4 Tips Mengasah Kemampuan Diri di Tahun Baru untuk Karir yang Cemerlang

Dibuat oleh admin 17 January 2023
4 Tips Mengasah Kemampuan Diri di Tahun Baru untuk Karir yang Cemerlang

Tahun baru 2023 sudah mulai kita jalani. Memasuki momen awal tahun seperti saat ini, banyak orang mulai menyusun kembali resolusi atau hal-hal yang ingin dicapai di tahun baru. Mulai dari resolusi yang berkaitan dengan kesehatan, keuangan, maupun pekerjaan.

 

Dalam hal pekerjaan, tentunya banyak orang ingin dapat meraih prestasi yang lebih cemerlang di tahun depan. Hal ini pastinya sangat penting agar kita kian memiliki karir yang lebih baik dan kehidupan yang lebih sejahtera. 

 

Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi di dunia kerja, salah satunya adalah dengan melakukan reskilling atau mengasah kembali kemampuan diri dengan menguasai kompetensi-kompetensi yang dapat menunjang pekerjaan kita sehari-hari. 

 

Jika Anda penasaran bagaimana cara melakukan reskilling yang tepat untuk memaksimalkan performa kita di dunia kerja, berikut empat tips penting yang patut Anda coba!

 

  1. Lakukan evaluasi karir

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk melakukan reskilling adalah mengevaluasi perjalanan karir Anda. Terlepas dari lama pengalaman Anda dalam bekerja, evaluasi sangat penting untuk dilakukan agar Anda dapat mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikembangkan dari karir Anda.

 

Dalam melakukan evaluasi, Anda dapat melakukannya sendiri dengan menuliskan pandangan-pandangan Anda di jurnal atau buku harian. Selain itu, Anda juga dapat meminta feedback atau masukan dari atasan maupun kolega Anda terkait performa Anda di kantor selama ini.

 

  1. Ikuti pelatihan dan sertifikasi profesional

Selain melakukan evaluasi karir, Anda juga dapat mendaftarkan diri pada rangkaian pelatihan atau sertifikasi profesional yang relevan dengan bidang pekerjaan Anda. Misalnya, jika Anda bekerja di bidang hukum, Anda dapat mendaftarkan diri dalam program Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) agar dapat menjadi seorang praktisi hukum yang lebih kredibel.

 

Jika Anda tidak punya cukup banyak waktu untuk mengikuti pelatihan atau sertifikasi yang bersifat offline, Anda juga dapat mempertimbangkan rangkaian pelatihan online yang dapat ditemukan di internet. Beberapa platform terpercaya yang dapat dicoba, misalnya adalah Skill Academy, Coursera, dan LinkedIn Learning.

 

Dikarenakan kegiatan ini biasanya memerlukan biaya yang tidak sedikit, Anda juga dapat meminta dukungan dari perusahaan tempat Anda bekerja dalam bentuk bantuan finansial untuk mengikuti pelatihan atau sertifikasi yang Anda inginkan, lho.

 

  1. Sampaikan aspirasi karir Anda kepada atasan

Hal selanjutnya yang tak kalah penting adalah berbincang dengan atasan Anda. Hal ini penting agar proses reskilling Anda dapat berjalan dengan lebih efisien. Apalagi, atasan Anda tentunya adalah orang yang paling memahami performa Anda selama bekerja serta hal-hal yang menjadi minat dan keahlian Anda.

 

Untuk melakukan hal ini, Anda dapat mengadakan diskusi secara formal maupun informal dengan atasan Anda di luar jam kerja. Saat berdiskusi, jangan lupa untuk menyampaikan aspirasi karir Anda ke depannya dan bagaimana atasan atau perusahaan dapat mendukung aspirasi tersebut. Jelaskan juga hal-hal apa saja yang ingin Anda pelajari ke depannya agar kemampuan Anda dapat terasah secara optimal.

 

  1. Ikuti komunitas atau organisasi sesuai minat Anda

Setelah melakukan evaluasi karir, mengikuti pelatihan profesional, dan mendiskusikan aspirasi karir Anda dengan atasan, Anda dapat mengikuti komunitas atau organisasi sesuai minat Anda yang juga dapat membantu Anda dalam mengasah skill atau kemampuan profesional di bidang yang Anda tekuni.

 

Misalnya, bagi Anda yang ingin mengasah kemampuan public speaking, Anda dapat mengikuti komunitas Toastmasters. Komunitas ini akan membantu Anda untuk dapat melatih kemampuan berbicara di depan umum, presentasi, komunikasi profesional, dan juga kepemimpinan. Tak hanya itu, mengikuti komunitas juga bermanfaat untuk memperluas jejaring profesional Anda, lho.

 

Demikian beberapa tips yang dapat Anda coba untuk melakukan reskilling di dunia kerja. Memasuki tahun 2023, tentunya tantangan dunia kerja akan semakin banyak, apalagi ditambah dengan keadaan ekonomi dunia yang kurang baik. Bahkan, Indonesia dihadapi dengan fenomena badai PHK di sejumlah perusahaan startup sepanjang tahun 2022 ini.

 

Oleh karena itu, melakukan reskilling dan mempertajam kemampuan profesional Anda sangat lah penting agar memiliki karir yang kian cemerlang ke depannya. Carilah lingkungan yang suportif agar Anda dapat berkembang secara optimal.

 

Referensi:

  1. https://www.weforum.org/agenda/2017/07/skill-reskill-prepare-for-future-of-work/
  2. https://www.litmos.com/blog/articles/tips-reskill-workforce 

Komentar (0)