Perlunya Transformasi Digital UMKM untuk Kemajuan Bisnis

Dibuat oleh admin 16 January 2023
Perlunya Transformasi Digital UMKM untuk Kemajuan Bisnis

Transformasi digital UMKM  (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) adalah usaha yang dilakukan untuk mengubah cara memasarkan dan menjual produk/jasa dengan mengandalkan teknologi digital.

Transformasi digital UMKM menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk kembali bangkit dari terpuruknya ekonomi akibat pandemi Covid-19. Mengutip dari Katadata pada  Mei 2020, ada sekitar 94,69% UMKM yang omset penjualannya turun drastis dan paling banyak dialami oleh usaha yang bergerak di bidang food and beverage serta pengolahan. Kondisi ini sangat berdampak pada perekonomian Indonesia. Pasalnya, jumlah UMKM di Indonesia ada 64,1 juta. Selain itu, sebelum pandemi UMKM menyumbang 8.573,9 triliun pada PDB. Jumlah tenaga kerja yang dipekerjakan lewat adanya UMKM sebesar 97,02% dari tenaga kerja di seluruh Indonesia.

Dengan kondisi menurunnya penjualan, business owner dari UMKM harus memiliki strategi agar usahanya tetap bisa bertahan, salah satunya dengan melakukan transformasi digital UMKM untuk memasarkan produk atau jasanya. Apalagi kebiasaan cara berbelanja yang tadinya offline menjadi online juga dipengaruhi dari terus bertambahnya pengguna internet dari tahun ke tahun. 

Ada sebuah penelitian yang dilakukan Statista pada 2019 yang mengatakan jika Indonesia menjadi negara dengan pengguna internet terbanyak di urutan kelima yaitu berkisar 143,26 juta. Jumlah ini terbanyak setelah China, India, Amerika Serikat dan Brazil. Di tahun 2023 diprediksi akan lebih banyak lagi jumlah pengguna internet di Indonesia. 

Sayangnya, banyaknya pengguna internet, tidak dibarengi dengan UMKM yang ikut beralih ke digital. Berdasarkan data Kominfo.go.id diperkirakan baru ada 17,5 juta pelaku UMKM yang memanfaatkan pemasaran dengan e-commerce dan digital. Padahal kebanyakan bisnis UMKM yang mampu bertahan di masa pandemi adalah UMKM yang sudah memanfaatkan platform digital. 

Manfaat Transformasi Digital UMKM

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh bisnis bilak menerapkan transformasi digital UMKM: 

  • Mempermudah pelaku UMKM untuk memperluas konsumen bukan hanya dari Indonesia, tapi juga luar negeri. 
  • Dengan jangkauan konsumen yang lebih besar bisa meningkatkan pendapatan bisnis.
  • Mengikuti tren yang berlaku agar bisa bersaing dengan kompetitor.
  • Bisnis bisa lebih efisien dari sisi waktu dan biaya seperti biaya administrasi, logistik, pemasaran, dan pengiriman, memudahkan monitoring aktivitas usaha.
  • Akses layanan pembayaran yang lebih beragam.
  • Memudahkan pencatatan transaksi penjualan.
  • Transformasi digital UMKM membantu mengurangi risiko human error dan kecurangan yang dilakukan internal. Hal ini karena semua sistem sudah dilakukan secara komputerisasi dan terintegrasi. 

Seperti yang disebutkan pada bagian manfaat di atas, transformasi digital memberikan berbagai akses layanan pembayaran yang lebih beragam, sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan pembayaran. 

Jadi kamu tidak perlu repot-repot pergi ke ATM untuk membayar tagihan pembelian, tapi hanya mengandalkan aplikasi mobile banking atau e-wallet maka segala produk/jasa yang kamu pesan akan segera diperoleh. 

 

Tips Menjalankan Transformasi Digital UMKM

Setelah mengetahui apa saja manfaat transformasi digital UMKM, kamu juga perlu tahu bagaimana memaksimalkan penggunaan teknologi untuk bisnis agar bisa menghasilkan lebih banyak cuan. 

  • Tentukan media sosial dan marketplace yang sesuai dengan jenis usaha dan target audience. Gunanya agar memudahkan menjalankan strategi bisnis. 
  • Menggunakan software penjualan untuk membantu operasional misalnya untuk analisis data, menyusun laporan penjualan, order to payment, dan manajemen inventory.
  • Menarik perhatian konsumen dengan membuat konten bermanfaat, kreatif, dan berbeda dengan kompetitor.
  • Secara rutin mengadakan penawaran atau promosi menarik di momen-momen tertentu. Misalnya perayaan hari keagamaan, tahun baru, tanggal kembar, Harbolnas, dan lainnya. 
  • Mempersiapkan rencana bisnis secara matang, baik untuk jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. 
  • Demi mendukung transformasi digital UMKM berhasil yaitu jangan lupa tetap mengutamakan kebutuhan pelanggan dan karyawan. Khusus, untuk karyawan, bagaimanapun kamu tidak bisa menjalani bisnis sendirian. Diperlukan kerjasama dengan karyawan demi usaha yang berjalan dengan lancar. 
  • Mengikuti program terkait digitalisasi UMKM. Dengan mengikuti program baik yang diadakan oleh pemerintah maupun pihak swasta, akan sangat membantu menambah kecakapan dan wawasan digital agar bisa mengembangkan usaha bisnisnya lebih besar lagi. 

 

Itu dia beberapa manfaat dan tips yang bisa kamu lakukan untuk melakukan transformasi digital UMKM. Jika kamu ingin memperdalam ilmu ini bisa bergabung dengan kelas-kelas yang ada di Future Skills.  

Future Skills adalah wadah untuk melatih dan mempertajam skill para calon inovator  di masa depan. Melalui kelas-kelas yang tersedia dalam berbagai topik, kamu akan pandu lewat materi-materi yang diberikan oleh para ahli di bidangnya. Dengan mengikuti kelas yang ada di Future Skills peserta disiapkan untuk bisa menghadapi tren dan tantangan di masa mendatang di berbagai bidang yang mereka geluti.

 

Sumber bacaan: 

https://linkumkm.id/news/detail/12435/pentingnya-transformasi-digital-pada-umkm-untuk-bisa-bertahan

https://cdn1.katadata.co.id/media/filespdf/2020/09/11/2020_09_11-09_31_59_tranformasi_digital_pada_umkm_untuk_pemulihan_ekonomi_indonesia.pdf

https://verihubs.com/blog/transformasi-digital/

https://fecon.uii.ac.id/2021/07/akselerasi-transformasi-digital-pendongkrak-kemajuan-umkm/

https://blog.amartha.com/transformasi-digital-umkm-manfaat-dan-upaya-yang-dilakukan/

Komentar (0)