5 Kursus Online Pelatihan Komunikasi Bersertifikat

5 Kursus Online Pelatihan Komunikasi Bersertifikat

Melatih kemampuan berkomunikasi dengan baik tidak bisa dilakukan dalam semalam, sehingga kamu perlu mengikuti kursus atau kelas pelatihan komunikasi bersertifikat yang memberikan materi dengan jelas, ringkas, dan menjawab semua yang kamu butuhkan.

Saat ini ada sejumlah platform atau akademi kursus yang membuka program untuk mengupas tuntas mengenai cara berkomunikasi yang baik dan efektif agar kemampuan interpersonal setiap peserta berkembang.

Sadarkah kamu? Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik faktanya sangat menguntungkan, terutama untuk menjalin relasi, menjaga hubungan dengan rekan kerja atau atasan di kantor, hingga meningkatkan public speaking kamu.

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat yang cocok bagi kamu jika ingin melatih komunikasi sejak dini!

Rekomendasi Kursus Online Pelatihan Komunikasi Terbaik di Indonesia

1. Kelas Online Menguasai Seni Berkomunikasi dari Future Skills [Gratis]

Kursus Dan Pelatihan Komunikasi Bersertifikat Terpercaya
Banyak Manfaat Yang Bisa Kamu Dapatkan Di Kelas Future Skills Yang Satu Ini

Selain membuka kelas pelatihan pembuatan CV, Future Skills juga hadir dengan program populernya bertajuk ‘Menguasai Seni Berkomunikasi’ yang dibuka secara gratis dan diperuntukkan bagi masyarakat umum, fresh graduate, dan semua orang yang ingin mempelajari seluk-beluk mengenai komunikasi.

Komunikasi adalah proses penyampaian informasi/gagasan/wacana/ide/opini/pikiran oleh satu pihak ke pihak lainnya dengan maksud tertentu sesuai tujuannya.

Nah, komunikasi yang baik dan mudah dimengerti akan menghasilkan feedback atau respon yang sesuai tanpa harus menjelaskannya berulang kali. Sebaliknya, jika kamu kurang tepat dalam menyampaikan sebuah pesan dan informasi, kemungkinan besar akan terjadi kesalahpahaman yang bisa menimbulkan masalah baru.

Di lingkungan kerja saat ini pun, peran komunikasi sangatlah penting untuk menjaga hubungan dengan seluruh pihak di dalam perusahaan. Terutama saat meeting berlangsung, ketika bertemu klien, dan lainnya.

Jadi, cobalah mengikuti kelas kursus dan pelatihan komunikasi bersertifikat di Future Skills karena ada banyak manfaatnya, seperti:

  • Pendaftaran kelas GRATIS bagi seluruh peserta;
  • Durasi pendaftaran cukup lama, jadi tidak perlu khawatir ketinggalan kelas;
  • Kelas pelatihan dapat diakses dari mana saja selama ada internet, baik melalui PC atau pun HP;
  • Diisi pemateri yang berpengalaman di bidangnya dengan penjelasan yang mudah dimengerti;
  • Materi pembahasan sangat lengkap (Mulai dari pengenalan arti komunikasi, jenis-jenis komunikasi, cara menguasai public speaking, hingga praktik seni berkomunikasi);
  • Peserta bisa menyimak video dan mendapatkan modul dalam bentuk PDF;
  • Akses video atau materi selamanya sekali bergabung ke program yang dipilih;
  • Tersedia post test atau kuis setelah kelas pelatihan berakhir untuk mengukur kemampuan dan pemahaman peserta sehingga dapat mengukur interpersonal skill-nya masing-masing;
  • Setiap peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Karena tidak ada sesi tanya jawab di kelas pelatihan komunikasi ini, sebisa mungkin kamu menyiapkan kertas untuk mencatat poin-poin pentingnya untuk menghindari kalau ada bagian yang terlewatkan.

2. Dasar Komunikasi Efektif Penunjang Karir oleh Kelas-Work

Kursus Dan Pelatihan Komunikasi Di Indonesia
Tampilan Oleh Kelas.work

Kursus dan pelatihan komunikasi bersertifikat selanjutnya yang bisa kamu ikuti adalah ‘Dasar Komunikasi Efektif Penunjang Karir’ yang diselenggarakan oleh Kelas-Work. Tema yang diusung ditujukan bagi kamu yang sedang memulai karir dan berjuang di dunia kerja.

Apa saja yang akan kamu pelajari dari kelas tersebut? Sebut saja mulai dari pentingnya berkomunikasi secara efektif, teknik bernegosiasi di kantor, tips dan trik komunikasi untuk menunjang karir di perusahaan, bahkan membahas pula mengenai strategi persuasif di lingkungan kerja.

Untuk ikut kelas ini, kamu perlu membayar biaya pendaftaran Rp49.000 dengan benefit:

  • Diisi oleh pemateri yang profesional di bidangnya;
  • Materi berjalan selama kurang lebih 1 jam 35 menit;
  • Pembahasan cukup detail yang menghubungkannya dengan beragam pengetahuan skill interpersonal termasuk penguasaan emosi;
  • Peserta dapat mengakses video dan modul PDF pembelajaran;
  • Peserta juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan dan kursus yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Catatan penting: Biaya pendaftaran bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan penyelenggara, ya. 

3. Sekretaris 101: Ketrampilan Komunikasi dari Skill Academy

Kursus Pelatihan Komunikasi Online Gratis
Tampilan Oleh Skillacademy.com

Sama-sama membahas mengenai ketrampilan komunikasi, Skill Academy juga membuka kelas yang mengupas tuntas materi serupa bagi para pencari kerja atau masyarakat umum yang hendak melamar jadi sekretaris atau bagian Public Relation Consultant.

Kelas bertemakan ‘Sekretaris 101: Ketrampilan Komunikasi’ ini akan menjelaskan mengenai pentingnya kemampuan berkomunikasi yang harus dimiliki oleh sekretaris untuk menjaga kondisi lingkungan kerja agar tetap kondusif,

Sebab, seorang sekretaris pastinya akan sering bertemu dengan rekan kerja dari berbagai divisi untuk masalah-masalah krusial perusahaan, pemimpin perusahaan, hingga klien dari luar kantor. Selain itu, selain dituntut jago dalam berkomunikasi secara lisan, juga harus pandai dalam komunikasi melalui tulisan.

Ini artinya ketrampilan komunikasi bukan sekadar berbicara maupun mendengarkan saja, tetapi menjadikan informasi yang rumit untuk dicerna menjadi sebuah pengetahuan yang mudah dipahami oleh seluruh pihak.

Meskipun tema yang diangkat mengarah pada pembahasan khusus, akan tetapi materi yang kamu dapatkan cukup lengkap di kelas ini. Mulai dari dasar-dasar komunikasi, melakukan komunikasi melalui panggilan telepon, berkomunikasi dalam bahasa Inggris, dan sebagainya.

Namun untuk mengikuti kelas dan pelatihan komunikasi di Skill Academy, kamu harus menyiapkan uang Rp120.000 untuk biaya pendaftarannya, ya.

4. Membangun Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja oleh Udemy

Kursus Public Speaking Online
Tampilan Oleh Udemy.com

Pernahkah kamu mengalami kesulitan untuk membangun komunikasi efektif di lingkungan kerja? Apalagi sering berhadapan dengan banyak orang dan dituntut harus aktif bersuara dalam berbagai acara. Mungkin untuk mengatasinya, kamu bisa mengikuti kelas ‘Membangun Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja’ dari Udemy.

Di kelas pelatihan komunikasi ini kamu akan mendapatkan materi lengkap layaknya bahan kuliah dengan pembahasan yang mudah dipahami. Dipandu oleh seorang profesional, kamu akan mempelajari beberapa hal mengenai:

  • Pengertian komunikasi;
  • Komunikasi untuk bisnis;
  • Komunikasi nonverbal;
  • Penampilan;
  • Body language/gestures;
  • Etika berkomunikasi, dll.

Keunggulan dari kelas kursus dan pelatihan komunikasi bersertifikat yang dibuka oleh Udemy ini terletak pada poin pembahasan yang terbilang sangat fokus pada karakter dan personal branding seseorang melalui caranya menyampaikan gagasan atau ide.

Jadi, kamu tidak hanya dilatih mengenai teknik atau etika komunikasi saja, tetapi juga penampilan, bahasa tubuh, gaya bahasa yang digunakan, dan sebagainya. Kalau mau ikut kelasnya Udemy, siapkan uang pendaftarannya sebesar Rp129.000, ya.

5. Membangun Komunikasi Efektif untuk Organisasi dari Sertifikasiku

Materi Pelatihan Skill Komunikasi Yang Efektif
Tampilan Oleh Sertifikasiku.com

Membangun komunikasi yang efektif memang memerlukan perjuangan yang besar dan harus melalui beragam proses agar tercipta pembicaraan atau pun diskusi dua arah secara sehat. Dan tidak semua orang memiliki kemampuan interpersonal ini, karena dalam berkomunikasi diperlukan keahlian untuk memahami konteks yang dibawakan oleh lawan bicara. 

Makanya, saat ini banyak kelas pelatihan komunikasi yang dibuka oleh berbagai platform untuk mengembangkan soft skill para pelajar, fresh graduate, dan masyarakat umum agar memudahkan mereka dalam berorganisasi, terutama di lingkungan kerja.

Salah satunya adalah “Membangun Komunikasi Efektif untuk Organisasi dan Pengembangan Bisnis Bagi Tenaga Perkantoran Umum (Online Course)” yang diinisiasi oleh sertifikasiku. Dalam kursus online ini, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai:

  • Cara berkomunikasi dalam urusan bisnis;
  • Membangun personal branding;
  • Menciptakan komunikasi lintas generasi (Misalnya, antara milenial dan gen Z);
  • Tips komunikasi dengan pihak eksternal;
  • Terdapat kuis bagi peserta kursus untuk menguji seberapa besar materi yang diserap, dll.

Untuk mendapatkan materi lengkap di atas tentunya kamu harus menyiapkan budget senilai Rp499.000 dan seluruh pembayaran tidak dapat diuangkan kembali, jadi pastikan kamu benar-benar mengikutinya hingga selesai, ya.

Itulah lima rekomendasi kursus dan pelatihan komunikasi bersertifikat yang bisa kamu ikuti sesuai dengan kebutuhan, biaya, dan waktu yang telah ditentukan. Agar tidak salah memilih kursus maupun pelatihan, kamu bisa membaca benefit yang mereka tawarkan dan manfaat yang akan kamu dapatkan nantinya.

Ikuti Kelas Online Menguasai Seni Berkomunikasi secara Gratis di Future Skills untuk meningkatkan skill komunikasi kamu. Tunggu apa lagi? Daftar sekarang dan rasakan manfaatnya!