8 Contoh Kalimat Pembuka Presentasi yang Menarik dan Efektif

8 Contoh Kalimat Pembuka Presentasi yang Menarik dan Efektif

Bagaimana contoh kalimat pembuka presentasi yang menarik dan memantik rasa antusias audiens? Tentunya diperlukan beberapa trik dan metode tertentu agar pendengar benar-benar mau mengikuti sesi presentasi dari awal hingga akhir.

Seperti yang kamu ketahui bahwa menjadi seorang presenter haruslah mampu membawa suasana di dalam ruangan tampak ‘hidup’ dan berjalan kondusif. Bagian terpentingnya adalah pendengar benar-benar memahami informasi yang kamu sampaikan.

Makanya, selain memikirkan cara membuat PPT yang menarik, kamu juga harus menentukan kalimat pembuka saat presentasi.

Namun jangan khawatir, karena kami akan memberikan 10 contoh kalimat pembuka atau opening saat akan memulai presentasi.

Contoh Kalimat Pembuka Presentasi yang Menarik

1. Contoh Kalimat Pembuka Presentasi di Kantor

“Selamat pagi rekan-rekan yang telah hadir di meeting kali ini. Sebelum masuk ke inti pembahasan, saya ingin mengajak rekan-rekan membayangkan jika setiap langkah kita berisi harapan yang positif untuk masa depan yang lebih hijau dan bebas polusi. Sebab, saat ini kita berada di tengah-tengah perubahan besar yang menunjukkan bahwa kesadaran akan lingkungan semakin meningkat dan menjadi prioritas utama bagi banyak orang di seluruh dunia, terutama di Indonesia.

Oleh karena itu, hari ini kita akan mengeksplorasi fenomena yang menarik  ‘Bagaimana masyarakat mulai melirik dan memilih produk ramah lingkungan’. Bersama-sama, kita akan melihat bagaimana tren ini tidak hanya mengubah cara kita berbelanja, tetapi juga memberikan dampak positif bagi bumi yang kita cintai. Siapkah kita untuk mengupas lebih dalam dan menemukan peluang yang menanti di balik fenomena ini? Mari kita kupas dan bahas secara tuntas untuk membangun masa depan yang lebaik baik bagi generasi mendatang.”

2. Contoh Kalimat Pembuka Presentasi bagi Mahasiswa

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.. Selamat pagi teman-teman…

Ada burung terbang tinggi, hinggap sebentar di pohon randu.
Mari kita simak bersama ini, pentingnya etika dalam bisnisku.

Pada materi perkuliahan hari ini, izinkan saya untuk membahas topik yang sangat penting dan relevan bagi kita semua,  yaitu ‘Pentingnya Memperhatikan Etika Bisnis Saat Berjualan Produk ke Masyarakat’. Perlu kita pahami bersama jika dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, etika bukan hanya soal menaati aturan, tetapi juga tentang membangun kepercayaan dan menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan. Jadi, mari kita pelajari lebih dalam bagaimana etika bisnis dapat menjadi pondasi yang kokoh untuk kesuksesan bisnis atau usaha jangka panjang.”

3. Contoh Kalimat Pembuka Presentasi yang Menarik di Acara Seminar

“Salam sejahtera untuk kita semua..

‘Seorang ayah bukan hanya seorang pria yang memberi kehidupan, tetapi juga sosok yang harus mampu merawat dan mendengar untuk anak-anaknya.’

Selamat malam para peserta seminar yang saya doakan setiap harinya agar Anda mendapatkan kebaikan. Hari ini, kita berkumpul di dalam ruangan ini untuk membahas sebuah topik yang sangat penting dan penuh makna, yakni ‘Menjadi Ayah yang Mendengar Anak-Anak agar Generasi ke Depan Tidak Mengalami Fatherless.’

Dalam dunia yang semakin kompleks seperti sekarang, peran seorang ayah sangat krusial dalam membentuk karakter dan masa depan anak-anak kita. Mari kita eksplorasi bersama bagaimana menjadi ayah yang hadir, yang mendengar, dan yang benar-benar ada bagi anak-anak kita. Tapi, Anda pasti setuju kan bahwa peran ayah sangat penting bagi putra-putrinya? Iya atau tidak?”

4. Contoh Kalimat Pembuka Presentasi yang Efektif di Depan Klien

“Selamat siang bapak dan ibu sekalian.. Perkenalkan saya Hana, Staf Marketing dari perusahaan Bina Acuan dan pada hari ini izinkan saya untuk memaparkan hasil temuan kami terkait project yang akan kita laksanakan dua minggu lagi. 

Tahukah Anda bahwa menurut data dari Badan Pusat Statistik, sekitar 15% proyek pembangunan di Indonesia mengalami keterbengkalaian sebelum mencapai tahap penyelesaian? Angka ini bukan hanya mencerminkan kerugian finansial, tetapi juga dampak lingkungan dan sosial yang signifikan.

Maka dari itu, berdasarkan masalah dan isu yang berkembang, kami meyakini bahwa Bina Acuan dapat menjadi solusi untuk masalah ‘Pembangunan Berkelanjutan yang Tepat Sasaran agar Bangunan Tidak Terbengkalai.’ Dalam presentasi ini, kita akan melihat bagaimana pendekatan yang terencana dan berkelanjutan dapat memastikan setiap gedung yang dibangun tidak hanya selesai tepat waktu, tetapi juga berfungsi optimal dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan strategi yang kami tawarkan, kami percaya bahwa kita bisa mengurangi risiko keterbengkalaiannya proyek dan memastikan keberlanjutan serta keberhasilan setiap pembangunan yang kita lakukan. Mari kita mulai dengan mengeksplorasi lebih dalam bagaimana kita bisa mewujudkan visi ini bersama-sama.”

5. Contoh Kalimat Pembuka Presentasi yang Singkat

“Selamat pagi teman-teman! Saya harap, kita semua dalam keadaan sehat. 

Langsung saja ya, hari ini, kita memiliki misi penting untuk membersihkan Sungai Kalimalang dari sampah dalam waktu 2 jam. Sebagai organisasi yang berkomitmen untuk menjaga kebersihan sungai dan sarana publik, mari kita siapkan diri dengan baik dan bekerja sama untuk mencapai target ini. Bersama, kita bisa membuat perbedaan nyata bagi lingkungan kita. Ayo, kita mulai persiapannya sekarang!”

6. Contoh Kalimat Pembuka Presentasi yang Menarik di Depan Kelas

“Selamat pagi teman-teman semua,

Bunga mawar di taman indah (cakeeeep)
Harumnya sampai ke hati (cakeeeep)
Kelola budget dengan bijak dan ramah,
Usaha kecil pun akan berdiri

Hari ini kelompok kami akan mempresentasikan karya ilmiah berjudul ‘Cara Mengelola Budget untuk Memulai Usaha Kecil di Rumah.’ Pada sesi pertama, kami akan membahas langkah-langkah praktis dan strategi efektif untuk merencanakan keuangan sehingga usaha kecil yang kita impikan bisa terwujud dengan sukses. Jadi, mohon waktunya 30 menit ya, teman-teman”

7. Contoh Kalimat Pembuka Presentasi yang Menarik dan Lucu

“Selamat pagi orang baik dan sukses.. hiaaaah, udah sama belum kalimat saya dengan para motivator ketika di membuka sebuah forum? hehehe.

Bolehkah saya bertanya, siapa di sini yang pernah mencoba membuat konten lucu tapi malah jadi konten yang bikin teman-teman ngambek? Angkat tangan, jangan malu! Saya juga pernah kok, tenang saja.

Nama saya Emil, dan hari ini kita akan mengupas tuntas cara membuat konten yang bukan hanya lucu, tapi juga bisa bikin audiens ngakak sampai sakit perut saat membuka media sosial. Bayangkan, kita akan belajar trik-trik yang bisa bikin meme kucing Anda viral atau video lucu Anda jadi bahan gibahan seluruh masyarakat Indonesia bahkan sampai luar! Mau tahu tips dan triknya? Yuk, kita mulai!”

8. Contoh Kalimat Pembuka Presentasi yang Islami

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan untuk berkumpul di sini. Shalawat serta salam tak lupa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita sebagai umatnya.

Hari ini, kita akan membahas sebuah topik yang sangat penting bagi kita sebagai umat Muslim, yaitu ‘Makanan Halal Sangat Penting karena Akan Mempengaruhi Karakter Kita.’

Menjaga kehalalan makanan bukan hanya soal ketaatan kepada syariat, tetapi juga tentang menjaga keberkahan dan kesehatan dalam setiap aspek kehidupan kita. Harapan saya, diskusi ini nantinya mampu memberikan manfaat dan meningkatkan kesadaran kita semua akan pentingnya mengkonsumsi makanan halal dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat kita berada di luar negeri”

Tips Membuka Presentasi (Do & Don’t)

Untuk membuka presentasi, ada beberapa hal yang boleh dan sebaiknya tidak dilakukan, seperti:

Hal yang boleh dilakukan saat presentasi:

  • Memberikan salam pada audiens yang sudah datang;
  • Mendoakan kebaikan dan kesehatan untuk audiens;
  • Menyisipkan kutipan atau kalimat motivasi;
  • Menggunakan pantun di berbagai acara (bukan momen berkabung);
  • Tersenyum dan memasang wajah yang fresh;
  • Menyapa audiens untuk melihat antusiasme mereka.

Hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat presentasi:

  • Jangan memulai presentasi dengan meminta maaf karena sikap tersebut menunjukkan ketidakpercayaan diri;
  • Hindari penggunaan bahasa yang membosankan, mengulang-ulang kata, monoton, dan sebagainya;
  • Jangan terlihat terlalu membaca atau pun bergantung dengan slide.

Demikian beberapa contoh kalimat pembuka presentasi yang bisa kamu terapkan. Namun kalau kamu masih merasa kesulitan dan ingin tahu cara melakukan presentasi dengan baik agar jadi seorang presenter yang handal, cobalah ikuti kelas atau kursus teknik presentasi di Future Skills.

Tingkatkan skill presentasi kamu dengan mengikuti Kelas Online Presentasi yang Efektif dan Memikat secara Gratis di Future Skills sekarang!