8 Trend Digital Marketing Untuk 2022

Dibuat oleh Revi . 2 January 2023
8 Trend Digital Marketing Untuk 2022

Tidak dapat dipungkiri, kalau sekarang digital marketing memberikan peranan yang sangat penting untuk pemasaran produk yang Anda jalankan. Mengingat digital sekarang ini menjadi sumber informasi yang luas, jangkauannya pun tidak ada batasnya. Setiap tahun, digital marketing selalu berkembang dan ada trend yang bisa diikuti. 

Di tahun 2022 ini sendiri pun juga ada trend digital marketing yang harus Anda ketahui. Apalagi sebentar lagi sudah berganti tahun 2023 dan ternyata ada beberapa trend yang kemungkinan juga masih berjalan. Dalam artikel ini akan dibahas 8 trend digital marketing untuk tahun 2022 yang harus kamu pahami. 

1.Iklan dari Sosial Media Berkembang Secara Berkelanjutan 

Jika kita membahas akan digital marketing, maka sudah pasti tidak lepas dari peran sosial media. Pemasaran yang dalam dunia digital marketing sendiri akan terus berkembang sampai waktu yang tidak dipastikan. Perkembangan sosial media marketing advertising sekarang akan terus mengikuti kemajuan dari sosmed ini. 

Bisa kita perhatikan bagaimana awal mula Twitter, Facebook atau Instagram muncul dibandingkan dengan sekarang. Fitur-fitur baru selalu ada dan juga memberikan banyak bantuan jika kamu ingin menjalankan pemasaran yang lebih terarah. Kemungkinan fitur-fitur baru akan muncul pun juga masih tinggi demi perbaikan ke arah baik.  

2. Pertumbuhan Social Media Advertising Meningkat Selama 2021

Dilansir dari beberapa sumber, pada tahun 2021 lalu pertumbuhan social media advertising pun meningkat setidaknya 20% dibandingkan tahun sebelumnya. Ini pun menjadi pertanda bahwa media sosial memberikan hasil yang baik untuk para pebisnis dalam melakukan pemasarannya. 

Meningkatnya social media advertising ini disebabkan oleh pandemi Covid-19. Dimana saat itu banyak orang yang memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sehingga pebisnis pun cenderung ke arah digital marketing agar penjualan bisa naik. Dengan pengguna internet paling banyak adalah dari Gen Z. 

Adanya perubahan kondisi dari membeli barang secara offline ke online di masa pandemi ini, digital marketing semakin mendapatkan perhatian, khususnya social media advertising. Maka daripada itu, sekarang ini Anda pun lebih baik segera beralih ke digital marketing karena perubahan yang terjadi telah menjadi kebiasaan baru. 

 

8 Trend Digital Marketing di Tahun 2022 

Dari penjelasan yang berkaitan dengan social media marketing di atas, maka kita akan masuk ke pembahasan utama akan 8 trend digital marketing yang terjadi selama tahun 2022 ini. Berikut ini adalah 8 trend digital marketing: 

  • Video Pendek Masih Merajai

Trend pertama sudah bisa kita ketahui, yaitu video pendek dalam pemasaran digital menjadi daya tarik bagi audiens. Terlihat bagaimana selama 2021, TikTok menjadi platform media sosial yang mendapatkan perhatian tinggi. TikTok Marketing pun terbukti efektif bagi banyak pelaku usaha dalam menjalankan pemasaran. Saat ini tidak hanya TikTok saja, Instagram juga memiliki Reels, kemudian YouTube Shorts juga semakin disukai audiens. 

  • Live Video 

Live video atau streaming sekarang ini juga menjadi salah satu trend yang berkembang sangat meningkat. Dimana para pelaku usaha biasanya akan melakukan live di media sosial berbeda dan menjual produk secara langsung kepada audiens. Promo live video ini mirip dengan digital marketing klasik, yaitu home shopping. Tentu dengan gaya yang berbeda serta penyampaian menarik menjadi nilai tersendiri untuk bisa meningkatkan interest calon pembeli. 

  • Aplikasi Chat 

Trend selanjutnya masih dipegang oleh aplikasi chatting yang mana WhatsApp memegang pengguna terbanyak saat ini. Aplikasi yang satu ini memang mendukung sekali untuk menjalankan digital marketing, dimana sudah ada WhatsApp Business. Fitur dalam WhatsApp yang satu ini dibuat khusus untuk memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Bahkan Anda bisa memasarkan secara langsung akan produk. 

  • Menggunakan Ads 

Media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter juga memiliki fitur iklan, dimana adanya fitur ini akan membantu Anda dalam menyebarkan konten untuk jangkauan yang lebih luas. Dengan menggunakan Ads, maka produk yang kamu pasarkan bisa mencapai target yang diharapkan lebih jauh. 

  • Bekerjasama dengan Influencer 

Menjalin kerjasama dengan influencer sendiri menjadi marketing sangat patut dicoba. Cara digital marketing ini adalah memanfaatkan kepopuleran seorang influencer dalam memasarkan produk. Dimana nantinya follower mereka pun melihat apa produk yang kamu jual dan bisa memesan secara online. 

  • Marketplace Sosial Media 

Sekarang ini setiap media sosial telah memiliki platform marketplace sendiri. Contohnya adalah Facebook Marketplace, Instagram Shop dan lain sebagainya. Dimana ini harus kamu manfaatkan untuk memasarkan produk yang kamu jual. Menggunakan marketplace dari media sosial ini bisa menjangkau lebih luas target pasar yang Anda inginkan. 

  • Tingkatkan Personalisasi Akun 

Nah, trend digital marketing masih kuat dalam personalisasi akun media sosial. Dimana kamu harus meningkatkan awareness akan akun media sosial. Dimana membuat konten adalah salah satu hal yang hingga sekarang masih jadi trend. Membuat konten menarik tidak hanya dalam mengenalkan produk, tapi juga konten-konten secara grafis dengan berbagai informasi menarik. 

  • Local SEO dan Google Listing 

Trend terakhir akan digital marketing di 2022 adalah SEO dan Google Listing. SEO merupakan cara untuk membuat akun atau website menjadi mudah ditemukan dalam pencarian. Sedangkan mendaftar ke Google Business akan membantu pelanggan dalam mendapatkan informasi dasar terkait bisnis yang Anda jalankan. 

Dari penjelasan di atas, kemungkinan trend ini akan tetap berlaku di tahun 2023. Sehingga ada baiknya untuk terus mengikuti perkembangan digital marketing agar bisnis juga mengalami peningkatan yang diinginkan. 

Sumber: 

8 Key Digital Marketing Trends for 2022 (dabrianmarketing.com)

9 Social Media Marketing Trends for 2023 (webfx.com)

Komentar (0)