5 Tips Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Efektif yang Harus Kamu Ketahui!

Dibuat oleh Fitri Chaeroni 2 January 2023
5 Tips Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Efektif yang Harus Kamu Ketahui!

Sebagai makhluk sosial, kita sebagai manusia mau tidak mau harus berkomunikasi dengan orang lain. Namun, persoalan komunikasi ini, ternyata bukanlah hal yang mudah untuk semua orang.

Ada beberapa tipe orang yang mengalami kesulitan untuk bisa berkomunikasi dengan baik dan efektif dengan orang lain. Padahal komunikasi yang efektif adalah salah satu skill penting yang harus dikuasai, terlebih kalau kamu tertarik untuk menjadi seorang entrepreneur.

Lalu, bagaimana sih agar kita bisa meningkatkan kemampuan komunikasi kita agar lebih baik dan efektif? Berikut beberapa tips meningkatkan kemampuan komunikasi yang bisa kamu coba!

 

  1. Mulai dengan menjadi pendengar yang baik

Sebelum kamu belajar untuk menyampaikan pesan, kamu harus terlebih dahulu meningkatkan kemampuan kamu dalam memperhatikan, mendengarkan, dan menerima pesan dari lawan bicara kamu.

Melansir Be The Change, Mark Richards seorang HR Manager di UK Best Essays mengatakan kalau komunikasi efektif itu membutuhkan pendengaran yang tulus. Hal ini mencakup 5 aspek penting, di antaranya:

  • Pusatkan semua fokus pada lawan bicara
  • Jangan menginterupsi lawan bicara
  • Tinggalkan sisi penilaian kamu
  • Tunjukkan minat kamu terhadap pesan yang disampaikan dengan menambahkan komentar kecil seperti ‘ya’ atau ‘Saya mengerti
  • Ajukan pertanyaan untuk memastikan bahwa kamu benar-benar mengerti

 

  1. Pemilihan kata yang tepat

Melansir laman Success.com, dikatakan kalau seseorang bisa juga dinilai dari kosakata yang ia gunakan. Jadi, pilihlah kata-kata yang ingin kamu gunakan dengan bijak.

Dalam memilih kata-kata yang baik, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, hindari menggunakan kata-kata yang bisa membuat orang lain berpikir buruk tentang kamu. Seperti kata-kata yang ambigu, kata umpatan, cercaan, cacian, dll.

Gunakanlah kata-kata yang bernilai positif, optimistik, dan pastinya yang mudah dimengerti. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kata-kata yang berwarna dan kaya makna.

 

  1. Nada bicara dan pelafalan

Selain memilih kata-kata, menentukan nada bicara juga penting. Melansir Insider, nada bicara bisa memberikan petunjuk tentang beberapa hal, mulai dari tempat kamu dilahirkan hingga perasaan kamu saat ini. Dalam menentukan nada bicara, kamu bisa lakukan beberapa ham ini:

  • Coba gunakan suara yang pelan namun mantap untuk menyampaikan kesan akan “rasa percaya” dan “penting”
  • Pertahankan nada bicara dengan ritme yang konsisten agar terdengar percaya diri dan berpengetahuan luas
  • Ucapkan setiap kata dengan jelas menggunakan volume yang dapat didengar untuk membuatnya lebih mudah dipahami

Setelah memastikan nada bicara kamu baik, selanjutnya adalah memastikan pelafalan kamu juga jelas. Pelafalan adalah salah satu kunci yang sering diabaikan untuk komunikasi yang efektif.

Sangat penting untuk mengucapkan kata-kata dengan jelas sehingga orang memahami pesan yang kamu sampaikan. 

 

  1. Kelola emosi dengan baik

Emosi, jika dikendalikan, bisa menjadi komunikator yang kuat dan sangat efektif. Contohnya, menunjukkan kemarahan dapat memberikan kesan kalau kamu sangat serius terhadap sesuatu (selama kamu tidak sering marah-marah ya). 

Lalu, menangis juga bisa menunjukkan sisi diri kamu yang tidak hanya menginginkan kesuksesan, tapi juga memiliki sisi yang lembut. 

Tertawa dalam sebuah percakapan juga bisa menunjukkan sisi kamu yang menyenangkan dan tidak menganggap diri kamu terlalu kaku. Maka dari itu mulailah untuk manajemen emosi dengan baik agar kamu bisa menggunakan ini sebagai kunci komunikasi yang efektif.

 

  1. Jangan lupakan komunikasi nonverbal

Kosakata, nada bicara, pelafalan, dan emosi adalah aspek-aspek penting dalam komunikasi verbal. Dalam melakukan komunikasi yang efektif, kamu juga tidak boleh melupakan aspek nonverbal.

Di antaranya adalah ekspresi wajah, gerak tubuh, kontak mata, postur, dan bahkan pernapasan. Kamu harus belajar menemukan semua tanda nonverbal ini dan menggunakannya dengan benar untuk menyampaikan pesan seakurat mungkin. 

Berikut beberapa aspek yang harus mulai kamu perhatikan agar bisa melakukan komunikasi efektif dengan orang lain:

  • Gestur tangan : jangan terlalu kaku, tapi jangan terlalu banyak gerakan juga. Coba sesekali rekam dirimu saat berbicara, dan lihat bagaimana gestur tangan kamu bekerja.
  • Mata : ini bisa menjadi alat yang sangat ampuh dalam komunikasi. Ketika kamu sedang berbicara dengan seseorang, lihatlah mereka. Beri mereka perhatian dengan mata kamu. Berikan kesan bahwa mereka penting.
  • Lengan : jangan menyilangkan lengan ketika berbicara dengan orang lain. Hal ini bisa memberikan kesan kalau kamu menutup diri, takut, dan berlawanan.
  • Posisi bicara : saat kamu harus melakukan presentasi, pastikan kamu berdiri dengan tegap dan mantap. Sementara, saat duduk pastikan kamu tidak menyilangkan kaki ke arah keluar atau berlawanan dengan lawan bicara. Karena ini bisa mengesankan kamu tidak tertarik dengan pembicaraan tersebut.

 

Nah itu dia, 5 tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuan komunikasi yang efektif. Jangan lupa untuk terus berlatih, agar kemampuan kamu semakin terasah ya!

Sumber referensi : 

Komentar (0)