Ingin Jadi Pebisnis Sukses? Ini 10 Skill yang Wajib Anda Miliki

Dibuat oleh admin 16 January 2023
Ingin Jadi Pebisnis Sukses? Ini 10 Skill yang Wajib Anda Miliki

Mimpi menjadi wirausaha sukses pasti menjadi dambaan banyak orang. Namun, ternyata menjalankan bisnis tidak semudah yang dibayangkan. Selain harus memiliki ide bisnis yang brilian, kamu juga harus memiliki skill-skill khusus yang dibutuhkan untuk mengelola bisnis dengan baik. Apa saja skill tersebut? Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 skill yang wajib dimiliki oleh seorang wirausaha agar bisnis yang dijalankan bisa tumbuh dan berkembang dengan pesat. Mulai dari kemampuan mengambil risiko hingga kemampuan mengembangkan jaringan, skill-skill ini akan membantumu menjadi wirausaha sukses yang ditakuti lawan bisnismu.

10 Skill yang wajib dimiliki Pebisnis Sukses

  1. Kecerdasan Ekonomi: Kecerdasan ekonomi merupakan kemampuan untuk memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip ekonomi dalam mengelola bisnis. Ini termasuk kemampuan untuk memahami bagaimana pasar bekerja, memprediksi perkembangan ekonomi, dan membuat keputusan bisnis yang tepat. Kemampuan ini sangat penting bagi seorang wirausaha, karena akan membantu mereka untuk mengambil keputusan yang tepat mengenai investasi, pembelian, dan pengeluaran yang akan dilakukan bisnis.
  2. Analisis Data: Kemampuan analisis data merujuk pada kemampuan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data yang diperoleh dari berbagai sumber. Ini dapat membantu seorang wirausaha untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat dengan menggunakan data yang terpercaya. Kemampuan ini sangat penting bagi seorang wirausaha, karena akan membantu mereka untuk memahami kebutuhan pasar, mengukur kinerja bisnis, dan mengembangkan strategi yang tepat.
  3. Akuntansi Keuangan: Kemampuan akuntansi keuangan merupakan kemampuan untuk mengelola keuangan bisnis, termasuk mengelola arus kas, membuat laporan keuangan, dan mengelola pajak. Kemampuan ini sangat penting bagi seorang wirausaha, karena akan membantu mereka untuk mengelola keuangan bisnis dengan baik, menghindari kebangkrutan, dan memastikan bahwa bisnis tersebut dapat tumbuh dan berkembang.
  4. Negosiasi: Kemampuan negosiasi merujuk pada kemampuan untuk memperjuangkan posisi dan kepentingan bisnis melalui proses tawar-menawar yang efektif. Kemampuan ini sangat penting bagi seorang wirausaha, karena akan membantu mereka untuk memperoleh kesepakatan yang terbaik dengan partner bisnis, klien, atau pemasok.
  5. Manajemen: Kemampuan manajemen merujuk pada kemampuan untuk mengelola dan mengorganisir bisnis agar berjalan secara efektif. Ini termasuk kemampuan untuk mengelola tim, mengelola proyek, dan mengelola operasi bisnis. Kemampuan ini sangat penting bagi seorang wirausaha, karena akan membantu mereka untuk mencapai tujuan bisnis dengan efisien dan efektif.
  6. Kepemimpinan: Kemampuan kepemimpinan merujuk pada kemampuan untuk memimpin tim dan mengelola bisnis dengan efektif. Ini termasuk kemampuan untuk mengelola konflik, memotivasi tim, dan menjadi contoh yang baik bagi rekan kerja. Kemampuan ini sangat penting bagi seorang wirausaha, karena akan membantu mereka untuk memimpin bisnis dengan sukses dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  7. Berkomunikasi yang Efektif: Kemampuan berkomunikasi yang efektif merujuk pada kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif dengan berbagai audiens, termasuk klien, partner bisnis, dan rekan kerja. Kemampuan ini sangat penting bagi seorang wirausaha, karena akan membantu mereka untuk membangun hubungan yang baik dengan audiens, menyampaikan ide dan tujuan bisnis dengan jelas, serta memahami kebutuhan dan harapan audiens.
  8. Kecerdasan Emosional: Kecerdasan emosional merujuk pada kemampuan untuk mengerti dan mengelola emosi sendiri dan orang lain. Ini dapat membantu seorang wirausaha untuk mengelola stres, mengelola konflik, dan membuat keputusan yang tepat. Kemampuan ini sangat penting bagi seorang wirausaha, karena akan membantu mereka untuk mengelola bisnis dengan lebih efektif dan membangun tim yang solid.
  9. Kemampuan Membuat Keputusan: Kemampuan membuat keputusan merujuk pada kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Ini termasuk kemampuan untuk memahami dan menganalisis informasi yang tersedia, mengevaluasi risiko dan keuntungan, serta membuat keputusan yang terbaik bagi bisnis. Kemampuan ini sangat penting bagi seorang wirausaha, karena akan membantu mereka untuk mengelola bisnis dengan lebih baik dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  10. Kemampuan Mengembangkan Jaringan: Kemampuan mengembangkan jaringan merujuk pada kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan berbagai pihak yang berhubungan dengan bisnis. Ini termasuk kemampuan untuk membangun jaringan dengan klien, partner bisnis, serta rekan kerja di industri yang sama. Kemampuan ini sangat penting bagi seorang wirausaha bila ingin menuai kesuksesan yang gemilang.

 

Bagaimana cara meningkatkan skill bisnis anda?

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk belajar bagaimana membangun kemampuan bisnis. Berikut adalah Top 3 rekomendasi:

  1. Trial & Error

Anda harus berani mencoba dan belajar dari percobaan yang mungkin gagal. Karena dengan tanpa melakukan percobaan dan pengalaman mendalam terkait industri atau bidang yang akan anda geluti, maka pasti akan sangat sulit anda mencapai kesuksesan. Ibaratnya seperti berada di dalam hutan belantara, anda harus mencoba beberapa jalan agar anda mengerti jalan mana yang salah dan jalan mana yang benar untuk menemukan jalan keluar.

      2. Belajar dari orang lain

Dengan memetik pelajaran dari orang-orang yang telah sukses, anda akan mempersingkat waktu dan menghemat tenaga anda dalam melakukan trial & error. Itulah sebabnya banyak orang yang siap mengambil kursus, mengikuti seminar, worksop dan lainnya, meski harus membayar mahal, hanya karna ingin mempermudah dan memepercepat jalan kesuksesannya.

      3. Modeling

Lakukanlah penelitian dan perdalam pertemanan dengan orang-orang yang telah sukses. Pelajari pola mereka dalam merenggut kesuksesan. Dari situ anda bisa meng-copy atau modeling atas kesuksesan mereka.

 

Kesimpulan

Jika Anda bertujuan untuk meningkatkan karier Anda, nilai dari skill bisnis tidak dapat dipandang sebelah mata. Selain hard skills (seperti akuntansi keuangan dan kecerdasan tentang ekonomi), Anda juga memerlukan soft skills (seperti intelegensi emosional dan kepemimpinan) saat bisnis Anda mulai tumbuh.

Tidak peduli di industri manapun Anda, pengetahuan tentang konsep bisnis yang esensial merupakan harga mati untuk meningkatkan kinerja bisnis Anda.

Lalu skill bisnis apa saja yang sudah anda kuasai?

Tingkatkan skill bisnis anda bersama Future Skills, temukan bukti dari orang-orang yang telah mengenyam kesuksesannya di sini.

References:

https://online.hbs.edu/blog/post/business-skills-every-professional-needs

https://id.oberlo.com/blog/business-skills-to-start-online-store

https://startupnation.com/start-your-business/essential-skills-start-run-business/

Komentar (0)