Contoh Email Membatalkan Interview Kerja dan Tips Menulisnya

Contoh Email Membatalkan Interview Kerja dan Tips Menulisnya

Mendapat panggilan interview kerja memang jadi impian banyak orang. Meski begitu, tidak sedikit juga yang memilih membatalkannya karena beberapa alasan. Misalnya, sudah diterima kerja di tempat lain, kondisi kesehatan yang bermasalah, kehilangan minat pada jabatan yang dilamar, dan sebagainya.

Walaupun tidak berminat untuk datang interview, kamu juga harus mengirim email konfirmasi yang menyatakan bahwa tidak bisa hadir mengikuti tes wawancara. Sama halnya dengan cara membalas email panggilan interview, gunakan kalimat yang efektif, mudah dimengerti, dan tunjukkan profesionalisme kamu.

Berikut beberapa contoh email membatalkan interview kerja beserta alasannya!

Contoh Email Membatalkan Interview Kerja

Pelamar kerja yang tidak dapat mengikuti tes wawancara kerja, bahkan tidak juga mengajukan penjadwalan ulang biasanya memiliki alasan tersendiri.

Dari sederet contoh email di bawah ini, kamu akan mempelajari cara menulis email untuk membatalkan interview kerja disertai dengan alasannya.

1. Contoh Email Membatalkan Interview Kerja karena Sudah Bekerja di Tempat Lain

Subjek: Pembatalan Interview – Yunika Prastiya – Posisi Data Analyst

Kepada Yth. HRD PT. Monalika Jaya

Dengan hormat,

Saya ingin menginformasikan bahwa saya tidak dapat melanjutkan proses interview untuk posisi Data Analyst di PT. Monalika Jaya. Saya telah menerima tawaran pekerjaan dari perusahaan lain yang lebih sesuai dengan rencana karier saya.

Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan, serta waktu dan perhatian yang Anda curahkan dalam proses rekrutmen ini. Saya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin terjadi akibat pembatalan ini.

Hormat saya,

Yunika Prastiya

2. Membatalkan Interview Kerja karena Sakit

Subjek: Pembatalan Interview untuk Posisi Resepsionis – Rastika Wijaya

Yth. Tim Rekrutmen Hotel Seasalt

Dengan hormat,

Saya mohon maaf sekaligus menginformasikan bahwa saya tidak dapat menghadiri wawancara untuk posisi Resepsionis di Hotel Seasalt, Bali, yang dijadwalkan pada 17-10-2024. Hal ini dikarenakan saya harus menjalani operasi yang mendesak dan tidak dapat dihindari.

Saya sangat menghargai kesempatan yang telah diberikan oleh Hotel Seasalt karena telah memberikan kabar baik ini.

Sekali lagi, terima kasih atas pengertian Anda.

Hormat saya,
Rastika Wiajaya

3. Batal Mengikuti Interview karena Punya Kepentingan Mendesak

Subjek: Pembatalan Interview untuk Posisi Staff Administrasi

Yth. Bapak Andreas

HRD PT. Kodaksi di Jl. Mantri No.12, DIY

Dengan hormat,

Saya, Pita Tika, ingin menginformasikan bahwa saya tidak dapat melanjutkan proses interview untuk posisi Staff Administrasi yang dijadwalkan pada 20-9-2024 Hal ini dikarenakan adanya kepentingan mendesak yang harus saya prioritaskan.

Saya sangat mengapresiasi kesempatan yang telah diberikan oleh PT. Kodaksi dan memohon maaf atas keputusan ini.

Terima kasih atas perhatian Anda dan saya berharap PT. Kodaksi akan terus berkembang di masa depan.

Salam,
Pita Tika

4. Balasan Email Batal Interview karena Job Desk Kurang Cocok

Subjek: Pembatalan Interview untuk Posisi Staff Akuntansi

Yth. Tim Rekrutmen PT Keramik Kaca Indonesia

Dengan hormat,

Nama saya Dian Wiyoga, dan saya ingin menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk mengikuti interview pada 21 September 2024 sebagai Staff Akuntansi di PT Keramik Kaca Indonesia. Setelah mempertimbangkan dengan matang deskripsi pekerjaan yang telah dijelaskan, saya merasa bahwa tanggung jawab dalam posisi ini tidak sepenuhnya sesuai dengan passion dan arah karier yang ingin saya kembangkan di masa depan.

Oleh karena itu, dengan hormat saya ingin membatalkan jadwal interview yang telah ditetapkan. Saya sangat menghargai waktu dan usaha yang telah diluangkan oleh tim rekrutmen dalam proses ini.

Saya berharap PT Keramik Kaca Indonesia dapat menemukan kandidat yang lebih sesuai untuk posisi ini. Sekali lagi, terima kasih atas pengertian dan kesempatan yang telah diberikan.

Hormat saya,
Dian Wiyoga

5. Contoh Email Membatalkan Interview Kerja dalam Bahasa Inggris

Subject: Cancellation of Interview for Customer Service Position – Himari Hana

Dear Manager of Taruna Hiroshi Company

I am writing to inform you that I must cancel my interview for the Customer Service position at Taruna Hiroshi Company scheduled for 29-08-2024. Due to the significant distance between my residence and your office, combined with my current financial situation, I am unable to attend the interview.

Thank you for your understanding and for considering my application. I apologize for any inconvenience caused.

Sincerely,
Himari Hana

Tips Menulis Email untuk Membatalkan Interview Kerja

Menulis balasan email, terlebih lagi untuk mengkonfirmasi pembatalan tes wawancara kerja diperlukan beberapa tips agar kamu tetap mendapatkan kesan yang baik dan profesional di mata rekruter.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat membalas email ketidakhadiran saat interview kerja:

1. Jangan Menunda untuk Membalas Email dari Rekruter

Biasanya HRD atau pihak rekruter perusahaan akan langsung mengirim email pada para pelamar kerja apabila CV yang dikirim lewat email benar-benar relevan dan sesuai dengan posisi/jabatan yang mereka butuhkan.

Nah, karena HRD begitu cepat dan antusias dengan hal tersebut, usahakan untuk melakukan hal yang sama. Baik ketika kamu ingin menghadiri atau membatalkan tes interview kerja, selalu terapkan profesionalitas dalam keadaan apa pun.

Salah satu sikap profesional yang dimaksud adalah merespon dengan cepat, tidak menunda-nunda, apalagi mengabaikannya. Sebab, fast response seperti ini bukan hanya memberikan kesan yang baik bagi rekruter pada pelamar kerja, tetapi dari sisi perusahaan akan melakukan plan B, yakni memberikan kesempatan itu kepada kandidat lainnya.

Jadi, meskipun kamu ingin membatalkan tes wawancara kerja dan tidak bisa menghadirinya, berikan respon atau cepat balas email tersebut, ya.

2. Tulis Balasan Email dengan Padat dan Jelas

Jika kamu melihat contoh email membatalkan interview kerja di atas, kesannya sangat singkat, padat, dan jelas bukan? Ya, walaupun tidak minat untuk mengikuti tes wawancara kerja karena alasan tertentu, pastikan kamu menulis email balasan dengan rincian sebagai berikut:

  • Berisi Subjek yang jelas (Pembatalan Interview Kerja – Nama Kamu – Posisi yang Dilamar)
  • Tunjukkan salam yang profesional (Yth/Dear)
  • Berikan apresiasi terhadap perusahaan karena telah memberimu kesempatan untuk mengikuti wawancara kerja
  • Jelaskan alasan kamu membatalkan interview tersebut
  • Ucapkan permohonan maaf dan terima kasih pada rekruter
  • Tulis pula salam penutup

Setelah itu, lakukan proof reading dengan membaca ulang email yang akan kamu kirimkan untuk mengecek ada atau tidaknya kesalahan menulis. Jika dirasa semuanya sudah lengkap, barulah kirim.

3. Jadwalkan Ulang Jika Masih Tertarik

Kalau kamu masih tertarik dengan interview tersebut, akan tetapi tidak dapat menghadirinya karena di tanggal yang sama ada kepentingan mendesak dan perlu diprioritaskan, maka tidak ada salahnya untuk menanyakan pada rekruter mengenai waktu penjadwalan ulang interview kerja.

Apabila rekruter mengizinkan dan menyetujui permintaan kamu, maka ajukan segera konfirmasi dengan cepat supaya negosiasi berjalan lancar dengan kepastian dari kedua belah pihak.

Contoh menulis email interview kerja dan permohonan untuk reschedule atau penjadwalan ulang dapat kamu baca di website kami.

Dengan mengikuti tiga tips di atas, proses interview yang akan dijalankan oleh rekruter bisa berjalan sesuai jadwal dan sebagai pelamar pun kamu tetap terlihat profesional.

Mau lulus tes wawancara kerja di berbagai perusahaan? Kamu bisa mengikuti pelatihan dan tips lulus wawancara kerja di Future Skills untuk mendapatkan berbagai saran serta trik menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para rekruter.

Ikuti Kelas Online Tips Wawancara Kerja secara Gratis di Future Skills! Persiapkan interview kerja sebaik mungkin dari sekarang.