Pentingnya Skill Money Management Untuk Millennial Dengan Digibank

Dibuat oleh admin 16 January 2023
Pentingnya Skill Money Management Untuk Millennial Dengan Digibank

Skill money management tidak lebih dari sekadar keterampilan matematika yang hebat saja, tetapi bagaimana kamu dapat mengontrol keuangan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sayangnya, masih banyak generasi muda, terutama millennial yang masih belum menyadari bahwa skill money management memiliki peran penting untuk kehidupan mereka di masa depan. 

Nah, buat kamu yang tertarik belajar manajemen keuangan, kali ini kami akan memberikan penjelasan mudahnya mengelola keuangan dengan menggunakan aplikasi bank digital.

3 Alasan Pentingnya Skill Money Management Untuk Generasi Millennial

1. Kemampuan Finansial Lebih Baik

Skill money management sangat penting dimiliki oleh setiap individu untuk memiliki kondisi keuangan yang baik. Akan tetapi, untuk mencapai financial capability, kamu harus memiliki sikap dan perilaku yang baik untuk dapat mengelola keuangan dengan optimal.

Selain itu, menurut sebuah laporan yang berjudul “Financial Inclusion Annual Monitoring Report” oleh Rowlingson dan McKay, memiliki kemampuan finansial yang baik akan memberimu banyak manfaat, seperti:

  • Mengatasi masalah hutang.
  • Mengelola keuangan dengan baik dari hari ke hari.
  • Membangun ketahanan finansial.
  • Mempersiapkan diri untuk kehidupan di masa depan.

Jika kamu tidak mempersiapkan diri dari sekarang, mungkin di masa depan kondisi keuangan kamu akan berantakan. Maka dari itu, cobalah untuk membuka diri dan memulai belajar manajemen keuangan dari sekarang.

2. Skill Money Management Dapat Mengontrol Emosi, Fisik, dan Mental

Mungkin kamu tidak tahu jika manajemen keuangan yang buruk memiliki efek psikologis yang berkelanjutan, seperti kurang percaya diri, kepercayaan, harga diri, komitmen, motivasi, dan pemberdayaan diri. 

Biasanya, jika seorang individu sudah masuk sampai ke tahap ini, mereka rentan mengalami pengucilan di masyarakat, seperti pengucilan ekonomi, sosial, dan digital. Hal ini lah yang membuat mereka semakin tidak percaya diri dan kesulitan untuk membangkitkan kondisi ekonomi mereka.

Akibatnya, peristiwa ini membuat mereka rentan kehilangan pekerjaan, memutuskan tali silaturahmi, peningkatan jumlah tunawisma, dan dampak sosial lainnya yang mengganggu emosi, fisik, dan mental sekaligus.

Namun, jika mereka memiliki kondisi keuangan yang stabil dan sehat, mereka akan memiliki emosi stabil dan memiliki pertahanan untuk menjaga kestabilan ekonomi mereka.

3. Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi Global di Masa Depan

Kamu pasti pernah mendengar isu “resesi global 2023” bukan?

Seperti yang kita tahu, dampak resesi global ini tentu akan dirasakan oleh seluruh masyarakat di belahan dunia, seperti PHK massal, harga pangan meningkat, harga minyak bumi meningkat, dan masih banyak lainnya.

Sebenarnya tidak hanya resesi saja, secara umum, kondisi keuangan kita setiap hari tidak pernah pasti. Seperti adanya bencana alam, keluarga sakit, dan masih banyak faktor lainnya yang tidak bisa kita ramal akan terjadi.

Nah, mereka yang tidak memiliki perencanaan keuangan tentu akan merasa takut jika isu resesi global 2023 ini benar-benar akan terjadi.

Tapi sebaliknya, mereka yang sudah merencanakan keuangan dari jauh-jauh hari justru akan bersikap lebih tenang karena mereka tentu sudah menyiapkan tabungan dan investasi yang dapat mereka andalkan apabila isu tersebut benar terjadi.

Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi Finansial Digital dari Digibank?

Mengelola keuangan sebenarnya bisa kita lakukan dengan melakukan pencatatan keuangan di buku harian atau software seperti Google Excel. Namun, sekarang ada cara yang lebih baru untuk mencatat keuangan yang jauh lebih praktis dan efisien dengan menggunakan aplikasi finansial digital dari Digibank.

1. Finansial Digital Lebih Praktis dari Bank Konvensional

Banyak yang mempertanyakan perbedaan aplikasi finansial digital dengan bank konvensional. Sebenarnya, keduanya memiliki fungsi dan tujuan yang sama, yakni menabung dan menyimpan uang.

Namun, finansial digital memiliki kelebihan dari sisi kecepatan. Jika kita menggunakan bank konvensional, kita harus menyesuaikan waktu transaksi dengan jam operasional bank. Hal ini sangat merepotkan, terlebih lagi generasi millennial yang memiliki kesibukan yang cukup padat.

Sedangkan finansial digital tidak memiliki jam operasional khusus atau bisa melakukan segala transaksi kapanpun yang kalian inginkan.

Seperti membuka rekening bank baru, mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit, membeli produk investasi reksadana, membuka rekening deposito, layanan produk perbankan lainnya bisa kita lakukan dalam satu aplikasi saja.

2. Finansial Digital Memiliki Keamanan Terbaik

Berbicara tentang keamanan, finansial digital memiliki sistem keamanan yang tidak kalah bagusnya dengan bank konvensional. Akan tetapi, sebelum memilih aplikasi finansial, kamu harus melihat kredibilitas perbankan tersebut, seperti profil perusahaan dan status resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Menariknya, DigiBank adalah produk perbankan digital dari Bank DBS yang sudah memiliki kredibilitas baik. Seluruh kegiatan perbankan DigiBank sudah mengikuti standar Bank Indonesia dan terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, kamu tidak perlu diragukan kredibilitasnya lagi.

3. Melacak Seluruh Transaksi Dengan Mudah

Dulu, kita sering kehilangan jejak alur pengeluaran uang setiap bulannya. Tapi, dengan adanya aplikasi finansial digital, kita bisa melacak seluruh transaksi hanya melalui satu aplikasi saja. Dengan begitu, kamu bisa melacak dan mengontrol pengeluaran bulanan dengan lebih mudah.

4. Environmental Friendly

Kamu masih ingat bukan betapa rumitnya melakukan transaksi pengiriman uang, pembuatan rekening baru, dan lain sebagainya di bank konvensional?

Ya, dulu kita selalu diminta untuk mengisi formulir kertas dan mengisi seluruh data-data yang sangat banyak dalam satu waktu. Hal itu sangat tidak efisien.

Tapi, dengan menggunakan aplikasi finansial digital kamu tidak perlu lagi datang ke bank konvensional dan mengisi formulir yang sangat banyak tersebut, karena kamu hanya perlu mendaftarkan diri melalui aplikasi saja.

Selain praktis, menggunakan aplikasi finansial digital membuatmu berkontribusi dalam menjaga kelestarian bumi, karena kamu tidak perlu lagi berkendara ke bank terdekat untuk membuka rekening baru (mengurangi emisi CO2 dari kendaraan bermotor), mengurangi konsumsi kertas dan kebutuhan percetakan, karena seluruh kegiatan transaksi sudah tersimpan dengan baik di cloud.

Yuk Tingkatkan Skill Money Management Kamu Bersama DigiBank

Sekarang sudah paham kan pentingnya memiliki skill money management untuk kehidupan masa depan kamu? Buat kamu yang ingin belajar lebih tentang skill money management, kamu bisa langsung ikutan kelas Pembelajaran Digital Banking for Millennials & Gen Z dari DBS Indonesia.

Di kelas ini, kamu akan mendapat insight pentingnya perencanaan keuangan dan bagaimana mengatur keuangan dengan menggunakan aplikasi DigiBank. Tunggu apalagi? Yuk daftar sekarang!

 

Referensi:

https://localfirstbank.com/article/your-top-5-tips-for-effective-online-money-management/

https://www.goodthingsfoundation.org/wp-content/uploads/2022/02/Financial_Capability_v3.pdf

https://teenlearner.com/digital-financial-literacy/

https://www.accountor.com/en/finland/article/ten-benefits-digital-financial-management

Komentar (0)