Isu Lingkungan Berkelanjutan: Transisi Energi

Dibuat oleh admin 16 January 2023
Isu Lingkungan Berkelanjutan: Transisi Energi

Ketahanan energi bagi keberlanjutan kehidupan sebuah negara merupakan suatu hal yang penting. Energi sebagai faktor produksi menjadi faktor penting untuk kegiatan dan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, sekaligus sebagai komoditas strategi yang bisa mengancam kegiatan ekonomi saat kondisi krisis.

Saat ini tuntutan global cukup besar kepada negara-negara di dunia untuk memperhatikan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Terdapat Perjanjian Perubahan Iklim Paris dan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Dalam perjanjian tersebut terjadi kesepakatan bahwa perubahan iklim merupakan isu utama bagi masyarakat seluruh dunia. Jika tidak dikurangi lajunya secara signifikan maka penduduk dunia tidak akan mengalami kehidupan yang optimal, karena akan terjadi banyak bencana alam, kemiskinan dan berbagai dampak lainnya. Oleh karena itu, kini mulai digaungkan isu transisi energi.

Transisi energi merupakan upaya untuk menuju sumber-sumber daya energi yang jauh lebih ramah lingkungan dan mengurangi jumlah emisi karbon yang dihasilkan oleh negara Indonesia sehingga dapat mengurangi laju perubahan iklim di dunia. Transisi energi menjadi satu isu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia. Melalui isu prioritas tersebut, Indonesia berharap negara-negara maju dapat memberikan dukungan terhadap negara-negara berkembang.

Di Indonesia sendiri transisi energi masih memiliki tantangan diantaranya adalah pembiayaan (anggaran negara yang terbatas), efisiensi dan efektivitas tata kelola serta persaingan investasi dengan negara lainnya termasuk di ASEAN. Alokasi anggaran negara beberapa waktu lalu Sebagian besar digunakan untuk penanganan pandemic covid-19. Sehingga anggaran transisi energi masih terbatas dan perlu sumber-sumber pembiayaan lain. Transisi energi merupakan isu yang kompleks, banyak lembaga negara yang terlibat dalam isu ini yang membutuhkan waktu dan proses untuk membuat kebijakan yang harmonis untuk isu transisi energi ini. Indonesia bukan satu-satunya destinasi investasi di dunia, banyak negara lain yang juga membutuhkan investasi untuk mendukung transisi energi. Sehingga Indonesia perlu membuat inovasi untuk menarik investor dari luar demi mendapatan dukungan untuk kebijakan transisi energgi.

Beberapa skill yang bisa dibangun untuk turut mendukung isu global transisi energi diantaranya adalah:

  1. Memperdalam pengetahuan yang relevan dengan isu transisi energi

Keterampilan akan tumbuh seiring dengan pengetahuan tentang suatu hal. Untuk isu transisi energi memperdalam pengetahuan tentu akan membuka kesempatan di masa mendatang. Beberapa pengetahuan yang dapat mendukung skill kamu di masa mendatang adalah tren kebijakan global dan nasional. Banyak regulasi dan dinamika yang terjadi dari hari ke hari tentang transisi energi, maka dengan memperdalam tren kebijakan global dan nasional akan membuat kita mengetahui arah kebijakan ke depan tentang transisi energi. Selain tren kebijakan global dan nasional, pemahaman terhadap peluang serta hambatan investasi swasta di bidang EBT juga diperlukan.

  1. Kemampuan kolaborasi

Tuntutan global saat ini adalah masa depan yang lebih berkelanjutan serta kolaborasi dari semua pihakuntuk mengadopsi dan menjalankan kebijakan zero emisi dan transisi energi hijau demi generasi mendatang. Maka skill kolaborasi dibutuhkan bagi siapa saja yang ingin mendukung kebijakan transisi energi. Pemangku kebijakan, pelaku bisnis hingga masyarakat perlu saling berkolaborasi untuk mendukung kebijakan transisi energi. 

  1. Mengkaji penggunaan teknologi di bidang energi

Pemerintah meyakini bahwa salah satu faktor yang mendorong transisi energi adalah digitalisasi teknologi dan pemanfaatan energi bersih. Hal tersebut membuka peluang bagi developer teknologi untuk terus berinovasi membuat produk-produk teknologi yang dapat mengakomodir transisi energi. Oleh karena itu salah satu skill yang perlu dikembangkan adalah mengkaji penggunaan teknologi-teknologi terbaru dibidang energi.

Skill di atas adalah beberapa hal yang dapat menunjang dan mempersiapkan diri pada masa mendatang sejalan dengan perkembangan isu global transisi energi. Banyak hal-hal yang dapat dilakukan lagi sesuai dengan bidang yang kalian minati. Tak hanya mempersiapkan masa depan, kita juga harus turut hidup di masa sekarang dengan berpartisipasi dalam mengurangi penggunaan karbon. Hal-hal yangdilakukan diantaranya adalah menjadikan aktifitas jalan kaki, bersepeda, menaiki kereta, dan transportasi umum lainnya sebagai lifestyle.

 

Referensi:

Futureskill.id

Siaran Pers Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia diakses melalui:https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3353/transisi-energi-ciptakan-pembangunan-berkelanjutan-yang-ramah-lingkungan

Peluang & Tantangan Ekonomi Transisi Energi Mengemuka di B20 diakses melalui:https://www.cnbcindonesia.com/news/20220623174447-4-349814/peluang-tantangan-ekonomi-transisi-energi-mengemuka-di-b20

Komentar (0)