sama dengan baik dalam tim dan adaptif. Selain itu, cara menulis skill di CV juga harus tepat sehingga perusahaan perbankan mau melirikmu.
Bank sering menghadapi situasi yang membutuhkan solusi cepat dan efektif, sehingga kemampuan pemecahan masalah sangat penting. Mulai dari menangani keluhan dan masalah nasabah, mengambil keputusan keuangan yang berdampak besar bagi perusahaan, hingga memastikan kepatuhan regulasi dan mempertahankan reputasi perusahaan.
Ditambah lagi dengan memiliki skill pemecahan masalah yang baik, seorang karyawan diharapkan mampu berkontribusi dalam mengembangkan strategi jangka panjang yang sukses dan beradaptasi dengan cepat dalam melihat peluang atau tren ke depan.
Industri perbankan berkembang dengan cepat, sehingga kemampuan adaptasi dan mempelajari hal-hal baru sangat penting bagi para profesional di bidang ini. Apalagi dalam industri bank juga kerap terjadi perubahan regulasi, sehingga karyawan dituntut agar dapat menyesuaikan diri dengan cepat.
Belum lagi berkembangnya teknologi dengan sangat cepat membuat para pekerja bank saat ini harus bisa mengoperasikan beragam software atau paling tidak mengetahui cara menggunakan aplikasi mobile banking, aplikasi untuk analisis data, dan sebagainya.
Dengan kata lain, menambah dan meningkatkan skill ini akan sangat membantumu agar bisa bekerja di bank dan mencegah terjadinya fraud atau tindak kecurangan yang berdampak luas terhadap karyawan dan perusahaan tempatmu bekerja.
Kalau kamu berminat dan ingin tahu apa aja sih skill yang diperlukan untuk seorang karyawan perbankan, cobalah untuk mengikuti Kelas Career Opportunities in Digital Banking and Financial Sector di Future Skills. Dalam pelatihan ini kamu akan mengetahui kualifikasi yang diperlukan oleh bank di era digital seperti sekarang dan paling tidak mendapatkan pemahaman penting mengenai sektor keuangan di masa depan.