7 Kelas/Kursus Excel Online Bersertifikat [Gratis dan Berbayar]

7 Kelas/Kursus Excel Online Bersertifikat [Gratis dan Berbayar]

Hampir seluruh perusahaan yang mencari pekerja, terutama di bidang administrasi dan pengolahan data, memberikan syarat bagi para pencari kerja agar menguasai atau dapat mengoperasikan Microsoft Excel.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di dalam Microsoft Excel terdapat berbagai fitur dan rumus yang dapat mempercepat sekaligus mempermudah pekerjaan seseorang. Oleh karena itu, memiliki skill di bidang ini akan menjadi nilai plus bagi kamu yang ingin bekerja di bank, posisi akuntan, staf administrasi, data analyst, dan sebagainya.

Nah, agar dapat memahami seluruh fitur-fitur yang ada Microsoft Excel, kamu dapat mengikuti kursus Excel online bersertifikat yang diselenggarakan oleh berbagai platform belajar di Indonesia seperti berikut.

Rekomendasi Kursus Excel Online Bersertifikat

1. Kelas Online Memahami Penggunaan Microsoft Excel untuk Mengelola Pendataan oleh Future Skills [Gratis]

Kelas Exel Ms Excel Di Future Skills
Tampilan Oleh Future Skills

Rekomendasi kursus excel online bersertifikat yang pertama adalah ‘Memahami Penggunaan Microsoft Excel untuk Mengelola Pendataan’ yang diselenggarakan oleh Future Skills.

Platform belajar yang satu ini sadar betul bahwa untuk mengelola, mengorganisir, menganalisis, dan manajemen data diperlukan kemampuan untuk memahami Excel. Tentunya materi di kelas online ini akan sangat bermanfaat, terutama bagi data analyst yang wajib menguasai skill ini.

Setiap peserta yang mengikuti kelas Excel di Future Skills akan mendapatkan empat sesi yang berisi:

  • IF: Mengolah Data Excel dengan Syarat Tertentu
  • LOOKUP: Mencari Suatu Nilai dari Sekumpulan Data dengan Cepat
  • Menguasai Charts, Pivot & Agregat untuk Menarik Insights (Memahami Penggunaan Microsoft Excel untuk Mengelola Pendataan)
  • Memahami Penggunaan Microsoft Excel untuk Mengelola Pendataan (Post Test)

Keuntungan mendaftar kursus online pelatihan memahami penggunaan Excel di Future Skills adalah kamu bisa mendaftar secara GRATIS, pelatihan akan dibimbing oleh ahli atau profesional di bidangnya dari perusahaan ternama, dan kamu juga akan mendapatkan sertifikat kelulusan yang dapat digunakan sebaik mungkin.

Setiap peserta juga akan mendapatkan materi dalam bentuk PDF, video, dokumen, dan tentunya dapat mengakses akun di Future Skills selamanya. Enak banget, kan?

2. Menguasai Fundamental Excel oleh Coding Studio

Kursus Pelatihan Coding Studio Batch Excel
Tampilan Oleh Coding Studio

Kursus Excel yang dapat kamu ikuti secara online adalah ‘Menguasai Fundamental Excel’ yang diselenggarakan oleh Coding Studio. Kelas pelatihan ini sangat cocok bagi pemula yang ingin menguasai fitur dan rumus Excel, sehingga mampu menguasai penggunaan spreadsheet dengan mudah dan cepat.

Dalam satu sesi kursus ini, kamu akan mendapatkan berbagai pembelajaran mengenai:

  • Kegunaan atribut Excel
  • HLOOKUP, VLOOKUP, dan MATCH
  • Sort dan Autofilter
  • Data validation dan Consolidate, dll

Dengan membayar biaya sebesar Rp99.000, kamu akan mendapatkan dasar pembelajaran yang cukup lengkap karena Coding Studio akan menyediakan studi kasus yang dapat dipelajari oleh para peserta. Selain itu, kamu juga akan memperoleh sertifikat kelulusan sebagai tanda bahwa telah mengikuti pelatihan tersebut.

3. Microsoft Excel Basic to Advanced oleh MySkill

Kelas Excel Yang Terpercaya
Tampilan Oleh Myskill

Microsoft Excel menjadi salah satu software penting di berbagai perusahaan, baik lokal maupun asing. Oleh karena itu, bagi kamu yang mau melamar posisi di bagian administrasi dan pengolahan data wajib menguasai seluk-beluk Excel.

Supaya bisa mengusainya dengan cepat, cobalah untuk mengikuti Kursus Excel Online Bersertifikat secara intensif yang diadakan oleh MySkill dengan tema ‘Microsoft Excel Basic to Advanced’. Sebab, dalam kelas ini akan dibahas perihal:

  • Basic formula dan fungsi Excel
  • Data formatting dan cleansing
  • Conditional IF ELSE & formatting
  • Data validation
  • Vlookup dan index match, dll

Kamu pun dapat mengikuti batch 21 atau batch 22 yang diselenggarakan pada tanggal yang berbeda dengan biaya pendaftaran Rp390.000 (harga dapat berubah sewaktu-waktu). Sama halnya dengan kelas pelatihan online lainnya, kamu juga akan mendapatkan sertifikat kelulusan bahkan award (Penghargaan).

4. Kursus Microsoft Excel di Udemy

Kursus Excel Online Bersertifikat Gratis
Tampilan Oleh Udemy

Selain membuka Kelas Pembuatan CV Terbaik, Udemy juga menghadirkan beberapa program khusus Microsoft Excel, seperti: Microsoft Excel dari Dasar hingga Mahir, MS Excel Komplet, Pengenalan Excel untuk Pemula, dan lainnya.

Kamu dapat memilih kelas sesuai dengan kebutuhan dan materi yang ingin dipelajari. Tentunya biaya pendaftaran yang harus kamu bayarkan juga berbeda, akan tetapi rata-rata berkisar Rp100 ribuan hingga Rp500 ribuan untuk satu program atau satu kelas.

Di dalam kelas pelatihan khusus Microsoft Excel ini, para peserta akan mempelajari beberapa hal:

  • Analitik Excel, Grafik Excel, Tabel Pivot
  • Analisis Data
  • Makro Excel
  • Pintasan dan Kiat Excel
  • Formula dan Fungsi Excel, dll

Berminat untuk mengikuti kelas pelatihan Microsoft Excel di Udemy? Pastikan untuk memilih kelas dan program yang tepat, ya. Sesuaikan dengan kebutuhan atau posisi kamu ingin melamar kerja.

5. Microsoft Excel Membuat Laporan oleh BuildWithAngga

Latihan Excel Online
Tampilan Oleh Buildwithangga

Mungkin Kursus Excel Online Bersertifikat yang satu ini masih terdengar asing untukmu, tetapi program yang diusung oleh BuildWithAngga fokus memberikan edukasi mengenai Workspace, Tabel Excel, Formula Dasar, dan Studi Kasus Laporan.

Salah satu keunggulan kelas ini adalah materi yang mudah dipahami dan cukup menjawab kebutuhan para pemula yang baru saja ingin mengenal Microsoft Excel. Memang cukup simple jika dibandingkan dengan kelas lain, akan tetapi bagi kamu yang sedang mau mempelajari Excel dengan bahasa yang mudah, kelas ini lumayan recommended.

Selain itu kelas Microsoft Online di BuildWithAngga juga bisa kamu dapatkan secara gratis dan berbayar. Program gratis sangat cocok bagi starter atau pemula dan kelas berbayar Rp50 ribu disarankan bagi peserta yang hendak belajar materi-materi baru tentang Excel sekaligus mendapatkan sertifikat serta akses akun selamanya.

6. Kursus Excel Online oleh ITBOX

Training Excel Online
Tampilan Oleh Udemy

ITBOX juga membuka Kursus Excel Online Bersertifikat bagi para gen z atau pun milenial yang merasa kesulitan memahami materi-materi Excel di YouTube, ingin belajar lebih detail, dan memecahkan pekerjaan yang rumit.

Seperti yang kita tahu bahwa mendapatkan coach yang cocok dan mampu menjawab tantangan di era digital seperti sekarang gampang-gampang susah, sehingga ITBOX menghadirkan pembimbing yang benar-benar ahli dan terlatih secara profesional.

Materi yang akan dibahas di kelas khusus Microsoft Excel ini menyangkut pembahasan detail seputar:

  • Memahami tipe data di spreadsheet atau Excel
  • Pengenalan Cell Type dan visualisasi data dasar
  • Mengurutkan, mengelompokan data dan membuat laporan dengan Pivot Table (mulai dari mengurutkan data, Tiering, hingga membuat laporan interaktif dengan subtotals)

Perlu dicatat bahwa dalam setiap materi tersebut terdapat berbagai topik khusus yang akan kamu pelajari. Mau bergabung dengan kelas Excel dari ITBOX? Siapkan biaya kursusnya Rp239 ribu, ya!

7. Intermediate Microsoft Excel di Kelas Work

Kelas Excel Online Untuk Cari Kerja
Tampilan Oleh Kelas Work

Intermediate Microsoft Excel atau pembelajaran Microsoft Excel tingkat menengah umumnya dibutuhkan oleh para pekerja yang menduduki posisi atau jabatan sebagai administrator, akuntan, dan analisis laporan keuangan.

Jadi, kalau kamu mau mempelajari ilmu Excel di tingkat menengah seperti: CONCATENATE, IFNA, IFERROR, COUNTIFS, COUNTIF, SUMIFS, SUMIF, MATCH, INDEX, IF-OR, F-AND, VLOOKUP, HLOOKUP, dan sebagainya, maka kelas ini cukup solutif untukmu.

Hanya dengan Rp49 ribu saja kamu bisa mengikuti program pelatihan ini selama 2 jam 4 menit yang dibekali 1 Workbook dalam bentuk PDF.

Itulah 7 Kursus Excel Online Bersertifikat terbaik di Indonesia yang gratis dan berbayar, pastikan pilih sesuai kebutuhan dan posisi yang ingin kamu lamar, ya.

Tertarik untuk belajar excel secara gratis? Ikuti Kelas Online Memahami Penggunaan Microsoft Excel untuk Mengelola Pendataan di Future Skills sekarang!