5 Kelas/Kursus Investasi Online Terbaik bagi Pemula

5 Kelas/Kursus Investasi Online Terbaik bagi Pemula

Melek investasi sejak dini sangat disarankan oleh sebagian besar ahli keuangan, mengingat kondisi finansial di masa depan agaknya sulit diprediksi. Oleh karena itu, ikut kelas dan pelatihan investasi bisa jadi solusi terbaik bagi kamu yang ingin mencapai financial freedom.

Secara ringkas, financial freedom adalah kondisi yang menggambarkan seseorang telah mencapai kebebasan finansialnya, sehingga tidak khawatir lagi dengan pemenuhan kebutuhan utama dan beban keuangan lainnya.

Nah, salah satu cara untuk mencapai kondisi bebas finansial tersebut bisa dilakukan melalui investasi seperti: obligasi, properti, saham, emas, asuransi, dan sebagainya.

Namun adakah kursus dan pelatihan online mengenai investasi bagi pemula yang mudah dipahami? Berikut rekomendasinya.

Rekomendasi Kelas & Kursus Investasi Online Terbaik untuk Pemula

1. Kelas Online Financial Freedom: Start to Invest Now [Gratis]

Kursus Investasi Saham
Tampilan Oleh Future Skills

Hampir setiap orang ingin sekali mencapai financial freedom di masa tua mereka, karena saat pensiun atau mencapai usia yang tidak produktif lagi tentunya sudah tidak bisa bekerja seperti dulu, sehingga penghasilan yang diperoleh juga tak sebanyak seperti sebelumnya.

Jadi, mulai dari sekarang harus mempersipkan diri agar di masa depan tidak terjebak masalah keuangan, terutama untuk membiayai kehidupan sehari-hari dan di situasi tertentu.

Singkatnya, penting sedari dini kamu mempelajari konsep investasi, yakni kegiatan menempatkan modal atau berupa sumber daya yang kamu miliki untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan di masa depan.

Sayangnya, investasi tidak bisa dipelajari dalam semalam atau pun hanya karena FOMO semata. Perlu pelatihan khusus agar kamu tidak terjebak dengan investasi bodong atau iming-iming yang berujung merugikan.

Salah satu kelas dan pelatihan investasi secara online yang bisa kamu ikuti adalah kursus ‘Financial Freedom: Start to Invest Now’ dari Future Skills yang mengupas tuntas mengenai seluk-beluk investasi bagi pemula yang bingung cara memulainya.

Di kelas dan pelatihan investasi ini, kamu akan mendapatkan berbagai benefit seperti:

  • Pendaftaran GRATIS dan terbuka bagi siapa pun;
  • Pembahasan sangat mendalam disertai materi lengkap, mulai dari pengertian, macam-macam investasi, cara memilih produk investasi, tips investasi bagi pemula, dan sebagainya;
  • Narasumber merupakan orang yang berpengalaman di bidang keuangan dan investasi;
  • Durasi waktu 1 jam;
  • Penjelasan sangat mudah dimengerti dan dipahami, sehingga menjawab keingintahuan peserta mengenai investasi;
  • Peserta bebas mengakses video dan file PDF berisi materi terkait setelah mengikuti kelas ini;
  • Terdapat kuis (post test) untuk mengukur kemampuan peserta setelah menyimak kelas ini;
  • Peserta mendapat sertifikat yang bisa digunakan sebaik-baiknya.

Sayangnya di kelas ini kamu tidak bisa bertanya karena tidak ada sesi tanya jawabnya. Namun, tenang saja karena moderator di pelatihan investasi ini sudah menyiapkan sejumlah pertanyaan serta uneg-uneg yang akan ditanyakan pada narasumbernya.

2. Cerdas Berinvestasi untuk Pemula oleh Skill Academy

Kelas Pelatihan Dan Investasi Saham Untuk Pemula
Tampilan Oleh Skill Academy

Selain kursus dan pelatihan komunikasi, Skill Academy juga membuka kelas bertajuk ‘Cerdas Berinvestasi untuk Pemula’ yang membahas seputar persiapan dana darurat, keuntungan melalui investasi saham, dan investasi saham untuk para pemula.

Jadi, kalau kamu mau kursus saham online, kelas dan pelatihan investasi dari Skill Academy bisa jadi opsi yang tepat. Selain itu, di kelas ini juga akan membahas tentang cara membaca grafik pergerakan saham dan menganalisisnya. Bagi para pemula yang baru mau terjun ke dunia saham tentunya sangat membutuhkan materi ini, bukan?

Sayangnya untuk bergabung dengan kelas dan pelatihan investasi yang dibuka oleh Skill Academy ini, kamu harus menyiapkan biaya pendafataran Rp500.000 dengan benefit berupa:

  • Akses ke materi dan akun peserta (kamu) seumur hidup;
  • Terdapat tiga kelas yang bisa dipilih dan diikuti;
  • Pembahasan lengkap dan spesifik mengenai saham;
  • Cocok bagi pemula yang ingin belajar saham dan dunia investasi.

Perlu diingat bahwa biaya berlangganan atau pendaftaran di atas dapat berubah sewaktu-waktu, karena sebenarnya untuk harga normal yaitu kurang lebih 3 juta rupiah.

3. Mengelola Keuangan untuk Investasi Saham dari Kelas-Work

Kursus Investasi Gratis Di Indonesia
Tampilan Oleh Kelas-Work

Banyak yang bilang bahwa untuk memulai investasi saham, maka seseorang harus memiliki modal dan tabungan yang besar agar keuntungan yang diperoleh di masa yang datang juga lebih besar. Namun benarkah begitu? Untuk mengetahuinya, kamu bisa ikut kelas ‘Mengelola Keuangan untuk Investasi Saham’ dari Kelas-Work.

Dalam kelas ini akan dibahas mengenai berbagai hal penting terkait aplikasi investasi yang terpercaya (di bawah pengawasan OJK), pengelolaan keuangan bagi pemula, mengenal investasi saham, dan instrumen pasar modal, dan lainnya.

Materi akan dijelaskan oleh narasumber terpercaya dan berpengalaman di bidangnya, sehingga pengetahuan yang kamu dapatkan bukan semata teori, tetapi juga berdasarkan pengalaman nyata di lapangan.

Dengan biaya pendaftaran Rp250.000, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat:

  • Narasumber berpengalaman di bidangnya;
  • Peserta mendapatkan 20 workbook PDF;
  • Materi yang dibahas bervariasi. Mulai dari pengembangan mentalitas peserta mengenai untung/rugi, pengenalan investasi saham & cara menganalisisnya, personal cash flow, hingga instrumen pasar modal dengan bahasan yang menarik;
  • Peserta mendapat sertifikat kepesertaan yang bisa digunakan sebaik mungkin;
  • Durasi video 3 jam dan cukup worth it untuk harga ratusan ribu.

Kelas ini diperuntukkan bagi pemula yang ingin belajar mengenai saham, akan tetapi untuk mendapatkan harga di atas agaknya kamu harus berusaha lebih keras karena dalam beberapa waktu saja, harga bisa kembali normal.

4. Pengenalan Investasi dan Generasi Z dari Udemy

Kursus Pelatihan Investasi Perdagangan Online
Tampilan Oleh Udemy

Menurut data BPS Indonesia, jumlah pengangguran di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2024 ini mencapai 7,2 juta orang dan kebanyakan dari mereka adalah generasi Z atau gen Z. Makanya, penting bagi gen Z saat ini untuk memperkuat skill dan kemampuannya agar tetap mampu bersaing di masa depan.

Selain itu, generasi Z juga direkomendasikan agar mulai mengenal investasi jangka panjang maupun pendek agar tercapai kebebasan finansial yang menguntungkan untuk kehidupan mendatang.

Bagaimana caranya belajar investasi? Kamu bisa bergabung dengan pelatihan investasi gratis ‘Pengenalan investasi dan Generazi Z’ yang diusung oleh Udemy. Kelas ini akan membahas seputar konsep pasar modal dan investasi, perdagangan efek dan saham, memahami risiko dan imba hasil, hingga instrumen investasi.

Namun karena kursusnya gratis, tentu saja kamu hanya bisa menyimak isi konten atau video yang disajikan, sehingga tidak mendapatkan sertifikat pelatihan, ikut sesi Q&A atau tanya jawab, dan benefit lainnya.

5. Belajar Trading Saham sampai Bisa dari Arkademi

Pelatihan Investasi Untuk Generasi Z
Tampilan Oleh Arkademi

Satu lagi kelas dan pelatihan investasi yang khusus membahas trading saham adalah ‘Belajar Trading Saham sampai Bisa’ dari Arkademi. Dalam kelas ini, kamu akan mempelajari tentang pengertian saham, pasar modal, emiten, risiko saham, mitos dan fakta seputar saham, serta beberapa hal penting mengenai dunia investasi.

Siapa pun bisa bergabung dengan kelas ini, termasuk anak sekolah seperti SMA/SMK yang mau menjajal dunia investasi terutama trading saham.

Pastinya untuk bergabung dengan kursus investasi dari Arkademi kamu perlu merogoh kocek Rp250.000 per orang dengan keuntungan sebagai berikut:

  • Terdapat 10 kelas kursus dan dilengkapi dengan 11 materi video ajar;
  • Peserta harus mengikuti 9 kuis untuk mempertajam pengetahuannya mengenai dunia saham;
  • Pembahasan dibawakan oleh narasumber yang profesional di bidangnya;
  • Peserta akan mendapatkan sertifikat yang dapat diunduh dan digunakan sebaik mungkin;
  • Durasi tergolong fleksibel dan bisa diakses melalui HP maupun PC.

Walaupun masih terjangkau untuk sebuah kursus, sayangnya akses peserta untuk kelas ini hanya berlangsung selama 60 hari atau dua bulan, bukan selamanya. Jadi, bagi kamu yang ingin mempelajari materinya setiap hari, pastikan sudah download PDF dan videonya terlebih dahulu ya.

Makin banyak kelas dan pelatihan investasi yang kamu ikuti, kian besar pula pengetahuan yang akan kamu dapatkan, terutama untuk kepentingan masa depan yang baik serta tercukupi untuk keluarga nantinya.

Ingin belajar investasi mulai dari nol? Ikuti Kelas Online Financial Freedom: Start to Invest Now secara Gratis di Future Skills sekarang!