Asah Pengetahuan dan Keterampilan Melalui Program Future Skills for University

Asah Pengetahuan dan Keterampilan Melalui Program Future Skills for University

Dunia telah memasuki revolusi industri 5.0 yang membawa perubahan besar dalam pola pikir, cara bekerja, dan interaksi manusia dengan teknologi. Era ini menandai kolaborasi erat antara manusia dan teknologi yang menciptakan perubahan dalam struktur pekerjaan. Beberapa pekerjaan hilang dengan adanya industri 5.0, namun seiring dengan itu muncul pula berbagai peluang pekerjaan baru yang dikenal sebagai future jobs. Generasi muda memerlukan future skills agar bisa menghadapi future job, oleh karena itu Future Skills menyelenggarakan kuliah online gratis selama satu semester dalam program Future Skills for University. 

Program Future Skills for University

Diselenggarakan sebanyak 8 batch dan akan memasuki batch ke 9 dan 10 di tahun 2024. Future Skills bekerja sama dengan para mitra yang memiliki berbagai latar belakang, baik industri, komunitas, pendidikan tinggi, dan lembaga pemerintah untuk menyelenggarakan perkuliahan selama satu semester. Peserta Future Skills for University akan merasakan kuliah online gratis dengan praktisi di dunia industri dan mendapatkan ilmu yang tidak didapatkan saat di bangku kuliah. 

Terdapat 5 mata kuliah yang dapat dipilih oleh peserta, yaitu:

  1. Sociopreneurship

  2. Future Leader and Organization

  3. Green Planet and Future Living

  4. Digital Society and Human Behaviour

  5. Futurpreneur and Business Innovation

Bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada dan Universitas Airlangga, peserta akan mengikuti perkuliahan yang disusun berdasarkan kurikulum pendidikan tinggi. Sehingga, para peserta yang terlibat dapat melakukan konversi SKS di masing-masing kampus setelah menyelesaikan pembelajaran selama satu semester. Pada akhir perkuliahan, peserta juga akan mendapatkan sertifikat yang bisa dilampirkan sebagai bukti keikutsertaan dalam  pendidikan non-formal.

Selain program utama Future Skills for University, Future Skills juga menawarkan program unggulan lainnya seperti Future Career Class. Program ini menyediakan berbagai kelas online yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja, membahas sejumlah soft skills dan hard skills yang relevan sebagai persiapan esensial untuk nantinya terjun di dunia kerja. Materi yang disajikan mencakup berbagai aspek kehidupan kerja serta persiapan untuk menghadapi tantangan kerja yang terus berubah.

Tidak hanya itu, sejak tahun 2019 Future Skills telah menjalankan program perkuliahan gratis bersama perusahaan-perusahaan korporat terkemuka. Contoh program yang berhasil diselenggarakan adalah Microsoft Berpijar dan DBS Berpijar yang telah memasuki batch ke-2. Dalam program ini, peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan praktis tetapi juga memperluas jaringan profesional melalui interaksi langsung dengan perwakilan perusahaan tersebut.

 

Baca Juga

10 Istilah Singkatan yang Ada Kaitannya dengan Future Skills

Aquaculture Indonesia: Kunci Jawaban Krisis Pangan Dunia?

 

Future Skills berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang bermutu tinggi dan inklusif bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Sudah ada 70.113 talenta yang berkembang bersama Future Skills melalui 1.392 kelas dengan 758 mentor dan lebih dari 100 mitra kolaborator. Program-program Future Skills tidak hanya mencetak individu yang siap terjun ke dunia kerja, tetapi juga membantu menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan di berbagai sektor. Dengan demikian, Future Skills tidak hanya menjadi wahana pendidikan, tetapi juga menjadi katalisator perubahan positif dalam menghadapi dinamika dunia kerja yang terus berkembang.

Sebentar lagi, Future Skills akan membuka Future Skills for University batch 9! Pendaftaran dan registrasi akan dibuka mulai tanggal 22 Januari 2024. Bagi kamu yang ingin mengasah keterampilan dan kuliah satu semester secara gratis bisa kunjungi futureskills.id 

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengembangkan diri dengan cara yang menyenangkan dan bermanfaat. Let’s dive into the future together!