Skill yang Perlu Dikuasai Robotics Engineer

Dibuat oleh admin 17 January 2023
Skill yang Perlu Dikuasai Robotics Engineer

Kehadiran Artificial Intelligence (AI) terus merambah ke berbagai macam bidang. Penerapan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan pun mulai bermunculan di berbagai sektor industry, termasuk juga di sektor logistik. 

Industri logistik saat ini berlomba memanfaatkan kecerdasan buatan agar dapat menekan ongkos dan mengoptimalkan efisiensi. Salah satunya adalah penggunaan Robot yang dipakai untuk menyortir paket barang, sesuai ukuran atau alamat.

Otomatisasi Gudang dengan Sistem robotik

Otomatisasi gudang adalah proses menggunakan teknologi seperti robot, untuk membuat proses kerja menjadi lebih efisien dengan bantuan robot. Bahkan, marketplace terkemuka seperti Amazon telah menggunakan robot penyortir sejak tahun 2018. Amazon menggunakan 800 robot yang dinamakan Pegasus untuk bekerja di 40 pusat penyortiran barang yang selanjutnya dikirim ke 175 lokasi penampungan, sebelum paket diantar ke konsumen yang sesuai alamatnya.

Penggunaan robot yang membantu di bidang logistik ini tentu tidak lepas dari peranan para engineer dibelakangnya yang mampu mendesain robot sedemikian rupa agar bisa bekerja optimal dalam membantu orang orang yang bekerja di bidang ekspedisi.

Mereka yang telah menjadi robotics engineer atau insinyur robotika tentu mempelajari seluk-beluk robotika semasa sekolah maupun di perguruan tinggi. Sebelum disebut sebagai insinyur robotika, mereka akan belajar mengenai ilmu robotika terlebih dahulu.

Apa Itu Ilmu Robotika?

Ilmu robotika adalah ilmu interdisipliner. Robot merupakan alat yang erat dengan elektronik dan mekanik. Selain itu, robot juga perlu di program dengan bahasa pemrograman khusus agar bisa dikontrol dengan baik, seperti digerakkan maupun diberikan perintah untuk mengerjakan sesuatu. apalagi dengan adanya AI, robot jadi bisa belajar hal baru tanpa perlu di program ulang.

Seorang robotics engineer akan fokus dalam mempelajari matematika, teknik, dan ilmu komputer tingkat lanjut. Hal yang pertama kali harus dilakukan jika ingin fokus pada karir robotika adalah masuk kuliah dengan jurusan yang berfokus pada matematika, teknik, atau ilmu komputer.

Mempelajari matematika bertujuan untuk mengasah kemampuan logika dan berhitung. Mempelajari ilmu komputer akan mempersiapkan Kamu untuk aspek koding program untuk menjalankan robot. Sedangkan mempelajari teknik mesin akan mempersiapkan Kamu dalam membangun perangkat keras robot.

Skill yang Wajib Dikuasai oleh Robotics Engineer

1.     Sistem Pemikiran dan Logika yang Kuat

Seorang ahli robotik yang handal mampu memahami bagaimana caranya agar semua alat yang dia ciptakan bisa beroperasi bersama-sama. Mereka harus memiliki skill logika yang kuat agar robot bisa bekerja semestinya.

2.     Kemampuan Menguasai Bahasa Pemrograman

Seorang insinyur robotika juga harus paham secara mendalam mengenai Bahasa pemrograman. Salah satu Bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat robot adalah Bahasa C dan C++, Basic, Pascal, dan Assembler. Skill coding menjadi hal yang wajib dikuasai apabila ingin menjadi ahli robotik.

3.     Pemahaman Kuat di Bidang Matematika

Tanpa memiliki pemahaman yang baik mengenai aljabar, kalkulus, dan geometri, seorang robotics engineer akan kesulitan dalam menciptakan robot. Hal ini dikarenakan robotika bergantung pada pemahaman dan manipulasi konsep abstrak pada tingkat fundamental, seringkali merepresentasikan konsep tersebut sebagai fungsi atau persamaan. Sehingga, untuk mengarahkan robot agar bekerja dengan baik, kamu harus memahami beberapa topik matematika diatas.

4.     Tekun Mempelajari Hal-Hal Baru

Bidang Robotika adalah ilmu yang dinamis. Artinya, bukan tidak mungkin di masa depan akan ada cara terbaru dalam membuat robot jadi lebih mudah. Oleh karena itu, kamu harus giat mempelajari konsep-konsep robotika yang dinamis apabila ingin memiliki skill seorang ahli robotik.

5. Skill Desain teknik

Seorang ahli robot juga wajib menguasai skill Desain mekanik. Desain mekanik bekerja layaknya bahasa yang digunakan perancang untuk menjadi acuan dalam merakit robot.

Dengan adanya gambar mekanik, ahli robot bisa mengetahui dengan jelas bentuk robot yang akan dibuat, kemudian bagaimana cara kerja robot, bahan apa yang cocok untuk digunakan, dan estimasi seberapa beban robot.

6.     Terampil dalam Berkomunikasi

Seorang ahli robot juga harus memiliki soft skill seperti kemampuan komunikasi. Hal ini akan membantu kamu ketika kamu mengalami kesulitan dengan robot yang sedang kamu buat, kamu bisa bertanya dan menjelaskan secara rinci kepada ilmuwan lain yang memiliki pemahaman lebih dalam mengenai masalahmu, seperti misalnya ahli teknik mesin, maupun ahli komputer. Kalau kamu tidak mampu berkomunikasi dengan baik, maka akan menyulitkan orang lain pula dalam menerima pesan yang ingin kamu sampaikan.

Itulah 7 skill yang harus dikuasai oleh ahli robot atau robotics engineer. Jika kamu ingin menjadi ahli robot handal, maka kamu harus mempelajari skill yang berhubungan dengan ilmu robotika dan skill-skill yang telah dipaparkan diatas.

Lalu, dimana tempat belajar robotic yang tepat? Kamu bisa mengikuti kursus robotika di futureskills.id yang kebetulan baru buka Future Career Class. selain robotika, kamu bisa mendapatkan banyak ilmu lainnya. Penasaran? Kunjungi websitenya dan ikuti kelasnya.

Jangan berhenti belajar agar cita-citamu cepat tercapai ya. Selamat belajar.

 

Referensi:

https://id.lambdageeks.com/become-a-roboticist-important-skills/

Futureskills.id 

Blog.robotiq.com  

Lokadata.id

Komentar (0)