5 Alasan Pentingnya Perencanaan Pensiun Sejak Dini

Dibuat oleh admin 16 January 2023
5 Alasan Pentingnya Perencanaan Pensiun Sejak Dini

Memastikan optimalisasi berbagai layanan keuangan yang dapat menunjang kebutuhan masa pensiun menjadi hal yang harus dikenali generasi muda sejak dini. Lalu bagaimana langkah yang tepat dalam memilih produk asuransi? Simak pada artikel berikut.

Saat memasuki masa pensiun, jumlah pendapatan tidak lagi sama sewaktu produktif bekerja. Ritme kehidupan berubah sementara Anda harus memenuhi berbagai kebutuhan. Dari sini, penting bagi Anda melakukan perencanaan keuangan untuk masa pensiun.

Perencanaan pensiun adalah proses di mana Anda menetapkan tujuan yang ingin dicapai pada masa pensiun dan mengambil keputusan untuk mencapainya. Contoh sederhananya, Anda ingin memiliki tabungan yang cukup supaya nantinya dapat membiayai kebutuhan sehari-hari tanpa harus membebani anak atau anggota keluarga.

Bagaimana mencapai hal tersebut? Anda mengambil tindakan dengan menabung secara disiplin selama produktif bekerja.

Itu baru satu contoh dari sekian manfaat yang akan Anda temukan dalam perencanaan pensiun. Secara garis besar, persiapan ini harus Anda lakukan sedini mungkin.

Belum ada kata terlambat untuk memulainya. Setidaknya, Anda dapat memulainya dengan mengembangkan skill dan pengetahuan finansial menghadapi masa pensiun. Berikut ini beberapa alasan mengapa perencanaan pensiun penting.

1.  Pensiun Bebas Stress

Saat Anda berhenti bekerja, Anda seharusnya dapat menikmati masa pensiun dengan tenang dan nyaman. Anda dapat mengerjakan hobi dan aktivitas baru tanpa khawatir tentang keuangan.

Masalah keuangan di masa tua menjadi fokus dalam kesejahteraan hari tua untuk menghindari Anda dari rasa cemas. Menurut survei “Retirement Income Strategies and Expectations Franklin Templeton 2015, tingkat stres orang Amerika memuncak dalam kurun waktu 15 tahun setelah pensiun.

Efeknya kemudian mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan. Anda mungkin merasa sulit tidur atau makan karena cemas memikirkannya.

Karena itu, menabung dalam jumlah yang tepat dan memiliki persiapan pensiun yang baika sangat penting untuk mengurangi beban stress Anda di masa depan.

2.   Memiliki Biaya untuk Perawatan Kesehatan

Usia yang semakin bertambah merupakan faktor yang tidak dapat dihindari dan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Ketika seseorang memasuki usia lanjut, ia akan lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit dan membutuhkan beberapa jenis perawatan medis untuk menjaga kondisi kesehatannya.

Tentunya, biaya yang dibutuhkan untuk perawatan medis tersebut cukup besar dan dapat menjadi beban bagi seseorang yang sudah memasuki masa pensiun. Sebagai langkah preventif yang bijaksana, Anda dapat mulai menabung atau membeli asuransi kesehatan sejak dini agar dapat menutupi biaya perawatan yang dibutuhkan saat memasuki masa pensiun nanti.

3.   Anda Tidak Ingin Menjadi Beban bagi Anak-anak

Anda mungkin pernah mendengar tentang generasi sandwich. Ini adalah sebutan bagi orang yang harus menghidupi kebutuhan anak dan orangtua sekaligus.

Memang, anak memiliki tanggung jawab untuk merawat dan membantu orang tua . Namun, kondisi tersebut juga dapat memberikan tekanan tersendiri bagi anak karena dituntut untuk memikirkan kebutuhan keluarga dan orangtuanya.

Dengan merencanakan masa pensiun yang tepat, Anda tidak perlu lagi bergantung pada anak-anak Anda untuk membiayai kebutuhan di masa depan. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi anak-anak Anda untuk mendapatkan hidup yang lebih berkualitas dan tidak terbebani oleh tanggung jawab finansial terhadap orang tua.

4.   Mempertahankan Keharmonisan Keluarga

Masa pensiun tidak harus menjadi perjalanan hidup yang menyedihkan. Saat Anda menjadi Kakek atau Nenek, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk merekatkan hubungan dalam keluarga.

Anda mengunjungi cucu sambil memberikannya hadiah dan mengajaknya berlibur. Hal seperti ini secara tidak langsung memperlihatkan kesan baik.

Hubungan keluarga semakin akrab dan tentunya dapat menjadi inspirasi generasi ke generasi. Anak dan cucu mengikuti skill Anda dalam melakukan perencanaan pensiun.

5.   Tidak Terbebani Utang

Setiap orang pastinya menginginkan ketenangan di masa tuanya, terutama dari beban utang yang mungkin dialami selama masa aktif bekerja. Di sisi lain, Anda mungkin masih mengandalkan utang dalam mengisi masa pensiun. Keadaan tersebut pada akhirnya memaksa Anda bekerja lebih lama dari yang direncanakan.

Dengan memiliki skill dan pengetahuan tentang keuangan, Anda dapat mengatur anggaran secara baik dan memahami gambaran keuangan secara lengkap. Anda tidak perlu lagi cemas terhadap utang pembelian rumah, kendaraan bermotor, atau jenis utang lainnya yang mungkin saja masih harus dibayarkan di masa pensiun.

Tabungan tidak berkurang karena membayar utang. Selain itu, Anda tidak perlu lagi mengambil utang untuk memenuhi keperluan Anda di masa mendatang.

Demikian penjelasan 5 alasan penting melakukan perencanaan pensiun. Mulailah merencanakan pensiun sejak dini agar lebih banyak waktu mengumpulkan dana yang diperlukan.

Mau meningkatkan skill dan pengetahuan keuangan di masa pensiun? Ikuti kelas DBS yang akan memandu Anda mengelola keuangan dan memastikan optimalisasi berbagai layanan keuangan merencanakan masa pensiun. Jangan menunda terlalu lama supaya Anda dapat menikmati masa tua dengan tenang dan aman.

Referensi:

https://www.fa-mag.com/news/lack-of-retirement-knowledge-leads-to-stress-21202.html

https://bogartwealth.com/7-reasons-why-retirement-planning-is-important/

https://www.gramedia.com/best-seller/sandwich-generation/

 

Komentar (0)