Pelatihan ASN Berpijar untuk Meningkatkan Keterampilan Aparatur Sipil Negara di Era Digital

Pelatihan ASN Berpijar untuk Meningkatkan Keterampilan Aparatur Sipil Negara di Era Digital

Era digital yang berkembang dengan cepat pada akhirnya juga menuntut Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia untuk senantiasa memperbarui keterampilannya. Berangkat dari kesadaran tersebut, muncullah program pelatihan ASN Berpijar atau sebuah inisiatif kolaboratif antara Future Skills by Pijar Foundation dan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

ASN Berpijar adalah program pengembangan kapasitas yang diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan pelatihan skill pada Aparatur Sipil Negara dalam menghadapi tantangan teknologi yang dinilai sangat dinamis.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk mempersiapkan ASN agar lebih siap dalam menghadapi tantangan yang timbul di era digital, sehingga membentuk pribadi yang kompeten dan berintegritas.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program ini, simak penjelasannya di bawah ini sampai selesai!

Deskripsi Program

Program pelatihan ASN Berpijar dirancang untuk mengembangkan atau menumbuhkan keterampilan para ASN sehingga lebih capable dalam mengatasi berbagai problematika sekaligus tantangan di masa depan.

Bekerjasama dengan Future Skills by Pijar Foundation, program ini menawarkan pelatihan di berbagai bidang, mulai dari analisis data, optimalisasi teknologi AI, penggunaan aplikasi editing video, manajemen proyek digital, hingga pelatihan skill yang kemungkinan muncul di masa mendatang.

Pelatihan ini tidak hanya mengarah pada peningkatan keterampilan teknis tetapi juga pada pengembangan kapasitas kepemimpinan dan strategi yang efektif, sehingga memungkinkan para ASN untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat dalam menghadapi tantangan teknologi, metode, serta budaya kerja.

Apalagi saat ini penggunaan AI dan otomatisasi makin dikembangkan serta dipergunakan oleh sebagian besar lini bisnis dan cakupan perusahaan, sehingga penting bagi ASN untuk turut meng-upgrade skill supaya tidak tertinggal.

Manfaat Program untuk ASN

Manfaat utama program pelatihan ASN Berpijar adalah peningkatan kualitas serta kuantitas keterampilan dan pengetahuan yang memungkinkan Aparatur Sipil Negara untuk bekerja lebih efisien dan efektif, sehingga kapasitasnya dalam mewujudkan inovasi yang berkelanjutan juga turut meningkat.

Selain itu, program ini juga memperkaya ASN dengan berbagai soft skill terutama keahlian dalam menciptakan komunikasi yang efektif serta kepemimpinan yang mampu memimpin proyek, memberikan motivasi, arahan, serta memunculkan inisiatif dalam dunia kerja.

Keterampilan tersebut sangat penting di era digital seperti sekarang karena kerja sama tim dan kolaborasi lintas departemen menjadi kunci keberhasilan untuk mencapai tujuan bersama. Jadi, ASN yang terlatih juga akan lebih siap untuk menghadapi tantangan kebijakan dan administrasi yang kompleks.

Rekomendasi Program Kelas untuk ASN yang Bisa Diikuti

Sebelum mengikuti program kelas yang telah disiapkan oleh ASN berpijar, ada beberapa kelompok materi pembelajaran yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, seperti:

  • Resiliensi diri atau kemampuan seseorang untuk pulih dari rasa sakit/trauma/hal-hal yang mengganggu produktivitasnya
  • Keterampilan digital seperti mengoperasikan tools AI, aplikasi edit video, dan sebagainya
  • GEDSI (Gender Equality, Disability, and Social Inclusion)
  • Berpikir kritis
  • Mengelola hubungan kerja produktif
  • Future media management
  • UI/UX
  • Organisation branding
  • Sosial kultural

Tujuan memilih kelompok pembelajaran bagi para ASN sebenarnya adalah agar peserta dapat masuk dan mempelajari materi maupun topik yang disesuaikan dengan kebutuhannya, sehingga soft skill atau hard skill yang dirasa perlu dikembangkan dapat dioptimalkan dengan baik.

Sementara itu, beberapa program juga sudah resmi dibuka, sehingga bagi para ASN dapat mendaftar mulai dari sekarang. Berikut ini beberapa kelas yang telah dibuka dan dapat kamu ikuti:

1. Mastering CapCut

Kelas Mastering CapCut berisi materi tentang cara pengeditan video menggunakan aplikasi populer yakni CapCut, mulai dari teknik dasar, penggunaan efek visual, cara mengoptimalkan konten, dan sebagainya. 

Bagi kamu yang mau bekerja sebagai editor video, content creator, influencer, dan sejenisnya, kelas ini bisa jadi pilihan terbaik. Berdurasi kurang lebih 3 jam, kamu akan mendapatkan tips dan trik menarik dalam mengoperasikan CapCut. 

2. Strategi Penggunaan Kecerdasan Buatan

Salah satu kelas paling menarik dan kami rekomendasikan bagi para ASN adalah ‘Strategi Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Pengembangan Sistem Teknologi di Pemerintahan’ karena dalam kelas ini, para peserta akan mendapatkan materi mengenai:

  • Pengenalan konsep AI dan perkembangannya
  • Ragam penggunaan teknologi AI
  • Success stories & key highlight

Topik yang dibahas tentunya berkaitan dengan penggunaan AI di sektor pemerintahan, sehingga para ASN benar-benar dapat menggunakan teknologi terbaru saat ini dengan tepat. Salah satunya adalah penggunaan website berbasis AI untuk membuat poster atau sampel desain.

3. Memahami Penggunaan Microsoft Excel untuk Mengelola Pendataan

Microsoft Excel adalah salah satu tools yang paling sering dan saat ini banyak digunakan oleh berbagai sektor, terutama di bidang administrasi dan pendataan. Apalagi di sektor pemerintahan. Saking pentingnya keberadaan Excel, banyak kursus atau kelas Excel online bersertifikat yang dibuka untuk membantu para calon tenaga kerja hingga ASN agar lebih mahir mengoperasikannya, mengingat banyak fitur sekaligus rumus tersembunyi di dalam tool tersebut.

Nah, ASN Berpijar juga membuka kelas yang mengusung materi ‘Memahami Penggunaan Microsoft Excel untuk Mengelola Pendataan’ agar para peserta menguasai dasar-dasar Excel hingga Chart, Pivot, dan agregat untuk menarik insight.

4.  Design Thinking dalam Pemecahan Masalah

Siapa nih yang punya masalah dengan rancangan berpikir (pemikiran desain) dalam setiap memecahkan masalah hingga sulit mengambil keputusan dalam organisasi? Kalau kamu merasa soft skill yang satu ini masih perlu diperdalam, maka kelas ‘Design Thinking dalam Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan’ sangat recommended!

Bagi para ASN yang dituntut bekerja dalam tim, pastinya harus mempelajari beberapa hal terkait design thinking, yang meliputi: emphatize, ideate, dan prototype. Apalagi pengambilan keputusan di lingkup pemerintahan sangat mempengaruhi situasi jangka pendek maupun jangka panjang, sehingga perlu proses berpikir yang matang.

5. Menguasai Seni Berkomunikasi

Program ASN Berpijar juga membuka kelas pelatihan komunikasi untuk membantu para ASN meningkatkan keterampilan komunikasinya agar lebih efektif. Dalam kelas ini nantinya akan dijelaskan mengenai teknik berkomunikasi secara lisan maupun tertulis, etika berkomunikasi, dan cara mengatasi konflik yang kerap kali terjadi di lembaga pemerintahan.

Perlu dipahami bahwa komunikasi bukan hanya menyangkut cara berbicara atau cara menyampaikan sesuatu, akan tetapi juga teknik bernegosiasi, berempati, menjadi pendengar yang bijak bagi sesama rekan kerja (apabila berada di lingkungan kerja), dan sebagainya. 

Jika kamu mampu menguasai seni berkomunikasi yang efektif dan baik, maka akan memberikan sejumlah keuntungan di masa depan. 

Selain lima contoh kelas di atas yang ada di platform ASN Berpijar, masih ada banyak kelas yang dapat kamu coba ikuti. Cukup daftar saja dan simak kelasnya hingga selesai, ya!

Implementasi dan Dampak Jangka Panjang

Implementasi program pelatihan ASN Berpijar telah diperkirakan akan memiliki dampak signifikan jangka panjang pada administrasi publik di Indonesia. Dengan ASN yang lebih terampil dan adaptif, pemerintah dapat melaksanakan kebijakan dan inisiatif secara efektif.

Tentunya program ini tidak hanya  memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas layanan publik, akan tetapi juga memperkuat pondasi pemerintahan untuk melakukan inovasi dan perubahan. Dampak jangka panjang lainnya termasuk peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan, seiring dengan peningkatan kemampuan ASN dalam mengelola data dan informasi.

Jika diringkas, program pelatihan ASN Berpijar merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan ASN Indonesia untuk masa depan. Dengan fokus pada pengembangan ‘future skills’, program ini tidak hanya menguatkan kompetensi individu ASN tetapi juga meningkatkan kualitas layanan dan inovasi dalam pemerintahan.

Pastinya inisiatif seperti ini penting untuk memastikan bahwa ASN harus mampu berkembang, adaptif, dan berkontribusi secara efektif dalam era digital yang dinamis. Untuk semua ASN di seluruh Indonesia bisa akses digital learningnya melalui ASN Berpijar ya.

Persiapkan diri menghadapi tantangan di era digital melalui program ASN Berpijar. Daftar sekarang dan jadilah bagian dari generasi ASN yang inovatif dan kompeten!