Tips Scale Up pada Bisnis

Dibuat oleh admin 16 January 2023
Tips Scale Up pada Bisnis

Dalam bisnis startup, ada istilah bernama scale up. Scale up merupakan fase pertumbuhan perusahaan menjadi lebih besar. Itu artinya, perusahaan telah mendapatkan kesuksesan di suatu titik, dan siap untuk berkembang ke tingkat berikutnya. Jadi, scale up pada dasarnya adalah perusahaan dengan bertumbuh semakin besar. Perusahaan yang berkembang tentu harus kenal dengan istilah Scalability. Apa itu scalability?

Scalability

Scalability atau Skalabilitas adalah kemampuan dari sistem dalam menangani segala penambahan atau pertumbuhan beban kerja. baik untuk meningkatkan volume data dan menangani jumlah pengguna, maupun menjalankan concurrency tanpa memberikan dampak pada kinerja sistem,

Scalability terdiri dari dua jenis, yaitu Scale-up dan Scale-out. Apa perbedaan dari kedua jenis Scalability tersebut? Berikut ini adalah pembahasan mengenai Scale-up dan Scale-out.

1. Scale-up

Scale-up merupakan jenis dari Scalability yang tidak menambah jumlah pekerja/staff, namun pekerja tersebut dikembangkan kemampuannya.

2. Scale-out

Scale-out berarti melakukan penambahan jumlah dari pekerja/karyawan. Hal yang dapat memecah beban satu orang, menjadi beban yang ditanggung oleh beberapa orang. Contoh dari Scale-out ini adalah penambahan jumlah karyawan pada suatu kafe. Semakin banyak karyawan yang bekerja, semakin cepat dan banyak juga pelanggan bisa dilayani.

Lantas, bagaimana cara menerapkan scale up di bisnis? Berikut strategi scale up yang bisa kamu terapkan saat berbisnis:

Tips Scale up Di Bisnis

1. Lakukan Evaluasi dan Buat Rencana

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk scale up bisnis, dimulai dengan evaluasi usaha dan segera buat rencana untuk berkembang ke tingkat yang lebih besar. Coba analisa perusahaanmu untuk melihat apakah bisnis kamu memang siap untuk berkembang ke tingkat yang lebih besar. Dengan mengetahui posisi bisnis kamu sekarang, kamu pun bisa tahu cara yang tepat untuk kamu gunakan menuju posisi yang lebih baik. 

2. Siapkan Dana yang Cukup

Untuk scale up usaha, tentu saja kamu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi, pastikan kamu memiliki dana cukup. Hal ini dikarenakan kamu perlu mempekerjakan karyawan baru, berinvestasi pada alat atau teknologi baru dan lebih mahal, hingga penambahan fasilitas yang semuanya membutuhkan biaya.

Coba cek kondisi finansial dari bisnis kamu sekarang, apakah mampu untuk digunakan scale up? Jika tidak, coba putar otak, bagaimana cara mendapatkan modal tambahan untuk scale up bisnismu. Mungkin kamu bisa mengajukan kredit ke bank, capital venture, mencari investor, dana hibah, dll.

3. Belajar dari Perusahaan Lain yang Berhasil

Tips lain untuk scale up bisnis kamu, bisa dengan belajar dari perusahaan lain yang sudah berhasil sebelum perusahaanmu. Perusahaan lain disini maksudnya adalah perusahaan yang bergerak di bidang yang sama dengan industry yang kamu geluti. Atau bisa disebut juga dengan istilah kompetitor.

Jangan menganggap pesaing sebagai salah satu faktor yang harus dijauhi. Jadi, tak ada salahnya untuk coba mempelajari cara yang mereka gunakan untuk scale up. Misalnya, mencari tahu berapa banyak karyawan yang saat ini bekerja di perusahaan mereka. Alat atau teknologi apa yang mereka pakai. Dengan begitu, kamu bisa memiliki gambaran kasar berapa banyak jumlah karyawan yang harus kamu miliki untuk berada di posisi tersebut.

4. Pahami Nilai Bisnismu

Hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan scale up bisnis adalah memahami nilai bisnismu. Maksudnya, berusahalah untuk mempertahankan nilai usaha perusahaanmu dengan memastikan penjualan dari perusahaan tetap berjalan dengan baik. Karena pada saat memutuskan untuk scale up, kamu harus fokus pada perbaikan dan perkembangan dari segala aspek, salah satunya nilai bisnis. Kalau kamu tidak paham dengan nilai bisnismu, bagaimana kamu mau scale up?

5. Bangun Tim yang Solid

Dalam mengembangkan usaha menjadi lebih besar, kamu tentu memerlukan bantuan orang lain, tidak bisa sendiri. Kamu membutuhkan tim yang solid untuk mendukung perkembangan besar di perusahaan. Jadi, pastikan kamu mempekerjakan karyawan yang paham dengan tanggungjawab yang mereka emban. Pastikan juga mereka memiliki kinerja yang bagus. Dengan begitu scale up bisnis bisa kamu laksanakan.

Itu dia pengertian scale up dalam bisnis beserta tips scale up untuk bisnis. Jika kamu masih kesulisan scale up di bisnismu, kamu bisa buka website futureskills.id yang banyak menyediakan kelas kelas seputar scale up bisnis. 

 

Referensi:

https://zhenirvanjr.medium.com/scalability-scale-up-vs-scale-out-c9de259b9589

https://store.sirclo.com/blog/strategi-scale-up/

futureskills.id

Author: Hendri Purnama

Komentar (0)