8 Contoh Kalimat Penutup Presentasi yang Berkesan

8 Contoh Kalimat Penutup Presentasi yang Berkesan

Selain membuat kalimat pembuka presentasi, kamu juga harus menyiapkan kalimat penutupnya. Namun bagaimana contoh kalimat penutup presentasi yang berkesan dan meninggalkan memori mendalam bagi para audiens?

Tidak berbeda jauh saat melakukan opening dalam suatu presentasi, kamu juga bisa menggunakan kutipan atau quote dari para ilmuwan, psikolog, pebisnis sukses, dan lainnya yang berkaitan erat dengan topik presentasi tersebut.

Menyisipkan suatu quote atau kutipan yang berisikan kata-kata powerful dan menyentuh akan membuat audiens selalu ingat dengan materi yang kamu sampaikan.

Jika masih bingung dengan kalimat penutup yang bagus untuk presentasi, kamu bisa mengambil contoh di bawah ini!

Contoh Kalimat Penutup Presentasi

1. Contoh Kalimat Penutup Presentasi yang Menarik di Kantor

“Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda dalam presentasi hari ini. Saya harap penjelasan tentang cara memproduksi parfum sekaligus deodoran yang aman untuk wanita hamil dan menyusui memberikan wawasan baru dan inspirasi bagi kita semua.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Anita Roddick, pendiri The Body Shop: ‘If you think you are too small to make a difference, try sleeping with a mosquito.’ Kutipan ini mengingatkan kita bahwa setiap langkah kecil dalam menciptakan produk yang aman dan ramah bagi ibu hamil dan menyusui dapat memberikan dampak besar bagi kesehatan dan kesejahteraan mereka. Mari kita terus berinovasi dan berkomitmen untuk menciptakan produk yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pasar, tetapi juga peduli terhadap kesehatan konsumen kita. Sekali lagi, terima kasih dan saya berharap kita dapat terus bekerja sama untuk menciptakan dunia yang lebih sehat dan lebih aman. Selamat siang!”

2. Contoh Kalimat Penutup Presentasi yang Singkat di Kelas

“Terima kasih teman-teman atas perhatian dan diskusinya yang luar biasa. Ingatlah, dalam dunia bisnis, hukum bukanlah penghalang, melainkan pemandu kita menuju kesuksesan yang berkelanjutan. Mari kita selalu berpegang pada etika dan hukum dalam setiap langkah bisnis kita. Semoga kita bisa menjadi pelaku bisnis yang tidak hanya sukses, tetapi juga berintegritas. Selamat belajar dan semoga sukses semuanya!”

3. Contoh Kalimat Penutup Presentasi yang Lucu Anak SMA

“Terima kasih banyak teman-teman sudah mendengarkan presentasi kami. Semoga kita semua jadi lebih paham tentang topik ini. Kalau ada yang belum jelas, jangan khawatir, saya juga masih belajar, jadi mungkin kita bisa belajar bareng!

Dan ingat kata pepatah, ‘Belajar hukum harus serius, jangan sampai kita jadi pejabat yang hobi tidur tapi ingin Indonesia maju! Mana bisa?’ Sekali lagi, terima kasih dan semangat terus ya, guys!”

4. Kata-Kata Penutup Presentasi PPT yang Paling Umum

“Demikian presentasi kami tentang proyek pembangunan minimalis di tahun 2025 dengan PT Hambara Berkah Jaya yang menurut rencana akan dimulai minggu depan. Kami sangat antusias dengan peluang ini dan percaya bahwa pendekatan minimalis yang kami tawarkan akan memenuhi kebutuhan fungsional dan estetika sekaligus menciptakan lingkungan yang efisien juga ramah lingkungan.

Kami berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk mewujudkan visi dan misi ini. Jika ada pertanyaan atau diskusi lebih lanjut, kami siap membantu.”

5. Kata-Kata Penutup Presentasi yang Berkesan bagi Audiens

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh peserta yang telah hadir dan mengikuti seminar hari ini. Saya, Irwansyah Hutomo, sangat menghargai waktu dan kehadiran yang telah Anda berikan.

Peran ibu dan ayah dalam membangun keluarga yang ideal bagi anak adalah pondasi yang tak tergantikan. Anak-anak kita adalah masa depan, dan setiap langkah kecil yang kita ambil sebagai orang tua dapat membawa perubahan besar dalam kehidupan mereka.

Sebagaimana yang pernah dikatakan oleh peraih Nobel Perdamaian, Desmond Tutu, ‘Kamu tidak dapat memilih siapa keluargamu. Mereka adalah hadiah dari Tuhan untukmu, begitu juga dengan kamu bagi mereka‘. Mari kita hargai dan cintai hadiah yang telah diberikan Tuhan dengan sepenuh hati.

Dengan kebersamaan, cinta, dan dukungan, kita bisa membangun keluarga yang kuat dan penuh kasih, tempat di mana anak-anak kita bisa tumbuh dengan rasa aman dan percaya diri. Mari kita terus belajar dan berusaha menjadi orang tua yang lebih baik setiap hari.

Sekali lagi, terima kasih atas partisipasinya. Semoga kita semua dapat mengambil pelajaran berharga dan menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Selamat sore dan sampai jumpa di kesempatan berikutnya.”

6. Kalimat Penutup Presentasi dalam Bahasa Inggris

Thank you all for your time and attention today. The importance of mangrove planting in the coastal areas of Jembrana, Bali, cannot be overstated. These vital ecosystems protect our coastlines, support biodiversity, and mitigate climate change.

With your support and collaboration, I believe we can successfully implement this mangrove planting initiative and ensure a sustainable future for our environment and communities.

Once again, thank you for your commitment to environmental conservation. Together, let’s make a positive impact on our planet. Have a great day.”

7. Kalimat Penutup Presentasi dalam Webinar Online

“Baiklah, saya Vera Tania, sangat senang bisa berbagi dengan kalian tentang pentingnya mempelajari komunikasi di dunia kerja.

Komunikasi bukan hanya tentang berbicara atau menulis, tetapi juga tentang mendengarkan, memahami, dan beradaptasi dengan berbagai situasi dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Nah, di dunia kerja yang semakin dinamis dan beragam, kemampuan komunikasi yang efektif ternyata memang bisa menjadi kunci sukses kita semua.

Burung merpati terbang tinggi,
Hinggap sejenak di atas dahan,
Mari berkomunikasi dengan hati,
Agar sukses dalam pekerjaan

Sekarang, saya membuka sesi pertanyaan. Silakan ajukan pertanyaan kalian, dan mari kita diskusikan bersama-sama, ya. Terima kasih!”

8. Contoh Kalimat Penutup Presentasi Sidang Skripsi

“Terima kasih kepada Ibu dan Bapak dosen penguji atas perhatian dan waktu yang telah diberikan. Saya sangat menghargai kesempatan ini untuk mempresentasikan hasil penelitian skripsi saya yang berjudul ‘Pengaruh Media Sosial terhadap Mental Generasi Z Tahun 2023’.

Saya berharap presentasi ini dapat memberikan gambaran yang jelas dan komprehensif tentang topik yang saya teliti. Kritik dan saran dari Ibu dan Bapak dosen penguji akan sangat berharga bagi saya untuk pengembangan atau perbaikan penelitian ini lebih lanjut.

Sekali lagi, terima kasih atas kesempatan dan bimbingannya. Saya siap untuk menerima pertanyaan dan masukan dari Ibu dan Bapak dosen penguji.”

Tips Menutup Presentasi (Do & Don’t)

Salah satu cara presentasi yang baik untuk menarik audiens adalah memperhatikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Apa saja yang boleh (Do) dan sebaiknya tidak dilakukan (Don’t) saat presentasi?

Hal-hal yang sebaiknya dilakukan saat presentasi:

  • Menguasai materi/topik (jangan sampai tidak bisa menjawab jika audiens bertanya);
  • Jaga komunikasi dengan audiens dengan memperhatikan gesture, ekspresi wajah, dan intonasi suara;
  • Tetap fokus pada pembahasan materi atau topik presentasi;
  • Sesekali melempar pertanyaan ke audiens untuk mempertahankan keaktifan mereka di dalam ruangan;
  • Membuka sesi pertanyaan pada audiens usai pembahasan materi untuk membahas topik yang didiskusikan.

Hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat presentasi:

  • Mengabaikan audiens dan hanya ingin presentasi cepat selesai;
  • Presentasi dilakukan secara deksriptif karena tidak menguasai materi sepenuhnya, sehingga terlalu banyak membaca isi slide;
  • Terlalu cepat membawakan materi sehingga audiens kurang begitu paham dengan informasi yang kamu sampaikan;
  • Tidak mem-backup data atau file PPT sehingga ketika terjadi error di perangkat, presentasi gagal dilakukan;
  • Penampilan yang tidak profesional (Pakaian tidak sesuai acara, berperilaku tidak sopan, pasang muka cemberut, dan sebagainya).

Setelah mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat presentasi, tentunya kamu sudah memiliki beberapa gambaran umum, khususnya cara membuat audiens tidak merasa bosan, tetap antusias, dan informasi yang mereka serap juga optimal.

Nah, agar kamu dapat mengusai teknik presentasi secara maksimal, mulai dari pembuatan PPT hingga pembawaan diri sebagai presenter, cobalah untuk bergabung dengan Kursus Pelatihan Teknik Presentasi di Future Skills. Sebab, banyak ilmu yang akan kamu dapatkan di sini!

Tingkatkan skill presentasi kamu dengan mengikuti Kelas Online Presentasi yang Efektif dan Memikat secara Gratis di Future Skills sekarang!