Tips Membangun Personal Branding untuk Menunjang Karir Impian dan Bisnis Masa Depan Anda

Dibuat oleh admin 16 January 2023
Tips Membangun Personal Branding untuk Menunjang Karir Impian dan Bisnis Masa Depan Anda

Dalam dunia kerja ada banyak faktor yang sangat mempengaruhi karir seseorang. Selain kemampuan sebagai faktor utama, personal branding juga sangat dibutuhkan dalam menunjang karir impian. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi bahwa skill akan sangat berpengaruh, tetapi personal branding yang kuat akan semakin memperkuat pula eksistensi Anda.

Tidak hanya sebagai pekerja, Anda juga dapat menerapkan personal branding ke dalam bisnis atau usaha Anda agar semakin berkembang. Sebelum itu, mari kita bahas apa itu personal branding.

Personal Branding

Jika dilihat sekilas, personal branding berasal dari dua kata yaitu ‘personal’ yang berarti diri atau seseorang, dan ‘branding’ yang berasal dari kata brand mempunyai arti merk. Sehingga dapat diartikan personal branding adalah label diri, hal ini dapat ditujukan dengan bagaimana Anda ingin menegaskan persepsi orang lain mengenai diri Anda dalam bidang profesional.

Membuat citra diri yang baik dan profesional akan sangat membantu dalam pengembangan karir Anda. 

Menurut Clark, dalam bukunya yang berjudul ‘Reinventing You: Define Your Brand, Imagine Your Future Book’, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk personal branding :

Manfaatkan poin perbedaan Anda

Kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki dapat Anda manfaatkan dalam mencari hal yang membuat Anda ‘berbeda’ dari orang lain

Bangun narasi Anda

Tentukanlah bagaimana Anda membangun persepsi orang lain tentang diri Anda

Kembangkan skill (skill) Anda dengan fokus, dan berikan yang terbaik

Mengembangkan skill dapat dilakukan dengan mencari sesuatu yang lebih dari diri, kemudian terus diasa sambil sesekali mengikuti kelas pengembangan skill agar kemampuan menjadi lebih baik. 

Bangun portofolio Anda

Miliki portofolio untuk menunjukkan seberapa baik skill dan skill yang Anda miliki.

Kenali batasan yang Anda miliki

Mengenali batasan dan kekurangan akan sangat membantu Anda untuk berkembang dan terus belajar sehingga Anda tetap dapat mengikuti perkembangan zaman

Perluas Koneksi

Koneksi merupakan salah satu faktor penting kesuksesan. Anda akan lebih mudah untuk berkembang jika mempunyai banyak koneksi terutama dalam bidang yang Anda jalani.

Personal Branding untuk Bisnis

Dalam mengembangkan bisnis, perlu juga menerapkan personal branding bagi bisnis yang Anda kelola. Personal branding tidak hanya berdampak untuk bisnis atau produk tapi juga berpengaruh pada sistem bisnis yang Anda miliki. Membangun personal branding untuk bisnis, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membangun personal branding untuk diri sendiri. 

Dengan target audiens yang luas, personal branding sangat di perlukan agar bisnis Anda dapat mudah dikenali. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk branding bisnis Anda :

Pahami tujuan personal branding untuk bisnis Anda

Sebelum melakukan, Anda perlu memahami dulu tujuan dari personal branding ini bagi bisnis Anda sehingga Anda dapat membuat strategi dalam branding. Strategi untuk membangun bisnis ini mencakup semua tujuan dan nilai dari bisnis, manfaat yang ingin diperlihatkan dalam bisnis, dan bagaimana bisnis bisa berjalan.

Menggunakan strategi pemasaran yang tepat

Dalam proses branding, sebuah bisnis harus memiliki brand identity. Brand identity ini merupakan berbagai elemen yang melekat pada sebuah bisnis, baik berupa logo, kemasan, dan warna tertentu. Brand identity sangat berguna sebagai ciri khas untuk menggambarkan merek tersebut di benak konsumen dan juga menjadi pembeda dengan merek lain. 

Selain brand identity, Anda juga perlu menerapkan strategi marketing untuk mempromosikan dan memasarkan merek Anda.

Memilih audiens target yang tepat

Memilih target audiens ini juga sangat penting, agar manfaat dari personal branding dapat sampai kepada audiens yang tepat.

Memilih platform untuk personal branding

Anda juga dapat menentukan media apa yang Anda gunakan untuk proses branding. Anda dapat memanfaatkan sosial media, karena sosial media memiliki jenis audiens yang sangat beragam

Melakukan evaluasi personal branding

Perlu Anda ketahui bahwa personal branding ini tidak hanya dilakukan satu kali saja. Anda perlu menerapkan evaluasi rutin untuk dapat melihat efektivitas sekaligus mengembangkan personal branding bisnis Anda. 

Diperlukan konsistensi juga dalam membuat personal branding untuk bisnis. Anda dapat melakukan komunikasi bersama tim management bisnis Anda dalam proses evaluasi.

Demikian tips-tips yang dapat Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki. Semoga bermanfaat

Mau lebih jauh memahmi personal branding dan skill kamu? Yuk, segera join di futureskill.id untuk dapatkan kelas pengembangan skill sebagai penunjang karir kamu. Kalau masih bingung caranya, hubungi kontak yang ada. Yuk segera bergabung.

 

Reference:

https://dailysocial.id/post/personal-branding-untuk-bisnis

Reinventing You : Define Your Brand, Imagine Your Future, Karya Dorie Clark

The Master Book of Personal Branding, Karya Farco Siswiyanto Raharjo

Komentar (0)