Berikut 7 Langkah Menjadi Pemimpin Masa Depan Yang Ideal

Dibuat oleh Muhammad Mufid 2 January 2023
Berikut 7 Langkah Menjadi Pemimpin Masa Depan Yang Ideal

Menurut Fiedler (1967) Kepemimpinan pada dasarnya merupakan pola hubungan antara individu-individu yang menggunakan wewenang dan pengaruhnya terhadap kelompok orang agar bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan dalam organisasi atau perusahaan.

Menyiapkan seorang pemimpin masa depan yang ideal untuk perusahaan atau organisasi merupakan sebuah prioritas yang sangat penting untuk dilakukan. Pemimpin yang baik akan bisa membuat organisasi atau perusahan yang ia pimpin semakin maju dan berkembang.

Menurut Prof. Husaini Usman (2020) dalam bukunya yang berjudul Kepemimpinan efektif : teori, penelitian, & praktik, menyatakan ada dua teori tentang sifat kepemimpinan, yang pertama, menyatakan bahwa sifat kepemimpinan merupakan bawaan dari lahir dan yang kedua adalah sifat kepemimpinan itu sesuatu yang harus dipelajari dan dibentuk oleh pengalaman, lingkungan, dan pendidikan dalam situasi dan kondisi tertentu. di artikel ini akan lebih fokus membahas tentang sesuatu yang harus dipelajari dan dikuasai oleh seorang pemimpin.

Membentuk skill kepemimpinan perlu dibangun untuk kesuksesan tim dan perusahaan/organisasi dimasa depan.

Dunia membutuhkan pemimpin yang bisa menginspirasi orang lain untuk mengikuti mereka. Untuk menjadi pemimpin yang baik, kamu perlu mengembangkan skill ini.

Bagaimana kamu menjadi pemimpin masa depan yang baik? Bacalah artikel ini untuk menemukan tujuh langkah menjadi pemimpin masa depan.

1.  Jujur

Kejujuran merupakan hal mendasar dan syarat mutlak bagi seorang pemimpin. Untuk menjadi seorang pemimpin masa depan yang baik harus bisa memegang amanat yang harus dijalankan sebaik mungkin.

Dengan memiliki sifat jujur, karyawan atau anggota tim akan lebih percaya dan dapat bekerja dengan tenang dan aman. Sifat jujur juga yang menjadi kunci penting dalam mengembangkan sebuah perusahaan ataupun organisasi.

2.  Mempunyai Sifat Kreativitas Yang Tinggi

Di zaman sekarang ini dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, kita dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi. kebuntuan dalam sebuah perusahaan/organisasi seringkali ditemukan, untuk itu.seorang pemimpin yang baik harus bisa mengatasi kebuntuan-kebuntuan  yang sedang dihadapi oleh organisasi/perusahaan dengan  jiwa kreatif nya.

 

3.  Tidak sekedar memberi perintah

Menjadi seorang pemimpin masa depan yang ideal, kamu harus bisa memberi contoh kepada para anggota, dari mulai mengubah cara anggota dalam berpikir  ke arah yang positif dan kreatif, memberi contoh tentang berperilaku baik dan bisa memberi inspirasi anggota tim kamu agar bisa maksimal dalam menjalani tugasnya. Kamu harus bisa mendidik, melatih, berkomunikasi dengan efektif dan efisien. Jadilah mentor untuk para anggota, bukan hanya memberi instruksi, tapi. ajari mereka

4.   Minta masukan dan tanggapan tentang kepemimpinan Anda

Saran dan tanggapan dari anggota tim atau karyawan merupakan hal yang penting untuk menilai efektivitas dari kepemimpinan yang sedang kamu jalani. Mintalah kepada anggota tim atau karyawan untuk memberikan tanggapan dan masukan secara jujur tentang kepemimpinan kamu. Tanggapan dan  masukan yang diberikan oleh anggota akan memberikan perspektif lain untuk dijadikan sebagai referensi untuk bisa berubah ke arah yang lebih baik

5. Kemampuan Retorika (keahlian berbicara/komunikasi)

Seorang pemimpin harus bisa menguasai skill komunikasi yang baik agar bisa menyampaikan gagasan, pendapat ataupun ide dengan jelas. Bayangkan jika seorang pemimpin memiliki kemampuan komunikasi yang buruk, pasti para anggota/karyawan kebingungan dalam mencerna apa yang disampaikan, pada akhirnya organisasi/perusahaan yang ia pimpin tidak akan maju.

6.  Terbuka dengan ide-ide dan gagasan baru

Seorang pemimpin masa depan yang ideal harus sadar bahwa perubahan selalu ada dihadapan mereka. Seorang pemimpin harus terbuka dengan ide-ide dan gagasan baru serta harus bisa berpikir alternatif dan juga kreatif. Ketika rapat misalnya, seorang pemimpin harus bisa mengakomodir ide dan gagasan yang dikeluarkan oleh para anggotanya karena setiap orang memiliki pemikiran yang unik dan beragam. untuk itu seorang pemimpin harus bisa mengamati perspektif unik dari anggotanya untuk kemudian dijadikan amunisi dalam meraih kesuksesan perusahaan/organisasi

7.  Memiliki Critical Thinking

Seorang pemimpin harus berpikir kritis agar bisa berpikir secara logis dan mendalam sebelum akhirnya ia memberi keputusan yang paling tepat untuk perusahaan/organisasi nya. 

Referensi:

Fred E. Fiedler and Martin M. Charmer, Leadership and Effective Management, (Glenview illinois: Scott, Foresman and Company, 1974).

 

Kepemimpinan Efektif: Teori, Kepemimpinan, dan Praktik. (2019). (n.p.): Bumi Aksara.

Komentar (0)