5 Kursus untuk Mengoptimalkan Profil Linkedin [Gratis & Berbayar]

5 Kursus untuk Mengoptimalkan Profil Linkedin [Gratis & Berbayar]

Membuat dan mengembangkan personal branding bagi para pencari kerja, fresh graduate, hingga pebisnis dapat dilakukan melalui berbagai cara. Salah satunya lewat profil LinkedIn. Kok bisa?

Lewat optimasi konten dan komponen di profil LinkedIn, kamu bisa menarik berbagai peluang menarik, seperti pekerjaan yang diidam-idamkan, membangun banyak relasi dan koneksi, tawaran kerja sama yang menarik, hingga urusan bisnis.

LinkedIn merupakan jaringan atau platform yang menghubungkan para pengguna dari berbagai latar belakang, pekerjaan, dan minat untuk membangun hubungan yang profesional.

Makanya, bagi kamu yang sedang mencari atau melamar kerja, tetapi belum mendapatkan panggilan, coba deh buat profil LinkedIn kamu terlihat memikat!

Berikut beberapa kursus untuk mengoptimalkan profil LinkedIn kamu agar bisa memikat HRD perusahaan, recruiter, hingga pebisnis!

1. Kelas Online Memanfaatkan LinkedIn untuk Pencarian Kerja by Future Skills [Gratis]

Jika kamu sudah melakukan berbagai cara dalam mencari pekerjaan dan memasukkan lamaran kerja satu per satu, tetapi tak kunjung mendapatkan panggilan juga, maka saatnya manfaatkan LinkedIn untuk membentuk personal branding serta mencari pekerjaan secara online.

Nah, berangkat dari masalah tersebut, Future Skills pun membuka kursus untuk mengoptimalkan profil Linkedin guna mengajari para job seeker, fresh graduate, dan lainnya untuk menggunakan platform LinkedIn secara efektif dalam proses mencari pekerjaan sesuai bakat/minat/passion, dan sebagainya.

Para peserta akan diajarkan cara menulis ringkasan diri dengan menonjolkan keahlian serta pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamarnya. Selain itu, ada pula pembelajaran mengenai penggunaan kata kunci (keyword) yang tepat dan optimasi profil kamu di LinkedIn agar visibilitas (peluang agar dilihat oleh orang lain) meningkat dalam hasil pencarian.

Bukan hanya itu saja, kamu juga akan mempelajari hal penting lainnya seperti cara mengembangkan networking, cara berinteraksi secara profesional di bidang yang diminati, serta memanfaatkan seluruh fitur LinkedIn, dan sebagainya.

Penasaran apa saja yang akan kamu dapat di kursus Memanfaatkan LinkedIn untuk Pencarian Kerja ini?

  • Kursus gratis (Free) tanpa biaya;
  • Durasi kursus dilaksanakan dalam waktu kurang lebih 51 menit;
  • Terdapat empat sesi, mulai dari mengembangkan akun LinkedIn, Mengembangkan koneksi dan relasi, mencari pekerjaan LinkedIn, dan terakhir ujian sertifikat;
  • Setiap peserta akan mendapatkan materi berupa dokumen yang dapat dipelajari secara langsung;
  • Peserta dapat mengakses akun miliknya selamanya;
  • Dilatih atau dipandu oleh.

Kalau CV sudah bagus, maka saatnya manfaatkan LinkedIn untuk mencari kerja dan optimalkan konten di dalamnya!

2. Belajar Mengoptimalkan LinkedIn untuk Meningkatkan Personal Branding Kamu by Pijar Mahir

Pernahkah kamu merasa sudah membuat profil LinkedIn yang menarik tetapi tak kunjung mendapatkan pesan positif yang berisi penawaran kerja, ajakan kerja sama, atau bahkan panggilan kerja dari sebuah perusahaan yang sebelumnya kamu lamar? Kursus ini bisa jadi opsi berikutnya untuk kamu ikuti.

Dengan tema “Belajar Mengoptimalkan LinkedIn untuk Meningkatkan Personal Branding Kamu”, Pijar Mahir ingin memberikan pengetahuan dalam mengoptimalkan profil LinkedIn kamu agar dapat meningkatkan citra diri (personal branding) di dunia kerja secara profesional. 

Melalui pelatihan ini pula, nantinya kamu akan diajarkan cara meningkatkan kualitas konten yang kamu buat di halaman atau profil LinkedIn milikmu. Kamu juga akan mendapatkan sampel atau contoh profil yang menarik HR atau recruiter dan juga profil LinkedIn yang dianggap buruk, sehingga kamu akan mendapatkan gambaran saat membuat profil LinkedIn yang menarik.

Apa saja keuntungan mengikuti kursus dari Pijar Mahir?

  • Biaya pendaftaran per peserta Rp250 ribu;
  • Durasi kursus 147 menit 56 detik;
  • Jenis pelatihan umum/tingkat dasar;
  • Peserta mendapatkan 8 jenis materi, mulai dari Pre Test terlebih dahulu, kemudian masuk ke dalam materi atau pembahasan seputar Linkedin dan seluk beluknya, hingga Post Test dan sertifikat;
  • Peserta akan melewati beberapa sesi untuk mengukur aspek kemampuan masing-masing (Mulai dari Kompetensi atau pengetahuan Keterampilan atau skill, hingga sikap atau attitude);
  • Kelas dapat diakses selamanya.

3. Belajar Membuat Tampilan Linkedin yang Profesional by Udemy

Mencari pekerjaan saat ini bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, mengingat banyak pesaing dan kualifikasi untuk lulus tes serta wawancara di sebuah perusahaan memerlukan usaha yang tak sedikit. Bahkan sudah mengirim CV lamaran pekerjaan pun juga tak membuahkan hasil. 

Padahal untuk bisa bekerja di suatu perusahaan, calon pelamar kerja harus melalui beberapa tahapan. Mulai dari memasukkan lamaran kerja, tahap screening, tes, dan menjawab pertanyaan interview kerja yang cukup mind blowing.

Di Indonesia sendiri, makin banyak portofolio dan pengalaman kerja yang dimiliki seseorang, makin besar pula dirinya akan mendapatkan offering atau penawaran dari perusahaan tertentu. Salah satunya melalui profil LinkedIn. Oleh karena itu, penting saat ini membangun branding melalui profil LinkedIn dan mengoptimalkannya agar kesempatan yang datang juga kian tinggi. 

Namun, bagaimana cara menarik recruiter atau HR perusahaan agar melirik profil Linkedin kamu? Nah, kursus online yang satu ini akan menjawab kebutuhan kamu.

Berikut manfaat mengikuti kursus untuk mengoptimalkan profil Linkedin di Udemy:

  • Biaya pendaftaran tiap peserta Rp129 ribu;
  • Kelas berlangsung selama 1 jam 5 menit yang terdiri dari 7 sesi;
  • Diperuntukkan bagi para fresh graduate dan pelamar kerja;
  • Dipandu dan mentori oleh Cariilmu, yakni lembaga pelatihan yang menyediakan online training bagi para pencari kerja atau calon karyawan yang ingin bekerja sebagai freelancer, karyawan kantoran, bisnis, dan sebagainya;
  • Peserta akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan sebagaimana mestinya;
  • Peserta dapat mengakses akun miliknya selamanya.

4. Membangun Profil LinkedIn yang Baik by MySkill

Jika menulis skill di CV harus optimal agar dilirik oleh HRD atau recruiter, maka hal yang sama juga berlaku saat membangun profil LinkedIn kamu.

Nah, kursus ini bertujuan untuk memberikan arahan atau pengetahuan bagi para peserta agar dapat mengoptimalkan profil LinkedIn secara efektif dan mampu menarik perusahaan tertentu. Maka dari itu, dalam materi “Membangun Profil Linkedin yang Baik”, kamu akan belajar komponen-komponen kunci profil di LinkedIn, termasuk pentingnya menggunakan foto dan sampul yang tepat & profesional, serta cara menyusun judul dan rangkuman yang mencerminkan identitas kamu sebagai pelamar kerja yang dedikatif serta profesional di mata recruiter.

Setidaknya kamu memiliki branding yang kuat serta memberikan kesan pertama yang baik dan positif melalui komponen tersebut.

Selain itu, kamu pun akan mendapatkan wawasan penting untuk membangun profil LinkedIn yang menarik,  meningkatkan relasi/jaringan/jangkauan profesional yang nyata, dan memperkuat personal branding dalam dunia kerja.

Apa saja yang akan kamu dapatkan dengan mengikuti kursus membangun profil Linkedin ini?

  • Terdapat 6 materi yang akan dipelajari;
  • Kursus akan dimentori atau dilatih oleh HR Profesional dari Astra Group;
  • Peserta mendapatkan modul untuk praktik;
  • Tersedianya grup diskusi untuk bertukar pikiran;
  • Peserta akan mendapatkan sertifikat usai menyelesaikan kursus secara lengkap.

5. Strategi LinkedIn Marketing Terbaik untuk Bisnis by Skil Academy

Penggunaan LikedIn bukan hanya untuk mencari kerja, akan tetapi juga dapat kamu manfaatkan untuk mengoptimalkan pemasaran produk maupun jasa kepada pihak kedua, ketiga, dan lain-lain.

Kenapa bisa begitu? Sebagai platform profesional yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia, LikedIn bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan mendapatkan seputar informsi lowongan pekerjaan. Lebih dari itu, kamu dapat menggunakannya untuk memasarkan produk bisnis B2B yang dianggap lebih mampu mendatangkan peluang serta prospek positif jangka panjang.

Inilah manfaat mengikuti pelatihan kursus online “Strategi LinkedIn Marketing Terbaik untuk Bisnis”:

  • Biaya pendaftaran Rp270 ribu per peserta;
  • Terdiri dari 8 topik dan 44 materi yang akan dibahas dengan durasi 6 jam 5 menit;
  • Terdapat Pre Test dan Post test bagi peserta untuk mengukur pengetahuan serta kemampuan masing-masing;
  • Konten kelas berisi 29 video, 7 kuis, dan 8 dokumen yang dapat diakses peserta selamanya;
  • Peserta akan mendapatkan sertifikat kursus yang diperoleh usai menyelesaikan kelas;
  • Cocok bagi peserta yang sedang terjun di dunia digital marketing.

Dari sekian kursus untuk mengoptimalkan profil Linkedin di atas, kamu dapat mengikuti satu atau lebih dari itu agar makin banyak pengetahuan dan informasi yang diperoleh. Apalagi makin berkembangnya zaman, perubahan tren dan tuntutan kerja juga kemungkinan berubah.

Ingin berlajar membuat profil linkedIn yang menarik agar dilirik HR? Ikuti Kelas Online Memanfaatkan LinkedIn untuk Pencarian Kerja di Future Skills sekarang!