5 Kursus/Kelas Pelatihan Pembuatan CV Terbaik

5 Kursus/Kelas Pelatihan Pembuatan CV Terbaik

Membekali diri untuk siap berkompetisi di dunia kerja bisa dilakukan melalui berbagai cara. Salah satunya adalah mengikuti kelas atau kursus pelatihan pembuatan CV terbaik yang saat ini menyediakan berbagai layanan yang mampu memberikan insight sekaligus dampak nyata bagi para pesertanya.

Kelas pelatihan pembuatan CV adalah sebuah platform atau akademi yang menyediakan berbagai program pelatihan untuk masyarakat terutama bagi fresh graduate dan mereka yang hendak meningkatkan self development agar mampu bersaing secara kompetitif.

Nah, saat ini ada beberapa kelas pelatihan khusus di Indonesia yang menyediakan program pembuatan CV secara online bagi para pesertanya. Untuk mengetahuinya, simak daftarnya berikut ini!

Rekomendasi Kelas Pelatihan Pembuatan CV Terbaik di Indonesia

1. Kelas Online Kiat Membuat CV yang Optimal dari Future Skills [Gratis]

Kelas Pelatihan Pembuatan Cv Online
Tampilan Oleh Future Skills

Kelas pelatihan pembuatan CV terbaik yang bisa kamu ikuti secara GRATIS dan diakses secara online adalah Future Skills.

Future Skills adalah platform belajar yang menyediakan berbagai kelas pelatihan untuk para mahasiswa, fresh graduate, dan kalangan dewasa untuk mempelajari hal-hal seputar pengembangan diri yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan skill, mempersiapkan diri memasuki dunia kerja, dan lainnya.

Tahukah kamu? Salah satu kelas yang paling populer di kalangan Gen-Z dan millenial di Future Skilss adalah Kiat Membuat CV yang Optimal, yakni sebuah kelas berisi materi pembuatan CV atau resume yang benar agar dilirik HRD dengan pembahasan yang super lengkap.

Mulai dari cara mengisi deskripsi diri di dalam CV, format penyusunan CV, hal-hal yang harus dihindari saat menulis CV, hingga aplikasi gratis untuk membuat CV dengan beragam template yang bisa kamu pilih.

Banyak manfaat atau kelebihan mengikuti kelas pelatihan pembuatan CV di Future Skills, seperti:

  • Pendaftaran kelas dapat diakses secara FREE (Gratis);
  • Waktu pendaftaran cukup lama, sehingga peserta bisa mempersiapkan diri dengan baik;
  • Materi dapat ditonton berkali-kali untuk mencatat poin penting yang harus diterapkan;
  • Terdapat Post Test yang dapat dikerjakan oleh peserta untuk mengukur kemampuan peserta dalam mengimplementasikan ilmu yang baru saja didapatkan dari kelas pelatihan;
  • Mendapatkan sertifikat pelatihan yang dapat dimanfaatkan untuk menambah portofolio di LinkedIn dan sebagainya;
  • Durasi pelatihan tidak memakan waktu yang lama dan mudah dipahami oleh peserta;
  • Cocok untuk gen-Z dan millenial yang ingin memperbaiki CV agar lebih baik dan menarik bagi HRD;
  • Dapat diikuti oleh peserta dari mana pun karena platform ini diakses secara online.

Makanya, Kelas Kiat Membuat CV yang Optimal ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin mendapat pelatihan khusus sebelum memasuki dunia kerja. Mudah, full insight, dan berilmu!

Walaupun banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kelas ini, sayangnya tidak ada sesi tanya jawab sehingga mungkin kurang bisa menjawab sebagian pertanyaan yang sudah kamu persiapkan sedari awal. Namun, secara keseluruhan materi yang diberikan sudah cukup lengkap sehingga nantinya kamu akan paham bagaimana cara membuat CV yang baik dan menarik di mata rekruter.

2. Cara Membuat CV yang Menarik dari Udemy

Kelas Pelatihan Membuat Cv Agar Dilirik Hrd
Tampilan Oleh Udemy

Kelas pelatihan pembuatan CV kedua yang bisa kamu ikuti adalah Udemy. Platform ini menawarkan berbagai macam kelas, termasuk program khusus untuk membuat CV atau resume menarik agar dilirik oleh HRD.

Setiap peserta yang ingin mengikuti kelas ini perlu menyiapkan alat tulis untuk mencatat poin-poin yang disampaikan oleh narasumber.

Selain itu, materi yang disajikan juga lengkap karena meliputi: pengertian CV, jenis-jenis CV, cara membuat CV yang menarik agar bisa menarik minat HRD, closing atau sesi penutupan, kuis evaluasi untuk mengukur seberapa jauh kemampuan peserta dalam memahami materi dan mengimplementasikan pengetahuannya secara langsung.

Dengan mengikuti kelas pembuatan CV di Udemy, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Video dapat diakses melalui laptop maupun ponsel;
  • Materi dapat diunduh oleh peserta;
  • Para peserta akan mendapatkan sertifikat kepesertaan;
  • Terdapat 6 sesi dalam satu kali pertemuan;
  • Dipandu oleh pelatih yang berwawasan, berpengalaman, dan mampu menjawab kebutuhan Gen-Z serta millenial;
  • Cocok untuk para fresh graduate dan para pencari kerja.

Kalau kamu suka penjelasan yang lebih panjang dan mungkin sedikit detail, maka Udemy bisa jadi opsi yang bagus. Namun sayangnya, setiap pendaftaran kelas kamu harus membayar yakni Rp329.000 untuk satu kelas yang diikuti.

3. Membuat CV agar Menarik Minat Perekrut oleh MySkill

Kelas Pelatihan Membuat Cv Untuk Fresh Graduate
Tampilan Oleh Myskill

MySkill juga membuka platform untuk mempelajari cara membuat CV yang menarik bagi para mahasiswa atau lulusan sekolah yang ingin memasuki dunia kerja. Salah satu kelebihan program pelatihan pembuatan CV di MySkill ini diisi oleh narasumber dari perusahaan ternama. Misalnya saja dari HR Professional dari Astra Group.

Kamu bahkan bisa melihat sejumlah testimoni positif dari para peserta yang sudah lebih dulu mengikuti kelas pelatihan pembuatan CV ini sebagai bahan pertimbangan untuk ikut bergabung.

Dari kelas yang diadakan oleh MySkill ini, kamu akan mendapatkan materi berupa penyusunan isi CV ringkas, efisien, dan jelas. Termasuk contoh CV fresh graduate dengan format ATS. Ada pula grup diskusi yang akan mempertemukanmu dengan orang-orang dengan tujuan yang sama, sehingga dapat bertukar pikiran.

Sementara untuk mendaftarkan diri, kamu bisa berlangganan dengan paket bulanan mulai dari Rp29.000 hingga Rp179.000.

4. Bedah CV untuk Sekolah ke LN, Beasiswa, dan Lamaran Kerja dari Skill Academy

Kursus Pelatihan Pembuatan Cv
Tampilan Oleh Skill Academy

Kalau kamu berencana untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri dari jalur mandiri maupun beasiswa dan melanjutkan kerja di sana, ikut kelas pelatihan di Skill Acamdemy bisa jadi pilihan yang bagus.

Sebab, dalam kelas pelatihan ini biasanya akan dipandu oleh narasumber yang sudah memiliki pengalaman dan kapasitas hidup di luar negeri (sesuai dengan judul pelatihannya), sehingga insight serta cerita yang dipaparkan kepada peserta bukan hanya sekadar opini, tetapi juga melihat realitas.

Sedikit berbeda dengan kelas pelatihan lain, kelas pelatihan pembuatan CV terbaik yang diselenggarakan oleh Skill Academy ini akan mengupas tuntas mengenai teknik dan cara membuat CV yang dapat menarik rekruter. Mulai dari pembahasan soal format penulisan CV, kesalahan umum penulisan CV, hal-hal yang perlu diperhatikan pelamar, dan sebagainya.

Tentu dengan tujuan agar CV bukan hanya menarik rekruter dari perusahaan lokal tetapi juga instansi/akademi/perusahaan di luar negeri.

Jika kamu mau mengikuti kelas pelatihan dari Skill Academy, pastikan telah menyiapkan waktu khusus agar bisa menyimak proses mentoring hingga selesai ya. Sebab, durasi pelatihan berlangsung kurang lebih 5 jam dengan 20 materi dan kamu perlu membayar biaya pendaftaran Rp135.000.

5. Kelas Pembuatan CV dan Membangun Portofolio oleh Pijar Mahir

Kelas Pelatihan Pembuatan Curriculum Vitae
Tampilan Oleh Pijar Mahir

Satu lagi nih kelas pembuatan CV terbaik yang bisa dijadikan opsi berikutnya untuk para mahasiswa, fresh graduate, pencari kerja, atau lainnya adalah kelas dari Pijar Mahir.

Perlu kamu ketahui bahwa Pijar Mahir membuka kelas dengan tema “Bangun Karirmu dengan CV dan Portofolio yang Dicari-cari Perusahaan”. Dalam kelas ini, kamu akan memperoleh materi seputar cara menyusun konten dalam CV dan membangun portofolio bagi pelamar kerja. Terutama kalau kamu seorang fresh graduate yang masih minim pengalaman di dunia kerja.

Ada pula materi mengenai pembelajaran fungsi CV, cara menggunakan CV sesuai kondisi pelamar kerja, dan memahami penggunaan CV saat dikirim ke perusahaan yang kamu lamar.

Beberapa kelebihan kelas pembuatan CV oleh Pijar Mahir ini adalah:

  • Jumlah peserta tidak terbatas, jadi tidak perlu khawatir kalau kamu tidak kebagian kuota;
  • Pengajar merupakan seorang yang berpengalaman lebih dari 7 tahun dalam bidang SDM;
  • Terdapat 4 bab atau sesi dalam sekali pelatihan yang tediri dari: Pengenalan dan Pentingnya CV serta Portofolio, Cara Memaksimalkan Komponen CV, Cara Menggunakan CV, dan Cara Menyusun CV;
  • Peserta bisa mengikuti Pre Test (Sebelum acara dimulai) dan Pos Test (Setelah mengikuti kursus) supaya dapat mengetahui perbedaan before and after-nya;
  • Mendapatkan sertifikat pelatihan yang dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jadi, di kelas Pijar Mahir ini kamu tidak hanya akan ditunjukkan cara membuat dan menggunakan CV dengan baik, tetapi juga cara mengembangkan portofolio agar makin memikat HRD maupun rekrutmen.

Nah, untuk setiap pendaftaran di kelas ini, peserta perlu membayar biaya sebesar Rp300.000 dengan mendapatkan sejumlah benefit tertentu.

Itulah lima kelas pelatihan pembuatan CV yang bisa kamu ikuti mulai dari sekarang dan tentukan sesuai kebutuhan kamu, ya.

Ikuti Kelas Online Kiat Membuat CV yang Optimal secara Gratis di Future Skills agar CV kamu dilirik Rekruter. Tunggu apa lagi? Daftar sekarang dan rasakan manfaatnya!