Perkuliahan - Green Planet and Future Living

Logo The Climate Reality Indonesia (Green Planet and Future Living) The Climate Reality Indonesia (Green Planet and Future Living)
Perkuliahan

Informasi Umum

Bagi kamu yang tertarik untuk berkarir di bidang lingkungan yang berkelanjutan dan merupakan pecinta/aktivis lingkungan, kelas ini tepat untukmu! Kamu akan mendapatkan berbagai pengetahuan seputar konsep lingkungan yang berkelanjutan, ecosystem services, regulasi kebijakan yang belaku baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional (global), pengelolaan lingkungan berkelanjutan dalam isu perubahan iklim, serta solusi-solusinya untuk menciptakan “green planet and future living” (planet hijau dan kehidupan masa depan) yang berkelanjutan. Disini kamu akan didampingi oleh para Climate Leaders Indonesia (seniors and youths) yang memiliki kompetensi dan pengalaman diberbagai bidang yang terkait. Kamu akan berlatih bermacam keterampilan dalam pengembangan pola pikir dan gaya hidup yang holistik, smart campaign, kerjasama tim dan komunikasi melalui pendampingan, serta memperluas jejaring professional yang memiliki perhatian yang sama terhadap perubahan iklim dan lingkungan yang berkelanjutan. Pengembangan keterampilan ini akan kamu dapatkan melalui tantangan rancangan dan pelaksanaan suatu proyek yang berdampak pada kehidupan masyarakat maupun ekosistem/lingkungan.

Job Role

    Belum ada Job Role.

Konten Grouping

Kategori Inovasi

  • Renewable Energy
  • Sustainability

Syarat Pendaftaran

Minimal Kelengkapan Profile Lengkap
Minimal Pendidikan Bebas
Jurusan Bebas
Syarat bagi peserta - Mahasiswa aktif yang akan mengkonversi SKS
- Sudah follow Instagram @climaterealityina
Rencana quiz per pekan - individu/kelompok (jika ada) Tidak ada
Rencana UTS - individu/kelompok (jika ada) Ada UTS (Presentasi)
Rencana proyek akhir/UAS- individu/kelompok (wajib ada) Project (luring) dan presentasi kelompok (daring)
Kebijakan presensi Wajib presensi menggunakan sistem yang disediakan di platform futureskills.id
Kriteria penilaian akhir (bobot) - Presensi (10%)
- Tugas (15%)
- UTS (25%)
- Progress Report dan Proyek akhir/UAS(50%)
Syarat lulus - Hadir 100% dari total pertemuan tatap muka
- Mengumpulkan proyek akhir/UAS

Informasi Jadwal

Tanggal Jam (WIB) Topik Narasumber
11/03/2023 10:00 - 12:00 Kontrak kuliah + Krisis iklim dan ancaman terhadap biodiversitas Dara Katili; Dr. Puji Rianti
11/03/2023 13:00 - 15:00 Krisis iklim dan timbulnya berbagai penyakit zoonosis drh. Yumni Khairina Ghassani, M.Si
18/03/2023 13:00 - 15:00 Environmental Leadership and Theory of Change Arifah Handayani
18/03/2023 15:30 - 17:30 Environmental Program Framework Ari Wijanarko Adipratomo
25/03/2023 10:00 - 12:00 Presentasi Isu Perubahan Iklim -
01/04/2023 10:00 - 12:00 Smart Campaign Anggi Nurqonita S.Hum.; Dr. Eneng Nunuz R; Yanka Kathrya, STT. Par; Hanna Astaranti, SIkom; Robertus Darren Radyan
01/04/2023 13:00 - 15:00 Diskusi Persiapan UTS Mentor
08/04/2023 10:00 - 12:00 UTS Andy Bahari; Laetania Belai Djandam; Kak Yessica
15/04/2023 10:00 - 12:00 How to create interactive content Youth TCRPI (Story board) + Fathania Nazmi Lulu Alam (video editing from smartphone)
06/05/2023 10:00 - 12:00 Progress report 1 Dr Winati Nurhayu
20/05/2023 10:00 - 12:00 Progress report 2 Dr Winati Nurhayu
03/06/2023 10:00 - 12:00 UAS Andy Bahari; Laetania Belai Djandam; Kak Yessica; Amanda Katili, PhD
03/03/2023 06:00 - 23:59 Checklist join group

(*) Jadwal, topik, dan narasumber bersifat tentatif (dapat berubah-ubah)

Tentang Mitra

Logo The Climate Reality Indonesia (Green Planet and Future Living) The Climate Reality Indonesia (Green Planet and Future Living)

The Climate Reality Project Indonesia (TCRPI)

Didirikan sebagai masyarakat mandiri pada tahun 2009, TCRPI mendukung lebih dari 500 Climate Leaders dari berbagai latar belakang yang mencakup para pemimpin bisnis, pejabat pemerintah, ilmuwan, aktivis, mahasiswa, bankir, profesional, pendidik, ibu rumah tangga, pemuda, dan pemuka agama. Climate Leaders Indonesia telah diminta untuk berbicara di acara-acara yang melibatkan pemerintah pusat dan daerah, perusahaan multinasional, organisasi lingkungan, organisasi pramuka, yayasan konservasi, pengembang real estate, sektor kehutanan, yayasan masyarakat, universitas, sekolah, media cetak dan elektronik.

Sebagai bagian dari dedikasinya, melalui program andalannya Youth Leadership Camp for Climate Crisis, TCRPI bermitra dengan berbagai organisasi nasional dan global, termasuk UNESCO, telah melatih lebih dari 2.000 pemuda di seluruh Indonesia dalam hal teknis, kepemimpinan dan komunikasi aktif dalam menangani isu-isu perubahan iklim. Banyak alumni kami yang saat ini melanjutkan studi perubahan iklim di Indonesia atau di luar negeri, bekerja di bidang perubahan iklim atau lingkungan, atau melanjutkan kampanye mereka tentang perubahan iklim di komunitas mereka sendiri.

Selama bertahun-tahun Realitas Iklim Indonesia telah membantu menyelenggarakan Paviliun Indonesia pada Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNFCCC) dan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss. Dengan menyoroti Climate Leaders Indonesia, paviliun ini merayakan budaya lokal dan menampilkan kebijakan, program, dan proyek Indonesia.

TCRPI dan para mitra korporatnya memiliki kepentingan bersama dalam memberdayakan perempuan untuk memanfaatkan serat alam, karena hasil hutan bukan kayu dan serat alam seperti rotan, purun dan bambu memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan menjadi kerajinan berkualitas ekspor. Organisasi-organisasi tersebut menyelenggarakan pelatihan-pelatihan yang ditujukan bagi para penenun perempuan, dengan tujuan memberikan pengetahuan tentang produk-produk yang disukai pembeli ekspor, meminimalkan kantong plastik sekali pakai, menjaga kelestarian hutan dan lahan, serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Program lainnya adalah memberdayakan perempuan dalam menggunakan e-commerce untuk memasarkan produk ramah lingkungan mereka.

Selama masa pandemi sebagian besar kegiatan akan dilakukan secara digital dengan indikator untuk mengukur dampaknya. TCRPI akan melanjutkan Youth Leadership Camp for Climate Crisis untuk menjangkau lebih banyak anak muda Indonesia serta menghubungkan mereka dengan rekan-rekan internasional mereka, karena krisis iklim adalah masalah global. TCRPI juga akan melanjutkan program perubahan iklim bagi para pengambil keputusan, dan kegiatan pemberdayaan perempuan.

Pendaftaran

Syarat Minimal Kelengkapan Profile

Lengkap

Syarat

Bebas

Mulai Perkuliahan

11 March 2023

Kuota Peserta

70 (tersedia 1)

Kuota Pendaftar

120 (tersedia 120)

Pendaftaran Ditutup