5 Skill yang Harus Dimiliki di Era Ekonomi Baru

Dibuat oleh Elvira Elvira 2 January 2023
5 Skill yang Harus Dimiliki di Era Ekonomi Baru

Saat ini kita sudah masuk ke era ekonomi baru, karena itu ada banyak skill yang harus dimiliki. Era ekonomi baru merupakan era di mana digitalisasi sudah merambat ke banyak sektor. Hal ini tentu menuntut pekerja untuk meningkatkan skill mereka agar tidak tertinggal.

Skill yang Harus Dimiliki di Era Ekonomi Baru

Era ekonomi baru ditandai dengan banyak pekerjaan yang kini menggunakan teknologi inovatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Teknologi tersebut seperti kecerdasan buatan hingga robotik. Hal ini tentu akan menghadirkan banyak pekerjaan baru. Bahkan karena pandemi yang melanda, banyak sektor yang kini sudah go digital, seperti sektor pendidikan dengan e-learningnya.

Masuknya kita ke era ekonomi baru atau era digital. Era tersebut membuat beberapa pekerjaan terancam tergeser oleh teknologi seperti teller bank, kasir hingga resepsionis. Ini tentu menuntut para pekerja untuk semakin meningkatkan skill mereka agar tidak kalah dengan teknologi tersebut.

Ada beberapa skill yang harus dimiliki oleh para pekerja agar tidak tertinggal dan kalah oleh teknologi, berikut daftarnya.

  1. Kreativitas

Sepintar dan secanggih apapun AI (kecerdasan buatan) tidak akan biasa mengalahkan kreativitas yang muncul dari otak manusia. Banyak pekerjaan yang membutuhkan pemikiran kreatif untuk menciptakan produk hingga teknologi baru. Bahkan sektor pekerjaan start-up, lebih membutuhkan pekerja yang mampu berpikir kreatif dan dapat memunculkan ide-ide baru yang inovatif.

     2. Memiliki Kesadaran akan Ancaman Digital

Di era digital, hampir setiap pekerjaan menggunakan teknologi seperti internet untuk menunjang produktivitas karyawannya. Namun segala hal yang berhubungan dengan internet memiliki risiko keamanan seperti peretasan hingga pencurian data perusahaan. Bahkan perusahaan sebesar Google juga pernah mengalami peretasan oleh hacker. Dengan memiliki karyawan yang memiliki kesadaran akan risiko dan ancaman digital, seperti selalu membackup data-data penting hingga menggunakan password yang aman tentu akan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

     3. Mampu Bekerja Sama Dalam Tim dan Beradaptasi

Bidang pekerjaan mana pun pasti membutuhkan orang yang mampu bekerja sama dalam tim. Kemampuan ini bahkan bisa menjadi tolak ukur kesuksesan perusahaan. Mampu beradaptasi sekaligus bekerja sama dalam tim, dapat membuat karyawan dapat dengan mudah bekerja dalam berbagai situasi seperti bekerja remote atau hybrid

     4. Kemampuan Berbahasa Asing

Skill yang dibutuhkan dalam era ekonomi baru atau digital adalah kemampuan berbahasa asing. Semakin canggihnya teknologi tentu membuat jarak tidak menjadi halangan. Hal ini membuat semakin banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan hybrid untuk warga negara lain baik itu pekerjaan freelance maupun pekerjaan tetap yang bersifat remote. Dengan mampu berbahasa asing, Anda dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan lintas negara.

     5. Pemrogaman

Segala hal yang berhubungan dengan teknologi pasti bersinggungan dengan pemrogaman. Pemrograman merupakan salah satu hard skill yang kini semakin banyak dibutuhkan baik itu untuk membuat website, aplikasi, AI hingga IoT. Misalnya untuk IoT membutuhkan bahasa pemrograman C atau AI dengan phyton. Selain itu ada juga beberapa bahasa pemrograman lain seperti R, C++ dan Java.

Ada banyak lagi skill yang harus dimiliki di era ekonomi baru. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai era digital atau era ekonomi baru, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti menghadiri seminar atau konferensi yang merupakan tempat di mana para pakar akan berbicara mengenai digitalisasi hingga membaca jurnal dan artikel. Anda juga bisa bertanya kepada profesional yang bekerja di bidang digital mengenai pekerjaan yang mereka lakukan.

 

Referensi:

https://www.forbes.com/sites/bernardmarr/2022/06/13/what-are-the-most-in-demand-ai-skills/?sh=5326a40249ca
https://www.linkedin.com/pulse/top-5-hard-soft-skills-learn-2022-rafael-menezes-rodrigues/?trk=pulse-article
https://www.forbes.com/sites/bernardmarr/2022/07/18/the-20-most-important-skills-everyone-needs-to-succeed-in-a-digital-world/?sh=1c5cfb901cfe
https://www.linkedin.com/pulse/what-skills-needed-digital-age-shantanu-paknikar/
https://www.agiledrop.com/blog/essential-skills-new-digital-era
https://www.linkedin.com/pulse/10-skills-make-you-relevant-industry-40-nikhil-nagarkar/
https://www.linkedin.com/pulse/20-most-important-skills-everyone-needs-succeed-digital-bernard-marr/ 

Komentar (0)