Macam-Macam Robot yang Digunakan Pada Industri Logistik

Dibuat oleh admin 16 January 2023
Macam-Macam Robot yang Digunakan Pada Industri Logistik

Pada artikel ini kita akan mempelajari cara kerja Skill Robot Programming utamanya di Indonesia dan perkembangan logistik di masa depan.

Bagi customer, pengiriman logistik adalah pengiriman barang yang tepat waktu. Semakin cepat waktu pengiriman, semakin baik nama ekspedisi dimata customernya. Semua perusahaan logistik berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik dengan pengiriman yang cepat untuk mempertahankan pelanggan yang loyal. Seiring dengan kemunculan marketplace yang semakin populer, transportasi logistik dan ekspedisi juga semakin memperbaiki pelayanan untuk meningkatkan sistem pengiriman.

Salah satu peningkatan pelayanan yang terjadi di industri logistik adalah mulai digunakannya robot untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Kemajuan industri dalam memanfaatkan robot dan kecerdasan buatan terhitung pesat. Padahal jika dilihat dari 1 dekade yang lalu, penggunaan robot masih jarang. Sekalipun menggunakan robot, keamanannya masih belum memadai. Sekarang, penggunaan robot terbukti bisa membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan.

Robot di dunia logistik memiliki tugas seperti menyortir barang agar lebih efisien. Proses sortir barang di ekspedisi memakan waktu yang lama, apalagi jika momennya bertepatan dengan hari belanja nasional. Oleh karena itu robot sortir hadir sebagai solusi untuk mempercepat proses sortir barang dan paket.

Robot sortir memiliki kecepatan dan keakuratan kerja yang lebih baik serta mampu mengurangi resiko kesalahan manusia atau human error. Robot sortir ini bisa bekerja untuk waktu yang lama secara terus menerus, dibandingkand dengan manusia yang memerlukan istirahat.

Apa saja macam macam robot yang digunakan di gudang logistik untuk mempermudah pekerjaan karyawan ekspedisi?

Macam Macam Robot di Industri Logistik

1.     Automated Guided Vehicles

Di dalam fasilitas gudang logistik atau ekspedisi, mereka memiliki robot berjenis Automated Guided Vehicles (AGV) yang membantu mengangkut barang, material, atau persediaan. AGV berguna untuk menggantikan fungsi dari forklift dan stroller yang dioperasikan secara manual.

Pada robot AGV ini terdapat Sistem Penyimpanan dan Pengambilan Otomatis (Automated Storage and Retrieval Systems atau AS/RS) atau kumpulan perangkat yang dikendalikan lewat komputer untuk membantu proses mengatur inventaris barang. Teknologi ini bertujuan agar pengambilan dan peletakan barang bisa dilakukan lebih cepat.

2.     Collaborative robots

Selanjutnya ada Collaborative robots yang merupakan mobile robot yang sifatnya semi-otonom. Mereka berfungsi untuk membantu staff gudang ketika sedang melakukan berbagai pekerjaan. Beberapa robot bahkan mampu mengikuti para pekerja yang berjalan menyusuri area gudang sembari bertindak sebagai wadah penyimpanan bergerak untuk barang-barang yang diambil oleh staff gudang tersebut. Mereka dilengkapi dengan sensor yang mampu membedakan antara kardus dan rintangan didepan mereka. Robot ini juga mampu membantu mengirimkan barang yang telah disortir oleh pekerja gudang, untuk dikirimkan kepada pekerja di divisi lain, seperti divisi penyortiran.

3.     Articulated Robotic Arms

Robot selanjutnya adalah Lengan Robot (Articulated Robotic Arms atau ARA). ARA adalah robot mobile manipulator yang memiliki anggota badan multi-sendi sehingga bisa digunakan untuk mengangkat atau memindahkan objek di gudang dan pusat distribusi. Karena lengan dari robot ini bisa bergerak, berputar, dan mengangkat, maka robot ini bisa digunakan untuk mengemas dan menyortir barang. Salah satu robot yang terkenal adalah robot yang diproduksi oleh KUKA, salah satu pembuat robot terkemuka di dunia

4.     Robot Goods-To-Person

Terakhir adalah robot dengan teknologi G2P (goods-to-person) yang sekilas mirip dengan sistem AS/RS. G2P merupakan robot dengan sistem kecerdasan buatan yang berfungsi untuk mengangkut barang menuju divisi tempat operator atau staff pekerja ekspedisi yang sedang menunggu barang tersebut.

Keunggulan robot ini adalah bisa berfungsi tanpa harus dikontrol menggunakan remote. Jadi bisa bergerak karena dikontrol oleh AI yang sebelumnya telah dikoding oleh ahli robot pembuatnya. Saat ini Amazon telah menggunakan robot goods-to-person ini di gudang logistik mereka yang mempercepat pengiriman paket dari satu divisi ke divisi lain, misalnya dari divisi sortir ke divisi pengiriman agar bisa dimasukkan kedalam mobil atau truk ekspedisi.

Itulah 4 robot yang saat ini mulai digunakan di industri logistik seperti Amazon dan perusahaan lain. Untuk membuat robot seperti itu, tentu hanya bisa dibuat oleh ahli robotik yang handal. Jika kamu berniat menjadi ahli robot yang mampu membuat robot untuk meringankan beban kerja manusia seperti 4 robot diatas, kamu bisa mulai belajar ilmu robotika di kursus Future Career Class milik futureskills.id. Disini, kamu belajar tentang robotika bareng mentor yang handal di bidang robotika, bahkan menjadi dosen di salah satu Perguruan Tinggi Negeri. Tunggu apalagi? Kunjungi futureskills.id dan ikuti kelas robotiknya. Semoga artikel ini bermanfaat

 

Referensi:

https://logisticsbid.com/pemanfaatan-teknologi-robot-dalam-pergudangan/

https://futureskills.id

Author: Hendri Purnama

Komentar (0)