FuminAI: Chatbot Pintar untuk Bantu Kebutuhan Belajarmu di Future Skills

FuminAI: Chatbot Pintar untuk Bantu Kebutuhan Belajarmu di Future Skills

Future Skills memiliki banyak program seperti kelas, perkuliahan, magang, konten, event, dan materi lainnya yang dapat diakses secara umum oleh pengguna, terutama bagi kamu yang sudah masuk dalam daftar keanggotaan atau member.

Namun saking banyaknya program dan materi yang ditawarkan pada audiens, terkadang sebagian orang merasa kebingungan dalam menentukan kelas atau pun mengikuti program sesuai dengan kebutuhannya.

Oleh karena itu, kehadiran FuminAI diharapkan dapat memberikan arahan, menjawab kebutuhan serta permasalahan para audiens terutama saat mengakses website Future Skills, hingga memberikan rekomendasi terbaik yang berkaitan dengan jenjang karir.

Misalnya saja kamu ingin mengikuti kelas menguasai seni berkomunikasi karena soft skill yang satu ini penting sekali di dunia kerja. Maka FuminAI akan mengarahkanmu ke konten kelas tersebut.

Mau tahu apa itu FuminAI, kegunaan, serta cara pakainya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu FuminAI?

FuminAI adalah Chatbot AI yang dirancang untuk berinteraksi dengan manusia melalui percakapan teks atau suara dan teknologi ini dibuat menggunakan kecerdasan buatan untuk memahami serta merespons input berupa pertanyaan atau pernyataan dari para pengguna. 

Singkatnya, chatbot AI bekerja layaknya messenger atau aplikasi chat, hanya saja tidak dikendalikan oleh manusia, akan tetapi oleh kecerdasan buatan (AI) yang merespon, menjawab, dan bersikap seperti manusia.

Namun apakah audiens dapat memilih berkomunikasi dengan manusia lewat chatbot AI seperti FuminAI? Tentunya. Jika audiens ingin berkomunikasi dengan manusia, maka bisa klik fitur ‘Talk to Human’. Sayangnya fitur ini hanya berlaku pada jam kerja saja, yakni 09.00-17.00. 

Bagi audiens yang mengakses website Futureskills dan memiliki banyak pertanyaan seputar kelas, pengetahuan, magang, laporan, materi, dan sebagainya, maka FuminAI akan membantu menjawab kebutuhan tersebut melalui pesan teks. Tentunya kamu bisa menanyakannya secara langsung lewat chatbot AI yang tersedia di halaman utama website Future Skills.

Fungsi dan Manfaat FuminAI

FuminAI memiliki beragam fitur yang dapat membantu kamu dalam berbagai hal, seperti:

1. Panduan Pendaftaran Akun dan Kelas

FuminAI bakal membantu kamu untuk mendaftar akun atau konten kelas di Future Skills dengan memberikan tahapan-tahapan atau langkah yang harus diambil supaya pendaftaran berhasil. 

Jadi, supaya FuminAI memberikan instruksi yang benar, kamu dapat mengetikkan pertanyaan dalam bahasa Indonesia. Misalnya saja “Langkah-langkah mendaftar konten kelas di future skill bagaimana?” Kemudian FuminAI bakal menjawabnya secara jelas dan terarah.

2. Rekomendasi Program

Future Skills memiliki berbagai informasi seputar konten perkuliahan, kelas, dan event yang tersedia. Kalau kamu masih bingung ingin mengikuti program sesuai dengan jurusan atau jenjang karir yang dituju, maka FuminAI dapat memberikan rekomendasi terbaiknya untukmu.

Mesin Chatbot AI ini bahkan akan memberikan link yang mengarahkan pengguna ke halaman konten sesuai dengan tema yang diinginkan. 

Contoh pertanyaan yang kamu ajukan adalah “fuminai, aku mau ambil jenjang karir jadi digital marketing, bisa minta saran program di future skills yang cocok dengan kebutuhanku nggak?”

Jawabannya akan seperti ini!

Fungsi Fuminai
Jawaban FuminAI

3. Panduan Akses Materi dan Modul Pembelajaran

Pengguna juga dapat arahan untuk mengakses materi pembelajaran dan modul yang dibutuhkan. Tentunya untuk mendapatkan materi atau modul dalam bentuk dokumen atau link tersebut, kamu harus mendaftar terlebih dahulu sebagai member Future Skills.

Perlu kamu ketahui bahwa dalam setiap konten kelas terdapat modul atau materi yang bisa diakses oleh setiap peserta agar bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran ke depannya.

4. Informasi Tugas dan Kuis

Bukan hanya seputar kelas konten dan materi saja, FuminAI juga dapat memberikan pengetahuan seputar tugas dan kuis yang biasanya muncul di Future Skills saat kamu mengikuti kelas atau magang.

Kuis dan tugas tersebut biasanya mencakup materi inti, studi kasus, istilah penting, dan pertanyaan aplikasi.

5. Panduan Pengelolaan Absensi

FuminAI juga dapat membantu kamu dalam aktivitas dasar, seperti membantu memberikan masukan terkait pengecekan dan pengaturan absensi kamu. Misalnya kamu bertanya “bagaimana cara mengelola absen?” maka Chatbot AI ini akan memberikan jawaban seputar tips umum. Katakanlah seperti menggunakan form/platform, mencatat jadwal, dan membuat rencana.

6. Teman Ngobrol

FuminAI rupanya juga siap jadi teman curhat tentang kampus, teman, atau keluarga kamu lho! Jika sedang galau atau merasa butuh teman untuk berdiskusi, berbincang, dan ngobrol, FuminAI akan menemani kamu. Pokoknya serba bisa deh!

Fitur dan Keunggulan FuminAI

Sebagai Chatbot AI, FuminAI memiliki beberapa fitur dan keunggulan seperti:

  • Kolom chatting layaknya ngobrol dengan manusia
  • Talk to Human yang dapat digunakan jika pengguna/audiens ingin beralih dari chat dengan AI ke manusia untuk mendapatkan informasi yang lebih relevan dan sesuai keinginannya
  • Fitur kirim pesan lewat email untuk menanyakan seputar program khusus, dilayani oleh manusia, mendapatkan jawaban yang lengkap serta mudah dimengerti, dan sebagainya
  • Fitur refresh untuk menghapus seluruh chat sebelumnya dan kembali pada setelan/pengaturan awal. Fitur ini berfungsi agar mesin Chatbot AI bekerja lebih cepat dan meminimalisir error atau loading page yang lama

Meski memiliki beberapa kelebihan yang memudahkan pengguna saat mengoperasikannya, tetapi FuminAI masih memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah Chatbot AI ini hanya dirancang dalam bahasa Indonesia, sehingga tidak dapat melayani pertanyaan dalam bahasa Inggris.

Cara Menggunakan FuminAI

Bagi kamu yang ingin menggunakan fitur-fitur FuminAI bisa ikuti tutorialnya di bawah ini!

  1. Buka website resmi FutureSkills.id
  2. Setelah itu, klik fitur FuminAI yang ada di sudut kanan bawah
    Cara Menggunakan Fuminai
  3. Masukkan pertanyaan atau chat yang ingin diajukan dan klik kirim atau enter
    Cara Pakai Chatbot Fuminai
  4. Hasilnya seperti ini
    Hasil Chat Dengan Fuminai

Itulah informasi seputar Chatbot FuminAI yang akan membantumu dalam berbagai hal saat mengakses website Future Skills terutama jika ingin mengikuti beberapa kelas, perkuliahan, magang, dan sebagainya.

Yuk, coba FuminAI sekarang! Klik fitur FuminAI di sudut kanan bawah dan temukan jawaban cepat dan tepat untuk semua pertanyaanmu seputar Future Skills.