Cara Daftar Mitra Magang Kampus Merdeka di Future Skills dan Keuntungannya

Cara Daftar Mitra Magang Kampus Merdeka di Future Skills dan Keuntungannya

Cara daftar mitra magang Kampus Merdeka di Future Skills sangatlah mudah, karena setiap universitas serta perusahaan hanya perlu melakukan beberapa langkah saja.

Tahukah kamu? Dengan bergabung kemitraan, maka tiap-tiap universitas akan mendapatkan berbagai macam benefit atau keuntungan yang bisa dikembangkan lebih luas. Baik dari segi internal maupun eksternal.

Misalnya saja, universitas mampu menciptakan lulusan-lulusan terbaik dan berkualitas melalui program magang. Dengan begitu, bukan hanya menguntungkan pihak kampus, tetapi juga manfaat magang bagi perusahaan pun dapat dirasakan.

Oleh karena itu, kalau mau bergabung dengan mitra magang Kampus Merdeka, simak terlebih dahulu panduan lengkapnya di bawah ini, ya!

Apa itu Mitra Magang Kampus Merdeka?

Mitra Magang Kampus Merdeka adalah program kemitraan yang dilakukan melalui Future Skills by Pijar Foundation dengan tujuan untuk memberikan edukasi, mengasah keterampilan, serta membantu terbentuknya ekosistem talenta di Indonesia dengan sistem kolaborasi bersama berbagai mitra, baik untuk universitas maupun industri.

Nah, lewat program MBKM, yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbudristek) dengan tujuan untuk menciptakan lulusan perguruan tinggi yang berkualitas, maka diharapkan keberadaan platform magang seperti Future Skills ini bisa menjadi wadah bagi universitas. Khususnya untuk mencetak lulusan yang mumpuni di bidangnya.

Selain itu, program kemitraan Kampus Merdeka ini juga membuka kesempatan bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk membangun masa depan, terutama membentuk generasi mendatang lewat pendidikan yang inklusif dan berkualitas.

Jadi, dengan adanya kolaborasi antara platform belajar dengan universitas dan perusahaan, maka diharapkan seluruh pihak dapat mencapai tujuan bersama yang saling menguntungkan. Khususnya untuk menciptakan generasi yang mengerti cara mengembangkan potensi diri mereka dalam menggapai impiannya.

Keuntungan Menjadi Mitra Magang Kampus Merdeka

Ada beberapa keuntungan utama menjadi mitra magang Kampus Merdeka, antara lain:

1. Tersedianya Platform untuk Membuka Kelas Pelatihan

Para mitra dapat membuka kelas seperti kursus atau pelatihan online melalui program Kampus Merdeka ini untuk mengedukasi serta mengembangkan keterampilan para calon tenaga kerja, terutama fresh graduate sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Sebagai timbal baliknya, branding universitas atau perusahaan pun turut meningkat. Sebagai contoh, Kelas Online Pelatihan Komunikasi masuk dalam daftar konten populer di Future Skills karena jumlah peserta yang mengikuti kelas tersebut tembus 2695.

2. Kolaborator Dapat Melakukan Stakeholder Management

Kampus Merdeka juga akan menyediakan fasilitas bagi kolaborator untuk melakukan stakeholder management yang berkaitan dengan:

  • Mengelola sistem pembelajaran atau mentoring
  • Dibekali akses untuk melakukan pembelajaran melalui konferensi video, sehingga dapat menyampaikan informasi pada peserta magang
  • Menyediakan konten pembelajaran yang dapat diakses oleh peserta magang
  • Penyediaan alat untuk menilai peserta magang (bisa melalui post test)
  • Terlibat dalam event networking yang mempertemukan antara mitra terkait dengan peserta magang, dll

3. Berkesempatan Mendapatkan Talent Pool Berkualitas yang Siap Magang dan Kerja

Lewat magang dan pembukaan kelas di Future Skills, kolaborator juga berkesempatan memperoleh talent pool yang diinginkan.

Talent pool adalah sekumpulan individu yang memiliki keterampilan, pengalaman, pengetahuan, dan keahlian yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan, sehingga peluang mereka untuk mendapat panggilan kerja di masa yang akan datang lebih besar.

Apa manfaat bagi perusahaan? Dari segi biaya, pengeluaran untuk rekrutmen jauh lebih rendah karena waktu serta metode yang digunakan lebih efektif dan efisien.

4. Dilengkapi Tool bagi Kolaborator untuk Melakukan Branding

Program Mitra Magang Kampus Merdeka di Future Skills ini juga telah dibekali dengan berbagai tool yang dapat dimanfaatkan, baik langsung dan tidak langsung oleh kolaborator untuk melakukan branding universitas maupun perusahaan.

Tujuannya adalah agar citra kolaborator meningkat, mendapatkan investor di masa depan, dan makin dikenal oleh peserta magang hingga mitra lainnya yang bergabung dengan Kampus Merdeka di Future Skills.

Lantas bagaimana cara daftar mitra magang Kampus Merdeka di Future Skills? Mari catat tutorialnya di bawah ini.

Cara Daftar Menjadi Mitra Magang Kampus Merdeka di Future Skills

Inilah cara daftar mitra magang Kampus Merdeka di Future Skills:

  1. Buka laman gabung mitra
    Cara Gabung Jadi Mitra Future Skills
  2. Scroll ke bawah dan klik Daftar Sekarang
    Daftar Mitra Di Future Skills
  3. Isi Form Pendaftaran Mitra Future Skills by Pijar Foundation secara lengkap
    Submit Pendaftaran Mitra Di Future Skills
  4. Klik Submit
  5. Kemudian, cek email secara berkala untuk mendapatkan jawaban dari Future Skills
  6. Jika lolos dan memenuhi kualifikasi, maka akan dihubungi oleh pihak PIC Future Skills

Ternyata, mudah ya cara bergabung program kemitraan Kampus Merdeka di Future Skills. Tidak perlu menggunakan proses yang ribet dan dapat dilakukan via online.

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan bagi Kolaborator sebelum Jadi Mitra Future Skills

Bagi setiap universitas maupun perusahaan yang ingin menjadi mitra Future Skills, penting sekali memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Identifikasi kebutuhan dan tujuan mengikuti program mitra magang Kampus Merdeka di Future Skiils
  • Pikirkan struktur dan program kelas/magang yang akan diselenggarakan (Mulai dari pemilihan mentor, jadwal kelas, durasi, materi, dan sebagainya)
  • Tanyakan atau minta penjelasan lengkap mengenai program-program dan kerja sama yang ditawarkan oleh pihak penyedia layanan
  • Koordinasikan program magang atau event yang mau diselenggarakan
  • Siapkan administrasi sesuai dengan kesepakatan kerja sama atau kolaborasi

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara daftar mitra magang kampus Kampus Merdeka Future Skills dan segala persiapannya. Ingin menciptakan lulusan unversitas yang hebat di masa depan dan memiliki soft skill serta hard skill yang memenuhi kualifikasi perusahaan? Langsung saja daftar menjadi Mitra Magang Kampus Merdeka di Future Skills.

Temukan peluang kerja sama yang menguntungkan dengan bergabung menjadi mitra di Future Skills.