Cara Menanyakan Hasil Interview dan Contoh Kalimatnya

Cara Menanyakan Hasil Interview dan Contoh Kalimatnya

Menanyakan hasil interview adalah hak bagi para pelamar kerja untuk mengetahui diterima atau tidaknya dalam suatu peluang jabatan, sekaligus merupakan proses atau alur rekrutmen yang harus dijalankan dengan berbagai pertimbangan.

Misalnya saja untuk memperjelas status lamaran, mengelola ekspektasi pribadi, mendapatkan feedback atau alasan tertentu yang dapat digunakan sebagai bahan perbaikan oleh pelamar kerja, dan sebagainya.

Lantas, bagaimana cara menanyakan hasil interview atau wawancara kerja yang profesional, sopan, dan jelas supaya dibalas oleh HRD atau rekruter? Simak tips dan contoh kalimatnya di bawah ini!

Cara Menanyakan Hasil Interview

Menanyakan hasil interview merupakan hak para pelamar kerja untuk mengetahui hasil akhir usai melaksanakan tes wawancara kerja sesuai prosedur. Paling tidak, jika tidak diterima, maka pelamar kerja dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti tes interview atau menerima tawaran dari pekerjaan lain.

Namun bagaimana cara menanyakan hasil interview kerja?

1. Tunggu Waktu yang Tepat

Pengumuman hasil interview biasanya akan dilakukan paling lambat 7-14 hari setelah tes wawancara kerja. Paling cepat adalah tiga hari untuk jabatan tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak terburu-buru menanyakannya. Apalagi jika hal tersebut dilakukan H+1 usai wawancara kerja.

Hindari juga menanyakan hasil interview kerja di luar jam kerja (idealnya 08.00 – 16.00) karena dianggap tidak profesional dan paling fatal akan memberikan kesan buruk bagi HRD maupun user.

Pastikan, kamu tidak menanyakan hasil interview setiap hari dan tunggu konfirmasi langsung dari perusahaan melalui email atau WhatsApp.

2. Gunakan Bahasa yang Sopan

Untuk menanyakan interview kerja, gunakan bahasa yang sopan, baku/formal, dan tentunya jelas. Hindari menggunakan bahasa gaul, bahasa alay, apalagi menyingkat penggunaan kata.

Jangan sesekali mengirim pesan pada pihak perusahaan (HRD atau pun rekruter) dengan kata-kata kurang pantas. Seperti “P” atau “Hasil wawancara gimana bos?”

Kalimat tersebut menandakan bahwa kamu tidak memiliki kesiapan dalam berkomunikasi serta dianggap tidak mempunyai respect terhadap perusahaan.

3. Gunakan Kalimat yang Efektif dan Tidak Bertele-tele

Menanyakan hasil interview kerja bisa kamu lakukan dengan cara mengirim pesan melalui WhatsApp maupun email. Walaupun dapat dilakukan melalui dua saluran digital, akan tetapi kamu cukup memilih salah satunya saja.

Jika sudah mengirim pesan atau menanyakan hasil wawancara lewat email, maka tidak perlu mengulanginya melalui WhatsApp. Tindakan seperti ini akan membuatmu terkesan tidak sabaran. Kecuali jika email yang kamu kirim tidak mendapat balasan lebih dari 3-7 hari karena bisa saja pesan masuk dalam kotak spam.

Nah, yang paling penting adalah gunakan kalimat yang efektif, singkat, tidak basa-basi terlalu banyak, dan tidak bertele-tele. Langsung saja to the point dan sampaikan maksud serta tujuan kamu.

Gunakan pula kalimat sapaan seperti halnya saat kamu kirim email berisi lamaran pekerjaan. Misalnya “Selamat pagi, Pak” atau “Selamat siang, Bu”.

4. Tunjukkan Antusiasme

Walaupun hasilnya belum pasti, tetapi tetaplah menunjukkan antusiasme dengan hasil interview yang akan kamu peroleh. Sebab, dengan memperlihatkan rasa ketertarikan dan excitement, maka perusahaan akan menganggap kamu adalah orang yang positif.

Selain itu, awali juga dengan penjelasan singkat apabila pihak perusahaan ternyata tidak memberikan kabar seperti yang dijanjikan saat sesi wawancara berlangsung.

Contoh: “Maaf, Bapak/Ibu. Sehubungan dengan pelaksanaan wawancara yang dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2024, apakah sudah ada pengumuman terkait hasil wawancara? Karena waktu pemberitahuan sudah melampaui jadwal yang ditetapkan. Saya sangat antusias apabila memiliki kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan (Nama perusahaan). Terima kasih”

Contoh Kalimat Menanyakan Hasil Interview

Contoh dalam Bahasa Indonesia

Yth. (Nama Pewawancara atau Nama HRD perusahaan)

Selamat pagi, Bu. Saya ingin mengetahui hasil interview yang telah dilakukan pada tanggal 27 September 2024 untuk posisi Customer Service di Perusahaan Telekommunikesyen. Saya berharap memiliki kesempatan untuk bergabung dengan tim Anda dan memberikan kontribusi terbaik untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan di bidang komunikasi, terutama dalam upaya perusahaan meningkatkan layanan pelanggan di tingkat nasional maupun internasional.

Apakah Bapak/Ibu dapat memberikan informasi terbaru mengenai status lamaran saya? Saya sangat berharap dapat berkontribusi dengan kemampuan saya dan bergabung dengan Perusahaan Telekomuniksyen.

Terima kasih atas pertimbangannya.

Hormat saya,

(Nama kamu)

Contoh dalam Bahasa Inggris

Subject: Follow-Up on Interview for [Position Name]


Dear Mr. Abjad


I hope this message finds you well. I recently had the opportunity to interview for the Customer Service role on 28-10-2024. I would like to follow up and inquire about the status of my application.


I am very enthusiastic about the possibility of joining Yogan TY Corp and contributing to the team. If there are any further steps or information required from my end, please let me know.


Thank you for considering my application. I look forward to your response.


Best regards,
Ari Wibowo


Sekarang sudah tahu kan cara menanyakan hasil interview kerja melalui email? Selain itu, kamu juga bisa melakukan konfirmasi melalui WhatsApp apabila pihak HRD memberikan informasi lewat aplikasi chat tersebut. 


Ingin lulus wawancara kerja atau mampu menguasai situasi saat proses interview kerja? Coba daftarkan diri kamu ke kelas Tips Wawancara Kerja di Future Skills untuk mendapatkan berbagai pengetahuan, tips, trik, dan cara menghadapi interview terutama bagi para pemula.

Ikuti Kelas Online Tips Wawancara Kerja secara Gratis di Future Skills! Persiapkan interview kerja sebaik mungkin dari sekarang.