5 Rekomendasi Kursus Manajemen Keuangan Online [Gratis dan Berbayar]

5 Rekomendasi Kursus Manajemen Keuangan Online [Gratis dan Berbayar]

Memiliki skill yang mumpuni akan pengelolaan keuangan dalam rumah tangga, bisnis, hingga dunia kerja sangatlah penting. Oleh karena itu, penting bagi semua orang untuk melek dan mempelajari pentingnya manajemen kuangan agar tidak mengalami kerugian, defisit, serta yang paling penting adalah mampu mencapai financial freedom di masa depan.

Manajemen keuangan adalah proses mempelajari dan mengelola keuangan, mulai dari perencanaan, pengalokasian, pengendalian, dan monitoring secara berkala agar dana dapat digunakan secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan tertentu.

Saking pentingnya ilmu ini, sebuah perusahaan dapat melakukan scale up (pengembangan bisnis), sebuah keluarga mampu membangun rumah dan membeli berbagai aset, UMKM dapat bertahan dari situasi deflasi, dan di kehidupan sehari-hari pun kamu bisa memiliki dana darurat. Melihat begitu besarnya pengaruh manajemen keuangan tersebut, tentu ilmu ini wajib dipelajari.

Sayangnya masih banyak orang yang berpikir bahwa belajar ilmu ini harus mengikuti pendidikan perkuliahan. Padahal kamu bisa mengikuti beberapa kursus manajemen keuangan online seperti berikut!

1. Financial Planning Principal in Digital Banking Era by Future Skills

Kelas Online Belajar Manajemen Keuangan Gratis
5 Rekomendasi Kursus Manajemen Keuangan Online [Gratis Dan Berbayar] 5

Memikirkan perencanaan keuangan yang matang sangat penting bagi setiap orang, terutama generasi muda yang akan menjadi cikal generasi penerus bangsa di masa depan. Ketidaktahuan mengenai pengelolaan keuangan akan berimbas pada kegagalan dalam berbagai aspek kehidupan.

Oleh karena itu, melalui kursus manajemen keuangan online ini, nantinya peserta akan diarahkan dan dibimbing agar mampu memahami berbagai langkah untuk membuat rencana & mengalokasikan keuangan, memikirkan pengelolaan yang matang, dan mengendalikan dana yang dimiliki supaya mampu mencapai tujuan masa depan. Sebut saja investasi yang menguntungkan, tabungan masa depan, dana darurat, pengeluaran tidak boros, dan tentunya kondisi keuangan agar tetap sehat.

Apa keuntungan mengikuti kursus manajemen keuangan online di Future Skills?

  • Kelas akan berlangsung selama dua jam
  • Materi mudah dipahami dan diikuti oleh peserta
  • Pembahasan dilakukan secara runut dan terperinci
  • Seluruh peserta akan mendapatkan materi yang bisa diakses selamanya
  • Terdapat post test atau kuis setelah sesi keempat berakhir untuk mengukur kemampuan setiap peserta
  • Dipandu oleh instruktur dari DBS Indonesia yang memang ahli dan profesional di bidangnya
  • Kursus ini terbuka untuk umum dan Gratis (Free)

Jadi, kapan lagi bisa daftar kursus manajemen keuangan secara daring dan dapat banyak pengetahuan untuk persiapan masa depan? Yuk, buruan daftar dan serap ilmunya!

2. Pengelolaan Keuangan untuk Pedagang/UMKM by Udemy

Kursus Manajemen Keuangan Untuk Umkm
5 Rekomendasi Kursus Manajemen Keuangan Online [Gratis Dan Berbayar] 6

Siapa nih yang sedang atau mau merintis bisnis UMKM? Misalnya berjualan pisang crispy, wonton pedas, kimbab, dimsum seribuan, dan sebagainya?

Selain belajar teknik promosi produk, kamu juga wajib belajar manajamen keuangan agar usaha terhindar dari kerugian dan seluruh pengeluaran dapat dikalkulasikan secara tepat, sehingga perhitungan antara keuntungan dan beban dapat berjalan sesuai target.

Nah, pada kursus manajemen keuangan yang kedua ini, kamu akan dipandu untuk mempelajari tentang perencanaan anggaran, cara menghitung laporan laba rugi, cara menentukan harga penjualan produk. Singkatnya, para peserta dapat mengetahui pengelolaan keuangan dan meningkatkan penjualan.

Dengan biaya kursus Rp119 ribu kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut:

  • Durasi video berlangsung selama 31 menit
  • Peserta dapat mengakses akun miliknya sepanjang waktu dan selamanya
  • Peserta akan mendapatkan sertifikat kursus yang dapat digunakan sebaik mungkin
  • Dimentori oleh profesional dari DKK Academy
  • Pembahasan mudah dimengerti

Mengingat pemerintah sedang gencarnya mensosialisasikan transformasi digital bagi UMKM, kamu juga harus upgrade beberapa ilmu, ya. Salah satunya manajemen keuangan.

3. Belajar Manajemen Keuangan Pribadi bagi Tenaga Perkantoran Umum by Kariermu

Bagi kamu yang saat ini bekerja sebagai karyawan kantor dan mendapatkan gaji sebagai sumber penghasilan per bulannya, wajib banget belajar manajemen keuangan! Sebab pengalokasian uang bagi para tenaga perkantoran umum akan membantu proses survive setiap hari.

Jika keuangan perusahaan berkaitan dengan kas besar dan pos-pos akun yang cukup banyak, maka untuk manajemen kuangan pribadi sangatlah berbeda. Lebih sederhana, tetapi tetap rinci, dan mengandung berbagai risiko yang berdampak pada pengambilan keputusan di masa depan. Khususnya bagi tenaga perkantoran yang sudah berkeluarga atau menjadi generasi sandwich.

Makanya, bagi kamu yang sedang berusaha untuk memperbaiki kondisi finansial pribadi, tidak ada salahnya mengikuti kursus manajemen keuangan online yang satu ini.

Dengan membayar biaya kursus senilai Rp499 ribu, kamu akan mendapatkan layanan berupa:

  • Peserta mendapatkan askes ke akunnya selamanya
  • Pengantar dalam bahasa Indonesia
  • Metode penyampaian menggunakan ceramah, studi kasus, dan simulasi langsung
  • Terdapat pre test dan post test bagi peserta
  • Peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan atau kursus online
  • Durasi kursus 12 jam 12 menit, sementara sesi konsultasi dilakukan setiap hari selasa dari pukul 16.00-17.00 melalui zoom

4. Belajar Manajemen Keuangan Bagi Calon Manajer Sumber Daya Manusia by Skill Academy

Money Management Course
5 Rekomendasi Kursus Manajemen Keuangan Online [Gratis Dan Berbayar] 7

Bahasa keuangan terkadang sulit dipahami bagi para calon manajer SDM yang berada di luar divisi keuangan, sehingga mengakibatkan waktu untuk mengambil keputusan atau membuat strategi jadi kurang efektif. 

Mengapa begitu? Bahasa keuangan disebut-sebut cukup sulit dipahami karena banyak menggunakan istilah asing maupun teknis. Makanya, kursus manajemen keuangan ini bertujuan untuk membantu peserta dalam memahami proses pengelolaan keuangan perusahaan dan berkomunikasi dengan bahasa keuangan perusahaan secara tepat. Apalagi dalam membaca jumlah pendapatan, laba dan rugi perusahaan.

Apa saja yang akan diperoleh para peserta saat mengikuti kursus ini?

  • Kelas akan dipandu oleh 3 instruktur berbeda yang berpengalaman di bidangnya, sehingga materi yang diperoleh sangatlah dalam 
  • Para peserta akan mempelajari laporan keuangan, manajemen modal kerja, evaluasi kinerja keuangan, analisa penganggaran modal, dan analisa biaya.
  • Kursus berlangsung selama 8 jam 11 menit
  • Terdapat pre dan post test (Kuis sebelum kelas dimulai dan setelah kelas berakhir)
  • Peserta akan mendapatkan sertifikat kursus setelah selesai
  • Terdapat 60 konten video yang bisa ditonton, dokumen yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran, dan akses selamanya

Untuk mengikuti kursus online ini, kamu dapat membayar biaya pendaftaran senilai Rp800.000.

5. Financial Analyst: Mempelajari Dasar-Dasar Analisis Keuangan by Arkademi

Money Management Course
5 Rekomendasi Kursus Manajemen Keuangan Online [Gratis Dan Berbayar] 8

Masih berkaitan dengan manajamen keuangan tetapi lebih condong pada analisis keuangannya, kamu bisa mengikuti kursus ini. Apalagi kalau di masa depan ingin menjadi seorang finansial analyst yang bertugas untuk membuat ramalan dari hasil laporan keuangan yang kamu analisis.

Misalnya jika laporan keuangan dinilai ternyata surplus besar, maka dari keuntungan tersebut perusahaan dapat merencanakan next step sebagai langkah pengembangan bisnis atau ekspansi usaha.

Nah, dengan biaya pendaftaran Rp500 ribu, kamu bisa mendapatkan:

  • Materi khusus mengenai analisis keuangan, budgeting, dan permodelan keuangan
  • Mempelajari studi kasus terbaru
  • Diberikan rekomendasi pekerjaan yang cocok
  • Tersedia tanya jawab yang bisa menjawab keingintahuan peserta
  • Menambah portofolio
  • Tersedianya forum diskusi untuk bertukar pengalaman

Mengingat kondisi ekonomi suatu negara terus berubah, maka sudah saatnya kamu memperhatikan kondisi finansial dengan sungguh-sungguh. Apalagi jika situasinya sedang deflasi yang membuat penghasilan kamu tiap bulannya juga menurun. Di sinilah letak pentingnya skill money management dalam situasi yang krusial dan adanya kursus manajemen keuangan online mampu membuat kamu survive di berbagai kondisi.

Tertarik untuk belajar skill manajemen keuangan secara gratis? Ikuti Kelas Online Financial Planning Principal in Digital Banking Era di Future Skills sekarang!