Mengenali dan Menguasai Keterampilan yang Dibutuhkan Generasi Z untuk Siap Bersaing di Dunia Kerja Masa Depan yang Semakin Digital

Dibuat oleh admin 17 January 2023
Mengenali dan Menguasai Keterampilan yang Dibutuhkan Generasi Z untuk Siap Bersaing di Dunia Kerja Masa Depan yang Semakin Digital

Generasi Z adalah generasi yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Mereka merupakan penerus dari generasi milenial dan akan menjadi kunci keberhasilan di masa depan. Untuk bisa bersaing di era yang semakin digital seperti sekarang, Generasi Z harus memiliki keterampilan yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja masa depan. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menjelaskan keterampilan apa saja yang diperlukan oleh Generasi Z agar siap bersaing di era digital.

 

Kenapa Skill Sangat Penting bagi Generasi Z?

 

Sudah menjadi fakta bahwa dunia kerja saat ini semakin digital. Industri-industri yang sebelumnya tidak terkait dengan teknologi sekarang sudah mulai menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Hal ini berarti bahwa Generasi Z harus siap menghadapi tantangan-tantangan yang berbeda dengan generasi sebelumnya.

 

Untuk bisa bersaing di dunia kerja masa depan, Generasi Z harus memiliki Skill yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja yang semakin digital. Keterampilan-keterampilan yang disebutkan di atas merupakan keterampilan yang akan sangat dibutuhkan oleh Generasi Z di masa depan.

 

Jika Generasi Z tidak memiliki keterampilan yang diperlukan, mereka akan ketinggalan dibandingkan dengan generasi lain yang sudah siap menghadapi tantangan-tantangan di era digital. Oleh karena itu, Generasi Z harus memahami pentingnya keterampilan-keterampilan tersebut dan terus meningkatkannya agar siap menghadapi dunia kerja masa depan.

 

Keterampilan digital

 

Keterampilan digital adalah kemampuan yang diperlukan untuk mengakses, mengolah, dan menyebarkan informasi melalui media digital. Di era digital seperti sekarang ini, Skill digital merupakan salah satu keterampilan yang paling dibutuhkan.

 

Contoh keterampilan digital yang penting untuk Generasi Z adalah:

  1. Menggunakan perangkat lunak kantor seperti Microsoft Office atau Google Suite.
  2. Memahami teknologi cloud dan cara menyimpan data di cloud.
  3. Menggunakan social media secara efektif, seperti memahami cara menggunakan platform social media untuk mempromosikan bisnis atau menjalin hubungan dengan audiens.

 

Keterampilan Kolaborasi

 

Keterampilan kolaborasi adalah kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain secara efektif. Di era digital seperti sekarang ini, kemampuan bekerja sama dengan tim akan menjadi Skill yang sangat dihargai.

 

Contoh keterampilan kolaborasi yang penting untuk Generasi Z adalah:

  1. Bekerja sama dengan tim yang terdiri dari berbagai latar belakang, seperti berbeda jenis kelamin, ras, atau usia.
  2. Menggunakan platform kolaborasi seperti Slack atau Asana untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan tim secara efektif.
  3. Mampu menyesuaikan cara bekerja sesuai dengan kebutuhan tim dan menghargai keberagaman di dalam tim.

 

Keterampilan Komunikasi

 

Keterampilan komunikasi adalah kemampuan untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tertulis. Skill komunikasi yang baik akan selalu dibutuhkan di setiap pekerjaan.

 

Contoh keterampilan komunikasi yang penting untuk Generasi Z adalah:

  1. Mampu berkomunikasi dengan efektif secara lisan, seperti dengan cara menjaga eye contact, menggunakan intonasi yang tepat, dan menghindari jargon yang tidak diketahui oleh audiens.
  2. Mampu berkomunikasi dengan efektif secara tertulis, seperti dengan cara menulis email yang jelas dan efisien, atau membuat presentasi yang menarik.
  3. Mampu berkomunikasi dengan orang yang berbeda budaya, seperti dengan cara memahami perbedaan-perbedaan dalam cara berkomunikasi, dan menyesuaikan cara berkomunikasi sesuai dengan audiens.

 

Keterampilan Adaptasi

 

Keterampilan adaptasi adalah kemampuan untuk mengubah cara bekerja atau berpikir sesuai dengan situasi atau lingkungan yang baru. Di era yang semakin cepat berubah seperti sekarang, kemampuan adaptasi akan menjadi Skill yang sangat dihargai.

 

Contoh keterampilan adaptasi yang penting untuk Generasi Z adalah:

  1. Belajar dengan cepat, seperti dengan cara membaca tutorial atau mengikuti kelas online.
  2. Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru, seperti dengan cara memahami aturan-aturan baru atau cara kerja tim yang baru.
  3. Mampu menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi atau trend-trend terbaru di industri yang sedang dijalani.

 

Keterampilan Kreatif

 

Keterampilan kreatif adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru atau solusi-solusi inovatif untuk menyelesaikan masalah. Kemampuan berpikir kreatif akan sangat dihargai di dunia kerja masa depan.

 

Contoh Skill kreatif yang penting untuk Generasi Z adalah:

  1. Mampu mengembangkan ide-ide baru dengan cara melakukan brainstorming atau menggunakan teknik-teknik lain seperti SCAMPER.
  2. Mampu menyelesaikan masalah dengan cara berpikir out of the box atau dengan cara yang tidak biasa.
  3. Mampu menghadirkan solusi-solusi inovatif untuk masalah yang dihadapi, seperti dengan cara menggunakan teknologi baru atau memecah masalah ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil.

 

Kesimpulan:

 

Keterampilan digital, kolaborasi, komunikasi, adaptasi, dan kreatif merupakan Skill yang diperlukan Generasi Z untuk bersaing di dunia kerja masa depan. Generasi Z harus memahami pentingnya keterampilan ini dan terus meningkatkannya agar siap menghadapi tantangan-tantangan di era digital yang semakin canggih.

 

Untuk meningkatkan Skill yang diperlukan Generasi Z di era digital, Generasi Z dapat mengikuti kelas-kelas seperti Future Skills (futurekills.id). Di sini, Generasi Z akan mendapatkan pelatihan yang difokuskan pada keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan untuk siap bersaing di dunia kerja masa depan.

 

Referensi:

 

“The Importance of Digital Skills in the Workplace” (https://www.bbc.co.uk/bitesize/articles/zh9vkmn

“The Top 10 Skills You Need to Thrive in the Fourth Industrial Revolution” (https://www.weforum.org/agenda/2016/01/the-10-skills-you-need-to-thrive-in-the-fourth-industrial-revolution/

 

Komentar (0)