Perkuliahan - Futureproofing Media Advertising with Science and Art

Logo UM Indonesia UM Indonesia
  • Online
  • Perkuliahan

Informasi Umum

Kelas ini akan membekali peserta dengan ilmu dari para praktisi marketing communication yang berpengalaman menangani brand ternama. Dengan pendekatan terkini yang memadukan Science dan Art, dan real winning case studies, akan memastikan peserta futureproof di pesatnya dinamika dunia advertising communication di Indonesia dan global.

 

Objektif Pembelajaran : 

 

  • Pemahaman dasar media periklanan / advertising: Memahami industri media periklanan, dinamika dan peluang bisnis periklanan di masa depan.
  • Mempelajari proses praktiksi periklanan: Mempelajari proses dan job desk dari perencanaan dan pembelian media iklan, serta belajar dari case study yang menang festival award.
  • Mengasah skill berpikir analitik, kritis dan kreatif: Belajar membuat proposal rekomendasi media dari brief client sesungguhnya.

Skills

  • Critical Thinking
  • Digital Marketing
  • Data Analyst
  • Communication
  • Data Analytics

Kategori Inovasi

  • Socialpreneur
  • Communication

Syarat Pendaftaran

Minimal Kelengkapan Profile Lengkap
Minimal Pendidikan Bebas
Jurusan Bebas
Segmentasi peserta : 
  • Mahasiswa aktif dari semua jurusan. Diutamakan dari Fakultas FISIPOL (Ilmu Komunikasi, Ilmu HI, PSDK, MKP), FEB (Manajemen, Akuntansi).
  • Memiliki minat terkait dunia marketing, advertising dan industri kreatif.
  • Peserta yang sudah pernah mengikuti kelas ini tidak diperkenankan untuk mendaftar kembali.

Informasi Jadwal

Tanggal Jam (WIB) Topik Narasumber Metode Pembelajaran
12/09/2025 15:00 - 17:30 Kelas Perdana Tim Future Skills Online
19/09/2025 15:00 - 17:30 Pengantar Program Futureproof Roman Pikatan Online
26/09/2025 15:30 - 17:00 Pengantart Industri Periklanan: Trend, Peran, dan Peluang Konsultan Media Periklanan Roman Pikatan Online
03/10/2025 15:30 - 17:30 Science 1: Uncover Business Opportunity Roman Pikatan Online
10/10/2025 15:30 - 17:00 Science 2: Unlock consumer insights (High Value Audience) Roman Pikatan Online
17/10/2025 15:30 - 17:30 Art 1: Creative Idea Roman Pikatan Online
24/10/2025 15:30 - 17:30 Art 2: Media Planning Roman Pikatan Online
31/10/2025 15:30 - 17:30 Outcome & Measurement Roman Pikatan Online
07/11/2025 15:30 - 17:30 Briefing Proyek Akhir (UAS) Roman Pikatan Online
21/11/2025 15:00 - 17:30 Mentorship 1: Tips Menyusun CV & LinkedIn Tim Future Skills Online
28/11/2025 15:00 - 17:30 Mentorship 2: Tips Personal Branding & Wawancara Kerja Tim Future Skills Online
05/12/2025 15:30 - 17:00 Presentasi Proyek Akhir Roman Pikatan Online

(*) Jadwal, topik, dan narasumber bersifat tentatif (dapat berubah-ubah)

Informasi Detail

Batas Konfirmasi

Batas konfirmasi peserta dilakukan maksimal 3 HARI setelah mendapatkan notifikasi penawaran. 

Harap cek halaman dashboard dan email secara berkala untuk mengantisipasi tertolak kelas secara otomatis.

Timeline Batch 12
Proses pendaftaran peserta 15 Agustus - 8 September 2025
Proses seleksi Paralel dengan masa pendaftaran 
Kuliah perdana Future Skills batch 12 12 September 2025
Periode perkuliahan  15 September - 8 Desember 2025
Batas penerbitan sertifikat 24 Desember 2025
Penugasan dan Final Project

 

Penugasan

Rencana penugasan harian atau UTS Tidak ada
Rencana proyek akhir/UAS- individu/kelompok (wajib ada) Peserta secara individu atau berkelompok membuat proposal rekomendasi media untuk produk

 

Final Project

Nama Final Project Detail Aktivitas Final Project Durasi Pelaksanaan Final Project Output Indikator Penilaian
Media Proposal / Rekomendasi dari Product Peserta diminta untuk membuat proposal atau rekomendasi media untuk case study yang dibrief. Proposal/Rekomendasi menggunakan alur atau langkah-langkah yang diberikan selama pertemuan. Case study adalah produk dari client UM Indonesia. 4 minggu: dari hari mulai dibriefing sampai pengumpulan tugas akhir. Powerpoint atau platform sejenis (i.e. Google Slides, Canva, dll.) yang bisa digunakan untuk presentasi via online. - Proposal menggunakan semua langkah yang sudah dipelajari selama pertemuan.
- Menjawab tantangan / pertanyaan dari brief.
- Detail indikator akan diberikan ketika sesi briefing.
Bobot Penilaian & Syarat Lulus
Kriteria penilaian akhir (bobot) Presensi: 50%
Tugas Akhir: 50%
Syarat lulus - Kehadiran minimal 60%
- mengerjakan tugas akhir/UAS
Kesempatan Magang
Program Magang
(setelah program selesai)
Tersedia
Jumlah Kuota Magang 4 orang
Periode Magang Januari - Juni 2026
Metode Magang On-site
Lokasi Magang DKI Jakarta
Jenis Magang Unpaid
Benefit - mendapatkan sertifikat dari mitra
- mendapatkan uang transport yang ditetapkan mitra
Rules Perkuliahan Future Skills Batch 12

1. Peserta dapat mengikuti maksimal 5 kelas.
2. Apabila peserta tidak masuk di 3 pertemuan awal, maka akan dikeluarkan dari kelas yang diikuti.
3. Pastikan memiliki internet stabil untuk pelaksanaan kelas.
4. Wajib on camera selama kelas berlangsung.
5. Wajib aktif bertanya dan berpendapat selama kelas berlangsung.
6. Dilarang membagikan link presensi di luar pertemuan kelas.
7. Link presensi bisa diakses sampai 30 menit setelah kelas berakhir atau sesuai dengan jam yang tertera di Informasi Jadwal di dalam platform.

Tentang Mitra

Logo UM Indonesia UM Indonesia

Kelas ini akan membekali kamu dengan wawasan / insights dari para praktisi marketing communication yang berpengalaman menangani leading brands. Dengan pendekatan terkini yang memadukan Science & Art, dan real winning case studies, akan memastikan kamu futureproof di pesatnya dinamika dunia advertising communication di Indonesia dan global. You don't want to miss this opportunity!

Pendaftaran

Mata Kuliah

Futurepreneur and Business Innovation (EKP202)

Syarat Minimal Kelengkapan Profile

Lengkap

Syarat

Bebas

Mulai Perkuliahan

19 September 2025

Kuota Peserta

100 (tersedia 75)

Kuota Pendaftar

150 (tersedia 148)

Daftar Sekarang

Prasyarat:

Sebelum mendaftar ke konten ini, silahkan mengikuti konten berikut :

Tes Prasyarat

Personality Career Test


Narasumber
foto Roman Pikatan
Roman Pikatan
Managing Director di UM Indonesia
View Detail

Roman is currently Managing Director for UM Indonesia (part of IPG Mediabrands) and has been with IPG Mediabrands for more than 20 years. He is an expert in crafting and executing effective media campaigns across traditional and digital platforms for both established and emerging companies. Despite his busy schedule, Roman is still committed to sharing his experience & knowledge through sharing sessions and teaching at UGM and FutureSkills by Pijar Foundation.