12+ Tips Sukses Berkarir, Mulai Praktikan dari Sekarang!

Dibuat oleh admin 17 January 2023
12+ Tips Sukses Berkarir, Mulai Praktikan dari Sekarang!

Di era serba digital seperti sekarang ini, tak hanya teknologi yang berkembang maju, namun persaingan dalam dunia kerja juga semakin tinggi. Maka dari itu, saat ini banyak sekali tips sukses berkarir dari berbagai tokoh atau para ahli di bidang profesional.

Jenjang karir adalah salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan dalam suatu pekerjaan. Apalagi, tak jarang di beberapa bidang tertentu, banyak orang merasa jika demand-nya menurun namun jumlah supply meningkat. Lalu, apa saja tips kerja agar memiliki karir cemerlang? Simak artikel ini sampai habis ya!

12+ Tips Sukses Meraih Karir Cemerlang

Percaya Diri

Tips sukses berkarir yang pertama adalah percaya diri. Ketika Anda berhasil mengenali kemampuan serta potensi diri sendiri akan sangat membantu untuk bisa lebih yakin dan siap menghadapi setiap tantangan.

Disiplin

Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, menjalankan rutinitas secara teratur, serta menjaga konsistensi kualitas kerja merupakan tiga poin penting yang diperhatikan perusahaan. Maka dari itu, memiliki sikap disiplin akan membantu Anda dalam mencapai sukses berkarir.

Bangun Mindset Positif

Tips sukses karir selanjutnya adalah membangun mindset positif terhadap diri sendiri dan orang lain serta mencari sisi positif dari setiap masalah akan membantu Anda untuk terus bersemangat & optimis. Selain itu, memiliki harapan yang tinggi terhadap masa depan juga lebih termotivasi dalam meraih sukses karir.

Dapat Bekerjasama

Dalam suatu pekerjaan, pasti butuh koordinasi dengan orang lain baik itu sesama anggota tim atau rekan kerja dari divisi lainnya untuk mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu, penting halnya memiliki kemampuan bekerjasama agar setiap tugas terselesaikan dan Anda juga akan mampu bekerja dalam beragam jenis lingkungan kerja.

Menyukai Tantangan

Salah satu faktor yang membantu Anda memiliki kesempatan baik dalam meningkatkan jenjang karir adalah sikap menyukai tantangan. Biasanya, perusahaan menyukai orang dengan karakter terbuka atas setiap tantangan maupun perubahan, karena orang-orang tersebut dianggap tangguh dan tidak mudah menyerah ketika ada kesulitan.

Memiliki Tujuan yang Jelas

Tips sukses berkarir selanjutnya yaitu memiliki tujuan jelas dalam karir. Hal tersebut akan membantu Anda untuk lebih fokus dan terorganisir dalam bekerja sekaligus memudahkan dalam menentukan strategi karir serta langkah apa saja yang harus diambil agar goal bisa tercapai.

Fokus pada Kebiasaan Baik

Membangun kebiasaan baik, menghindari kebiasaan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain, dan selalu berusaha meningkatkan diri akan membantu Anda untuk lebih mudah meraih keberhasilan. 

Sehingga, menjaga kebiasaan-kebiasaan baik dalam berkarir menjadi salah satu tips kerja yang tidak boleh dianggap sepele.

Bangun Relasi

Salah satu tips sukses karir yang paling sering dibicarakan para tokoh ternama adalah membangun relasi sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan hubungan positif tersebut untuk bisa saling berbagi pengalaman, strategi karir, hingga kesempatan dan peluang baru.

Punya Banyak Ide dan Berani Berpendapat

Salah satu tips bekerja untuk meningkatkan jenjang karir adalah memiliki banyak ide sekaligus berani menyampaikan pendapat tersebut. Sebab, tak jarang perusahaan sangat mengutamakan sikap kreatif dan inovatif dari pekerjanya supaya dapat memberikan solusi serta strategi terbaik demi mencapai keberhasilan bersama.

Mau Belajar dari Kesalahan

Setiap orang pasti pernah berbuat salah atau mengalami kegagalan, namun jika bisa menerima dan belajar dari kesalahan tersebut akan membantu Anda meraih sukses karir. Oleh karena itu, jangan malu atau takut untuk mengakui kesalahan karena Anda bisa belajar banyak hal dari sana.

Fokus pada Hal yang Bisa Dikontrol

Memfokuskan perhatian pada hal-hal yang bisa dikontrol dan tidak terlalu memperhatikan hal-hal diluar kontrol diri akan membantu Anda untuk lebih mudah mencapai keberhasilan.

Bersyukur dan Cintai Diri Sendiri

Tips sukses meraih karir cemerlang yang terakhir adalah memiliki rasa syukur dan mencintai diri sendiri atas segala kelebihan, kekurangan, sekaligus setiap progress selama bekerja. Selain itu, bersyukur serta cintai diri sendiri juga akan membantu Anda merasa lebih nyaman dengan diri sendiri & lebih termotivasi untuk memberikan hasil terbaik dalam bekerja.

4 Hambatan untuk Berkembang dalam Karir

Tak hanya berbagai tips sukses meraih karir, ada juga empat hambatan yang sebisa mungkin Anda hindari, diantaranya:

Psycho-sceloris

Psycho-sceloris atau penyempitan pikiran adalah proses dalam otak yang membentuk tendensi atau kebiasaan seseorang untuk mengikuti ide-ide mereka sendiri, selalu mencari pembenaran, dan enggan menerima ide baru dari orang lain.

Merasa Sudah Tahu

Memahami perbedaan antara “sudah tahu” dan “sudah pernah mendengar” itu penting. Orang yang sudah tahu sesuatu pasti akan lebih mudah menyerap informasi baru serta mengaplikasikannya dibandingkan jika mereka hanya pernah mendengar sesuatu tanpa benar-benar memahaminya. 

Mereka pun tidak akan terus-menerus bertanya atau mencari tahu tentang hal yang sama, ibaratnya seperti gelasnya tidak pernah kosong.

Penyaringan Negatif

Ketika otak mengalami proses penyaringan negative, maka kita akan cenderung untuk tidak percaya pada orang lain atau mengevaluasi sumber informasi dengan lebih seksama. Hal ini bisa terjadi karena peristiwa masa lalu atau kumpulan informasi yang sudah terekam dalam otak sehingga memengaruhi sikap dan pandangan kita. 

Proses penyaringan negatif ini juga dapat menyebabkan mental block, yaitu ketidakmampuan kita untuk memperoleh atau menghadapi informasi baru dengan cara yang biasanya kita lakukan.

Merasa Puas dengan Keadaan Saat Ini

Hambatan terakhir dalam meraih sukses karir adalah merasa puas dengan keadaan saat ini atau bisa disebut juga zona nyaman. Hal tersebut akan membuat orang enggan untuk tumbuh dan belajar lagi karena merasa tidak perlu eksplor hal-hal baru serta tidak memiliki dorongan untuk mencapai tingkatan lebih tinggi

Demikian 12+ Tips Sukses Berkarir yang dapat Anda praktikkan dari sekarang! Meskipun akan ada hambatan di perjalanannya, namun jika percaya dengan kemampuan Anda, maka sukses karir bisa menjadi milik siapa saja, termasuk Anda.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai tips sukses untuk meraih karir yang cemerlang? Daftar dan ikuti program Future Skills dan dapatkan berbagai tips serta keterampilan yang Anda perlukan dalam berkarir bersama para mentor dari berbagai praktisi maupun tokoh ternama!

References:

https://www.topkarir.com/article/detail/8-tips-meraih-karir-yang-sukses

https://lifepal.co.id/media/kunci-sukses-meniti-karier/

https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20201016105955-25-194819/4-kunci-sukses-berkarir-dan-meraih-mimpi-ala-bos-facebook

https://www.modalrakyat.id/blog/kunci-sukses-membangun-karier

https://futureskills.id/fs/aktivitas/kelas-async/83/member/15/topik/42/show-aktivitas 

Komentar (0)