Pentingnya Pengembangan Skill Robot Programming untuk Industri Logistik Masa Depan

Dibuat oleh admin 16 January 2023
Pentingnya Pengembangan Skill Robot Programming untuk Industri Logistik Masa Depan

Tidak ada yang benar-benar menyangka bahwa robot akan mengubah kehidupan manusia secara drastis sejak pertama kali ditemukan dan pengembangan skill mengenai robot merajalela. Mulai dari robot yang bisa membantu pekerjaan manusia namun harus tetap diberi ruang sendiri agar tidak menyakiti manusia karena keamanannya yang belum terjamin, hingga robot sekarang yang bahkan dapat hidup berdampingan dengan manusia tanpa perlu ruangan hingga pagar sendiri.

Robot pun diciptakan dan didesain berdasarkan tujuan masing-masing, misalnya, mengerjakan pekerjaan rumah, melakukan hal sederhana, hingga membantu manusia dalam menjalankan bisnisnya. Salah satu bisnis yang sangat terbantu dengan adanya robot adalah industri logistik.

Robot dapat membantu industri logistik agar lebih efisien dalam menjalankan tugasnya. Pasalnya, setiap hari ada ribuan hingga jutaan paket yang harus dikirimkan. Tentu ini membutuhkan ketelitian dan keakuratan pengiriman untuk memastikan proses bisnis ini bisa berjalan dengan lancar. Industri logistik bagaikan teori domino, di mana satu hambatan dapat memengaruhi hambatan lainnya yang mungkin terjadi.

Di sinilah peran dari robot dapat dimanfaatkan dengan baik. Para robot yang digunakan dapat diprogram untuk memiliki kemampuan automasi yang baik. Robot juga dapat mengurangi risiko terjadinya human error dan ritme pekerjaan pun akan lebih stabil. Oleh karena itu sudah banyak perusahaan di industri logistik mulai melek dengan hal tersebut.

Perusahaan Amazon merupakan salah satu perusahaan yang juga bergelut di industri logistik dan sudah memanfaatkan serta mengembangkan skill programming robot di perusahaan mereka. Robot-robot ini bertugas untuk memindahkan barang, pengiriman barang secara otomatis, dan masih banyak lagi. Pengembangan skill robot yang diterapkan oleh Amazon membuat perusahaan tersebut dengan percaya diri bisa menjamin ketepatan serta kecepatan pengiriman barang tersebut. Ini bisa saja menjadi salah satu alasan dibalik suksesnya Amazon.

4 Alasan Pentingnya Skill Programming Robot

Teknologi yang semakin canggih dan terus berkembang membuat perusahaan berlomba-lomba membuat inovasi dan mengikuti perkembangan agar tidak tergerus dan tenggelam. Pasalnya, perusahaan yang stagnan, lambat laun akan tergerus oleh zaman, tertinggal, dan akhirnya tidak terlihat lagi.

Skill programming robot tentu menjadi salah satu keahlian yang dibutuhkan di era revolusi industri 4.0 ini. Sudah banyak perusahaan yang membuktikan betapa berkembangnya perusahaan mereka dengan pemanfaatan robot yang tepat, salah satunya di industri logistik. Berikut 4 alasan penting skill programming robot untuk perusahaan logistik di masa depan.

1.  Menekan biaya operasional

Menggunakan robot untuk berbagai tugas di industri logistik akan membuat perusahaan dapat menekan banyak biaya, terutama di bidang sumber daya. Karyawan yang lebih sedikit berarti biaya gaji, tunjangan, dan yang lainnya pun menjadi sedikit. Mungkin yang dibutuhkan oleh robot sebagian besar adalah biaya maintenance yang tidak perlu dilakukan setiap saat.

2.  Efektif dan Produktif

Proses bisnis menjadi lebih efektif dan produktif karena robot pada umumnya dapat melakukan berbagai tugas yang dibutuhkan dalam proses tersebut. Tugas-tugas tersebut meliputi, tugas khusus, repetitive, bervariabel, hingga kompleks. Menariknya, semua tugas tersebut dapat terus dilakukan robot tanpa perlu beristirahat. Hal inilah yang mambuat output dari proses bisnis meningkat dan menjadi lebih produktif serta efektif.

3.  Keselamatan Pekerja Meningkat

Para pekerja tidak perlu lagi melakukan pekerjaan dengan akses lingkungan berbahaya karena sudah digantikan oleh robot perusahaan. Lingkungan berbahaya ini bisa berupa tempat yang melibatkan penanganan menggunakan zat atau bahan kimia berbahaya, lingkungan dengan tuntutan gerakan repetitif juga berat, hingga yang mampu meningkatkan risiko cedera. Digantikannya dengan robot akan membuat keselamatan pekerja menjadi semakin meningkat.

4.  Pengurangan limbah

Robot dapat dirancang untuk menyelesaikan pekerjaan rumit dengan batas toleransi ketat. Oleh karena itu, kemungkinan terjadinya human error seperti komponen rusak, pengerjaan ulang, hingga cacat pada produk yang menjurus pada terciptanya limbah akan lebih mudah untuk dihindari.

Perusahaan yang menyadari betapa pentingnya peran robot dalam proses bisnis, pada akhirnya akan memilih untuk menggunakannya. Ditambah lagi dengan fakta bahwa perubahan teknologi terus terjadi dengan pergerakan yang cepat, sehingga perusahaan harus selalu siap sedia dengan segala perubahan yang ada.

Jika permintaan terhadap robot terus meningkat, tentu perusahaan akan mencari para ahli yang dapat melakukan robot programming untuk proses bisnis mereka. Menangkap peluang besar tersebut, kita harus menambahkan bekal untuk diri kita sendiri. Salah satunya dengan melakukan pengembangan skill pada bidang robot programming di Future Skill. Di kelas ini, Anda akan mendapatkan tambahan pengetahuan dan skill dalam robotika, gambaran skill untuk kebutuhan pekerjaan ke depan, hingga keberlanjutan proses pembelajaran yang berdampak positif.

Di masa depan, permintaan dan penggunaan robot akan menjadi semakin lebar serta banyak peminatnya, mengingat bagaimana robot telah berevolusi semenjak pertama kali ditemukan. Mari persiapkan diri Anda sekarang juga bersama Future Skill!

 

 

Referensi:

https://www.intel.co.id/content/www/id/id/robotics/industrial-robots-manufacturing-warehouse.html

https://east.vc/east-ventures/smart-logistics-logistik-pintar/

 

Komentar (0)