5 Skill yang Harus Dimiliki Oleh Data Analyst

Dibuat oleh Muhammad Mufid 29 December 2022
5 Skill  yang Harus Dimiliki Oleh  Data Analyst

Menurut survei dari World Economic Forum, data analyst menduduki tingkat pertama sebagai profesi yang akan semakin bersinar di tahun 2025. Untuk itu seorang data analyst harus mampu meningkatkan skill nya supaya bisa bersaing dan bertahan di dunia kerja.

Dikutip dari technopedia.com Data Analyst adalah seorang profesional yang mengambil, mengatur, dan menganalisis data dari berbagai sumber untuk membantu organisasi/perusahaan mencapai tujuan bisnisnya.

Secara umum tugas dari seorang data analyst yaitu menganalisa data, menemukan insight bisnis, membuat visualisasi data dan menginterpretasikan data.

Di ​​dunia sekarang ini, data analyst sangat memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan bisnis. Mereka menganalisis sejumlah besar data untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik.

Semakin berkembangnya teknologi peningkatan jumlah data di internet semakin banyak. Data yang bertebaran di internet  jika diolah dengan baik bisa menjawab permasalahan yang ada di perusahaan.

Untuk mendapatkan hasil analisa yang menarik tentu harus memiliki kemampuan yang baik dalam analisis data, apabila dari banyaknya data yang tersedia kemudian diolah  dengan cara yang asal-asalan maka akan berdampak buruk terhadap perusahaan.

Untuk itu saya akan memberikan lima Skill yang harus dimiliki seorang data analyst agar bisa menganalisa data secara tepat dan akurat.

1.  Menguasai Bahasa Pemrograman (SQL, Python dan Oracle)

Hal pertama yang harus kamu kuasai adalah bahasa pemrograman. Umumnya ada tiga bahasa populer yang bisa kamu kuasai yaitu SQL, Phyton dan R.

SQL berfungsi sebagai database yang menyimpan data untuk kemudian diolah menjadi informasi, SQL biasanya digunakan oleh seorang data analyst untuk proses analisis data yang lebih cepat dan bisa menampung lebih banyak data dibandingkan Excel.

Bahasa Python berfungsi untuk membuat sebuah website, software development, matematika, scripting data science, big data, data mining bahkan sampai machine learning.

Bahasa R adalah bahasa pemrograman sekaligus perangkat lunak untuk keperluan komputasi statistik dan grafik.

2.  Data Analyst Harus Bisa MS. Excel

Ms. Excel merupakan hal paling fundamental yang harus dikuasai oleh seorang data analyst, karena dengan menguasai tools ini kamu akan bisa mengolah data secara sederhana dengan menggunakan rumus-rumus yang ada.

3.  Statistik dan Matematika

Sebagai seorang yang kerjanya berhubungan data berbentuk angka, tentu kamu perlu menguasai statistik dan matematika yang baik agar bisa memvisualisasikan data tersebut kedalam bentuk tabel, grafik, atau yang lainnya.

4.  Visualisasi Data

Setelah data dianalisis dengan baik, maka tahapan selanjutnya seorang data analyst harus bisa memvisualisasikan dan membagikan data tersebut kepada orang lain. Supaya user memahami maksud dari data yang telah kamu analisa, maka data tersebut harus dibuat data visualization. Biasanya tool yang digunakan untuk membuat data visualization adalah tableau.

5.  Kemampuan Presentasi

Tidak hanya kemampuan statistik dan bahasa pemrograman saja yang harus dikuasai, tetapi seorang data analyst harus bisa mempresentasikan data kepada perusahaan atau client berupa data yang dapat disimpulkan. Jika tidak memiliki kemampuan presentasi yang baik maka akan membuat orang lain kesusahan dalam memahami dan mencerna data yang dipaparkan.

Itulah 5 skill yang harus dimiliki seorang data analyst. Skill yang telah dipaparkan di atas akan sangat membantu kamu menjadi seorang data analyst yang handal dan membantu bersaing dengan para data analyst lainnya, untuk itu silahkan dipelajari dengan baik dan terus mengupgrade diri tanpa henti.

 

Reference:

https://www.techopedia.com/definition/33638/data-analyst

https://www.weforum.org/

https://www.ekrut.com/

https://blog.skillacademy.com/

Komentar (0)